Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Maksimalkan Bisnis Online Anda dengan Menjadi Member Master Online Community

Era digital sudah terbuka tandanya pintu perdagangan antarnegara di dunia menjadi tak terbatas. Berkenaan dengan itu maka selaku entrepreneur Anda mempunyai kans yang relatif besar untuk mengembangkan bisnis Anda. Seiring dengan itu juga berarti jumlah pesaing (kompetitor) Anda pun meningkat. Maka dari itu, strategi bisnis adalah hal utama yang wajib Anda lakukan supaya bisa menghadapi rivalitas bisnis.

Sayangnya, sebagian pengusaha tidak mengerti perubahan itu, khususnya untuk pengusaha konvensional. Tidak sedikit diantara mereka yang tak ikut menjalankan perubahan dan menderita penurunan omset. Era digital yang semestinya menjadi sebuah kesempatan justru menjadi bahaya bagi mereka. Makanya dibutuhkan sebuah langkah perubahan yaitu melalui strategi bisnis salah satunya.

Bagaimanakah dengan Anda? Apakah telah menyiapkan strategi bisnis guna menghadapi kompetisi di era digital? Berikut cara yang dapat Anda aplikasikan supaya bisnis Anda bisa sejajar dan maju di era digital.

Memanfaatkan Teknologi
Anda wajib menggunakan teknologi dalam siasat bisnis Anda karena dunia digital dan teknologi tak bisa dipisahkan kehadirannya. Terlebih di zaman modern seperti saat ini, mau tidak mau Anda mesti memanfaatkan teknologi. Apalagi bila pesaing Anda telah lebih dulu memakai teknologi, maka Anda mesti secepatnya mengikutinya. Jadi mulailah untuk menggunakan teknologi dalam bisnis Anda, seperti untuk melakukan pemasaran.

Gunakan Sosial Media
Indonesia mempunyai banyak pengguna sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path, Pinterest, dll. Makanya sosial media bisa dijadikan sarana dalam siasat bisnis. Sosial media bisa Anda aplikasikan langsung dalam strategi marketing bisnis Anda. Disamping murah, cara pemakaiannya juga mudah. Anda tidak butuh mempunyai kemahiran khusus untuk memakai sosial media, namun cukup dengan memasarkan produk/jasa saja. Anda pun bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia untuk menghasilkan konten yang menarik. 

Gunakan Digital Marketing
Digital marketing merupakan kegiatan promosi suatu brand maupun produk atau jasa dengan memakai media digital (eletronik) sebagai sarananya. Bila Anda tidak dapat memakai digital marketing sendiri, Anda pun bisa memanfaatkan jasa perusahaan yang menyediakan jasa digital agency yang bisa menunjang pengembangan usaha Anda. Dengan demikian, Anda tidak usah bingung untuk menjalankan aktivitas pemasaran. 

Mobile Friendly
Situs Anda mesti didesain menjadi mobile friendly sesuai dengan ponsel yang dimiliki orang-orang guna menjaring banyak pengunjung yang memakai ponsel pintar. Lantas kelolalah informasi yang tersedia dalam situs Anda menjadi update terus, menarik, dan mempunyai tampilan yang segar.

Menggunakan Aplikasi
Selain aplikasi sosial media, saat ini banyak juga tersedia berbagai aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk membantu bisnis atau pekerjaan seperti aplikasi administrasi, e-commerce, akuntansi, pembukuan, aplikasi internet marketing, dan lainnya. Dengan bantuan aplikasi, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan tenaga. Kecuali itu, berbagai aplikasi itu pun memberikan kenyamanan dalam pemakaiannya. 

Inovasi
Inovasi adalah bagian utama dalam strategi bisnis Anda ke depan. Inovasi amat diperlukan supaya Anda mampu bersaing dengan pesaing Anda karena dunia bisnis amat cepat berubah, nyaris saban hari ada saja sebuah tren baru. Untuk itu buatlah produk/jasa Anda istimewa dan berbeda dari yang lainnya. 

Demikianlah tips tips dan hal yang perlu Anda perhatikan dalam strategi bisnis di zaman yang serba online ini. Salah satu hal yang perlu Anda lakukan agar bisa bersaing dengan pesaing di era bisnis online adalah dengan bergabung di Master Online Community (MOC) yang bisa membantu Anda memaksimalkan bisnis online Anda. Pasalnya Komunitas Bisnis Online Indonesia ini dihuni oleh beberapa master berpengalaman yang akan mengajari Anda bisnis online sampai bisa (sukses). Ayo buruan join di Master Online Community.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News