IBX5B7AAC72C70DE 5 Manfaat Asesmen Kompetensi Bagi Perkembangan Perusahaan - Serambi Bisnis

5 Manfaat Asesmen Kompetensi Bagi Perkembangan Perusahaan

Asesmen kompetensi adalah sebuah kegiatan pengukuran seberapa jauh kompetensi atau kemampuan seseorang lewat metode penilaian yang bisa diandalkan dan dipertanggungjawabkan. Hal ini pun termasuk dalam proses berkesinambungan untuk bisa terus membangun keterampilan dan pengetahuan karyawan di dalam perusahaan. 

Bagi para pegawai, penilaian kompetensi bisa menyajikan gambaran yang lebih jelas mengenai peningkatan potensi karir seterusnya yang meningkatkan keikutsertaan mereka di dalam perusahaan. 

Setiap perusahaan pasti mempunyai standar penilaian kinerja tertentu mengenai kemampuan karyawannya untuk tiap-tiap kedudukan yang diduduki. Lewat sistem asesmen, managemen bisa memperoleh keterangan dan data valid sebagai penanda terhadap kompetensi yang dimiliki. 

Umumnya, metode pelatihan asesmen kompetensi digunakan oleh bagian HRD untuk menetapkan jenjang karir ataupun promosi posisi seorang pegawai. Dengan demikian, mereka bisa menilai apakah orang itu pantas menduduki jabatan yang dimaksud. 

Assesment center ialah metode yang sangat biasa dipakai dalam penilaian kemampuan sumber daya manusia di dalam organisasi. Pengaplikasiannya dilaksanakan untuk mengenali dan menjaring karyawan yang dinilai mempunyai potensi dari segi manajerial guna menduduki jabatan khusus nanti. 

Umumnya, penilaian ataupun asesmen dilakukan dalam rentang waktu khusus yang berhubungan dengan status karyawan. Misalnya waktu tiga bulan pertama sesudah pertama kali masuk kerja (masa probation atau training) atau tiap-tiap tahun dalam rangka kenaikan upah atau honor. Ada berbagai manfaat asesmen kompetensi, antara lain: 

Menetapkan Jenjang Karir 
Metode asesmen kompetensi digunakan oleh team HRD untuk menetapkan jenjang karir atau promosi posisi seorang pegawai. Dengan demikian, mereka bisa menilai apakah orang itu patut menduduki jabatan yang dimaksud. Telah tak zamannya lagi bagi seseorang untuk memperoleh kenaikan posisi (ataupun upah) cuma lantaran telah lama bekerja. Beberapa perusahaan di Indonesia telah mengaplikasikan performance based evaluation ketimbang masa kerja sebab ini berpengaruh pada produktivitas. 

Uji Kelayakan Karyawan 
Tujuan dari penilaian ini tak lain ialah untuk menetapkan calon karyawan handal dan siap menempuh tantangan pekerjaan serta mengenali keperluan peningkatan karyawan yang dibutuhkan untuk menjadikan para karyawan lebih siap melakukan tugas-tugasnya nanti. Bekerja di kedudukan yang sama tak berarti memiliki kemampuan yang sama setiap tahun, tetapi mesti ada penambahan ilmu, kemampuan, serta pengetahuan. 

Menyajikan Gambaran Kemajuan Karyawan 
Gambaran peningkatan perkembangan karyawan amat perlu untuk perkembangan perusahaan. Di aspek yang lain, hal ini pun menyajikan umpan balik yang pantas diterima oleh karyawan. Sehingga memungkinkan karyawan akan dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih baik ke depannya. Perkembangan kemampuan yang baik dimulai dengan input positif dan arahan untuk perbaikan kinerja. Tidak dengan asesmen yang mencukupi, tidak mungkin buat seseorang guna tetap berkualitas dan unggul dengan cara berbarengan. 

Digunakan Untuk Merencanakan Keperluan Pelatihan Dan Training 
Perusahaan yang ingin maju dan berkembang biasanya tak akan pernah diam di tempat dan merasa cepat puas. HRD lewat penilaian kemampuan ini bisa merencanakan pendidikan dan latihan yang dibutuhkan buat karyawan agar lebih berkembang lagi. Dengan data akurat menurut taraf kompetensi yang tersedia, sebuah program peningkatan kapasitas karyawan bisa didesain untuk hasil yang lebih tepat sasaran. 

Rekrutmen 
Assesment kompentensi kerap digunakan pada waktu rekrutmen supaya HRD tak terlampau susah mencari karyawan yang selaras keperluan perusahaan. Tidak hanya itu, karakter karyawan pun bisa dilihat lewat penilaian ini. Karyawan dengan kemampuan yang baik diperoleh berasal dari waktu wawancara pertama. 

Demikian beberapa manfaat yang didapat bila HRD melakukan asesmen kompetensi pada karyawan ataupun calon karyawan. Alhasil untuk para HR lakukanlah asesmen kompetensi sebaik-baiknya supaya berpengaruh pada perkembangan usaha perusahaan.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Manfaat Asesmen Kompetensi Bagi Perkembangan Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata