IBX5B7AAC72C70DE Cara Merawat Genset Agar Baterai Awet - Serambi Bisnis

Cara Merawat Genset Agar Baterai Awet

Ada jenis generator set kecil untuk menghasilkan energi yang kecil namun ada yang ukurannya besar misalnya untuk digunakan di rumah sakit sebagai cadangan atau tambahan energi. Agar generator kelistrikan tersebut bisa terus digunakan dengan baik tanpa adanya masalah, Anda harus melakukan perawatan yang bisa dilakukan para teknisi di perusahaan Anda atau menghubungi pihak yang menawarkan jasa service genset seperti Sewatama yang menawarkan perawatan generator set oleh para teknisi yang handal dan kompeten di bidangnya.

Pada genset standby, fungsi baterai sangat vital karena jika baterai sudah mulai lemah, maka akan terjadi kegagalan fungsi. Dalam perawatannya, maka Anda harus menguji baterai tersebut terlebih dahulu dengan tidak hanya memeriksa tegangan output namun juga resistensi internal baterai akan aliran arus listrik yang akan naik seiring dengan bertambahnya usia baterai dan bagian perangkat instalasi listrik karena bisa saja terjadi konsleting. Pemeriksaan tersebut harus dilakukan dengan load untuk hasil yang lebih akurat namun ada yang pengujiannya secara otomatis saat genset starting.

Kedua adalah lakukan pembersihan baterai. Gunakan kain lembab untuk membersihkan baterai yang kotor. Jika menemukan adanya korosi di sekitar terminal, lepas kabelnya dan cuci bagian terminal dengan campuran baking soda dan air dengan perbandingan ¼:1. Lakukan dengan hati-hati dan hindari agar larutan tersebut jangan sampai masuk ke sel baterai karena bisa menetralkan zat asam di baterai. Setelah dibersihkan, siram dengan air bersih dan ganti konektor serta melapisi terminal dan konektor dengan lilin tipis agar kedepannya tidak terjadi korosi.

Perawatan lainnya agar baterai untuk jenis generator set standby tetap terjaga dengan baik yaitu: 
  • Memeriksa berat jenis. Gunakan hydrometer baterai di baterai lead acid cell yang terbuka untuk bisa memeriksa berat jenis elektronik yang ada di setiap sel baterai dan baterai akan terisi penuh jika memiliki berat jenis 1.260. Sehingga jika hasilnya di bawah 1.215, maka segera lakukan charge ulang.
  • Periksa tingkat elektronik dan di dalam baterai lead acid cell terbuka, cek tingkat atau elektronik minimal setiap 200 jam operasi dan jika rendah isi dengan air suling di sel baterai.
Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata