Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Realm System Bikin Gaming Lebih Nyata

SerambiBisnis.com - Saat ini bermain game mulai mendekati pengalaman yang nyata. Hal ini terlihat dari berbagai perangkat yang membuat gamer seakan terlibat langsung dengan game. Salah satu yang sedang berkembang saat ini adalah Virtual Reality (VR) yang berbentuk headset. Namun seorang developer hardware bernama Matt Long ingin merevolusioner teknologi gaming dengan menawarkan sistem yang membuat gamer merasakan kontak langsung dengan game. Teknologi ini disebut dengan Realm System.

'Pukul Langsung Musuh '
Jika konsol Nintendo Wii mengajak gamer untuk langsung terlibat dengan menggerakkan kontroler khusus, maka Real System memiliki konsep yang sama. Namun menariknya adalah gamer dapat merasakan kontak dari game. Misalnya saat bermain tinju, gamer akan merasakan getaran dan benturan ketika karakternya ditinju oleh musuh.


Dalam Realm System terdapat 2 buah kontroller yang akan terhubung langsung dengan tangan dan sebuah sabuk. Kontroler yang ada dibekali dengan sensor Inertial Measurement Unit (IMU) yang dapat melacak posisi, kecepatan dan gerakan tangan serta badan.

Kontroler tersebut terhubung ke sabuk melalui tali pengikat yang tingkat kekencangannya bervariasi, apakah rendah, menengah atau tinggi. Jadi jika Anda bermain game tenis misalnya, maka tali pengikat yang digunakan sebaiknya menggunakan tali pengikat dengan tingkat kekencangan rendah. Sedangkan untuk game menebang pohon misalnya, lebih baik menggunakan tali pengikat dengan tingkat kekencangan tinggi. Pengguna harus mengubah tali pengikat secara manual menyesuaikan game yang akan dimainkan.

Sistem yang ada juga menggunakan sebuah algoritma untuk mengkalkulasi informasi biometrik, seperti tenaga dan energi yang gamer hasilkan. Hal ini akan menentukan aksi pada game, seperti seberapa keras Anda memukul musuh. Sebagai tambahan, karena sistem dapat membaca informasi tenaga dan energi yang gamer hasilkan, maka Realm System dapat berjalan sebagai sebuah fitness tracking.

Untuk saat ini, Realm System dapat digunakan bersama dengan Kinect pada Xbox One, webcam konvensional, kamera smartphone dan tablet, serta headset virtual reality Oculus Rift. Matt Long dan timnya telah mengembangkan 6 game yang dioptimalkan untuk Realm System. Game-game tersebut diantaranya adalah VR Boxing, Tennis, Wood Chop dan Zombie Sushi.

Realm System dipasarkan pada kisaran harga 200 USD atau sekitar Rp 3 jutaan. Alhasil Realm Systern akan benar-benar membawa revolusi baru untuk gaming.

Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News