Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Jaket Denim, Fashion Item yang Cocok untuk Segala Musim

SerambiBisnis.com - Untuk segala usia, segala musim, dan segala suasana santai, kita bisa menggunakan fashion item yang satu ini. Ya, itulah jaket denim atau jaket jins. Seperti juga celana jins yang cocok untuk segala suasana nonformal, jaket pun mendapat tempat yang sama untuk menjadi favorite fashion item of all times.

Dalam industri fesyen, ada yang disebut dengan pakaian musim dingin atau musim hujan, serta pakaian untuk musim panas atau musim kemarau untuk wilayah tropis. Meskipun penggunaannya bisa saling silang, apalagi di wilayah tropis, itulah klasifikasi yang umum.


Namun, ada satu fashion item yang cocok untuk segala musim, salah satunya adalah jaket jins biru, yang dipadupadankan sesuai dengan suasana. Apalagi ketika acara santai berjalan-jalan di pusat perbelanjaan atau mall.

Ada banyak pengunjung pusat perbelanjaan yang menggunakan jaket jins biru yang kembali digemari sejak demam film "Dilan 1990". Di film tersebut, pemeran utamanya sering memakai jaket jins yang menjadi gaya khas di 1990-an.

Berbagai gaya padu padan bisa menyertakan jaket jins. Berbagai karakter pun bisa menggunakannya. Seperti kata desainer asal Italia Giorgio Armani, jins mencerminkan demokrasi dalam berbusana.

Meskipun jaket jins cocok untuk dipadupadankan dengan busana lain dan cocok dikenakan di segala suasana, ada juga beberapa panduan yang bisa diikuti. Tentunya, supaya penampilan lebih fashionable. Ada beberapa tips untuk yang dilakukan dan tidak dilakukan, yang dikumpulkan dan beberapa sumber. Ini dia!

Dilakukan:
  1. Padukan jaket jins biru dengan jins warna lain, jadi tidak selalu harus biru. Misalnya, jaket biru denim dipadukan dengan celana jins putih atau hitam, lalu dengan kaus yang warnanya berbeda.
  2. Tampil dengan. jaket jins tetap bisa menunjukkan penampilan yang elegan. Tampilan luxe-looking bisa ditunjang ketika kita mengenakan sepatu hak tinggi atau stiletto dan sapuan lipstik merah menyala.
  3. Padankan jaket jins dengan busana yang bermotif, seperti rok bunga atau kaus garis-garis yang bisa menjadi pilihan. Ketika ingin tampil girly atau feminin, padankan jaket jins dan rok bunga dengan sepatu hak tinggi yang menampilkan warna merah muda.
  4. Pada musim hujan, pakailah jaket jins dengan sapuan warna yang lebih gelap. Sebaliknya, kenakan jins dengan sapuan warna yang lebih terang ketika musim kemarau. Itu membuat penampilan kita lebih segar sesuai dengan suasana.
  5. Padu-padankan jaket jins light-washed dengan gaun pendek yang flowy, jaket jins medium-washed dengan busana berpola bunga dan jaket jins dark-washed dengan kaus sleeveless.

Tidak Dilakukan:
  1. Kalau sudah mengenakan jaket jins, apalagi ditambah celana jins, jangan lagi mengenakan sepatu berbahan denim atau jins, topi denim, apalagi tas denim atau jins. Itu akan berlebihan.
  2. Bila ingin mengenakan jaket jins bersama rok mini atau celana pendek berbahan jins, jangan gunakan sneakers atau sandal. Lebih baik memilih ankle boots supaya tampil lebih gaya.
  3. Ketika ingin tampil lebih segar dan girly, jangan gunakan rok panjang dengan jaket jins. Itu gaya vintage ala 1970-an.
  4. Jangan padukan jaket jins dengan celana/rok jins yang warnanya persis sama. Padukanlah dengan sapuan warna yang berbeda untuk memberikan tampilan yang tepat denim on denim.
  5. Oversized memang cukup digemari banyak orang, begitu juga jaket jins. Asal pastikan jangan menggunakan jaket oversized yang membuat kita "tenggelam" di dalam baju.

Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News