IBX5B7AAC72C70DE 6 Cara Memilih Model Busana Muslim yang Tepat - Serambi Bisnis

6 Cara Memilih Model Busana Muslim yang Tepat

Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk yang menganut agama Islam paling besar di dunia. Makanya tidak aneh bila Indonesia adalah pangsa pasar yang amat potensial untuk menjual atau memasarkan bermacam produk keperluan muslim, salah satu diantaranya ialah baju muslim. Terlebih dengan kian tingginya taraf pemahaman dari kaum muslimah dalam memakai busana muslim yang sebagian besar berbentuk pakaian baju tertutup, maka keperluan terhadap busana jenis inipun menjadi tinggi. 

Maka dari itu kini tidak sedikit para pembuat pakaian muslim yang mengeluarkan beragam macam kreasi baju muslim yang menawan untuk mengakomodasi keperluan pasar. Dari sekian banyak produsen yang menjual bermacam model busana muslim adalah hijab.id


Berikut ini beberapa tips memilih model busana muslim yang tepat untuk kita agar tidak mubazir, diantaranya: 

Sesuaikan busana dengan selera kita 
Setiap muslim memiliki karakter yang tidak sama, pun kesukaan akan model busana yang berbede-beda pula. Maka pilihlah pakaian menurut selera kita sendiri-sendiri sehingga kita akan nyaman dalam mengenakannya. 

Pilihlah busana yang cocok dengan bentuk tubuh 
Model busana muslim yang akan kita beli sepatutnya cocok dengan bentuk tubuh kita. Untuk bentuk tubuh yang kurus ataupun kecil, memilih model busana dengan corak terang akan menunjang menyembunyikan tubuh kita sehingga nampak lebih berisi. Sementara itu untuk tubuh yang condong gendut, pilihlah pakaian dengan corak yang gelap lantaran motif gelap akan menyembunyikan bentuk tubuh kita. 

Pintar dan teliti waktu membeli pakaian 
Pintar dan teliti dalam membeli pakaian ialah waktu akan membeli pakaian atau khimar, kita pikirkan sejenak pakaian dan khimar yang telah kita punya. Apakah pakaian baru yang akan kita beli itu sesuai dengan salah satu busana yang telah kita punyai di rumah? Bila benar maka tak apa membelinya. Tetapi bila tak ada yang sesuai akan sayang sekali lantaran kita harus membeli pasangannya yang sesuai untuk dipakai. Pastinya hal itu menyebabkan pemborosan, dan agama Islam amat membenci orang yang suka boros. 

Pilih busana yang cocok dengan keadaan/aktivitas kita 
Pakailah pakaian muslim dari bahan yang cepat meresap keringat untuk aktivitas kita setiap hari. Pasalnya iklim di Indonesia ini lumayan panas membuat kita gampang mengeluarkan keringat. Materi yang digunakan bisa berbentuk katun, jersey atau bahan kaos. Model pakaian pun bisa disesuaikan dengan aktivitas kita. Bila untuk aktivitas setiap hari kita bisa memilih model baju tertutup simpel dan praktis dengan tak begitu banyak pernik yang bisa mengganggu kegiatan kita. 

Pilih Pakaian Sesuai Ukurannya 
Pilihlah busana muslim yang pas dengan ukuran tubuh kita dan tak mengancam keselamatan kita waktu bergerak. Pakaian yang terlalu kecil ataupun ketat akan mengakibatkan kita sulit untuk bergerak, dan menjadikan kulit menjadi sulit bernapas, sementara itu pakaian muslim yang kebesaran atau terlampau panjang akan membuatnya gampang terkena kotoran ketika berjalan dan terinjak.

Busana muslim mesti sesuai syariat agama 
Tujuan semula dalam memakai pakaian adalah untuk menjaga pemakai, disamping untuk menutupi. Adapun keuntungan dari mengenakan busana muslim yakni selaras dengan  syariat Islam (syar’i) yaitu akan memperoleh pahala. 

Itulah beberapa tips dalam memilih busana muslim syar'i yang tepat. Mudah-mudahan makin meningkatkan pengetahuan kita mengenai pakaian muslim dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan kita setiap hari.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata