Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Peran Penting Jantung Bagi Kehidupan Kita

SerambiBisnis.com - Anda tahu tidak tentang jantung? Itu tuh salah satu dari organ tubuh kita yang sangat penting. Apa saja peran penting jantung bagi kehidupan kita? Jantung yang memiliki ukuran sedikit lebih besar dari kepalan tangan mempunyai fungsi sebagai pompa darah.

Organ penting ini memompakan darah ke seluruh tubuh secara terus menerus melalui sistem sirkulasi atau peredaran darah. Kegiatan tersebut dilakukan jantung selama hidup.

Berdasarkan data dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, jantung letaknya dalam rongga dada bagian kiri agak ke tengah. Sebelah kanan dan kiri jantung terdapat paru-paru. Struktur jantung ini terdiri atas empat ruang, yakni 2 serambi kanan dan kiri, serta 2 bilik kanan dan kiri. Di antara serambi dan bilik ini terdapat septum yang merupakan dinding otot.


Masing-masing ruangan dihubungkan oleh katup. Fungsi dari katup mengatur aliran darah dari dan menuju jantung, paru-paru serta seluruh tubuh.

Jantung terdiri dari otot yang disebut miokrad. Otot ini mendapat aliran darah dari pembuluh darah yang ada di permukaan jantung yang disebut koroner.

Anda tahu tidak, setiap harinya jantung berdenyut sekitar 100.000 kali. Jantung juga memompakan sekitar 2.000 galon darah atau 38.000 liter. Wah jumlahnya banyak juga ya?.

Darah yang beredar ini membawa zat makanan dan oksigen ke seluruh organ serta jaringan, termasuk pada otot jantung sendiri. Sementara itu, darah balik membawa produk yang merupakan sisa metabolisme dalam jaringan. Produk sisa metabolisme ini akan dikeluarkan dari tubuh setelah mengalami proses penyaringan pada ginjal, hati serta paru-paru.

Mungkin dalam benak Anda timbul pertanyaan, darimana jantung memenuhi kebutuhan untuk bekerja? Jantung mempunyai perangkat arteri yang memasok darah, oksigen, dan zat makanan bagi otot jantung. Namanya arteri koroner.

Arteri koroner ini merupakan cabang dari pembuluh nadi besar (aorta) yang keluar dari jantung. Arteri koroner kanan mensuplai area jantung bawah dan belakang. Sedang arteri koroner kiri bercabang dua, memasok darah ke arah puncak jantung, ke depan, kiri dan sebagian area belakang jantung.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai kerja jantung. Organ ini ternyata memegang peranan penting dalam kehidupan kita.
Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News