IBX5B7AAC72C70DE Peran Penting Jantung Bagi Kehidupan Kita - Serambi Bisnis

Peran Penting Jantung Bagi Kehidupan Kita

SerambiBisnis.com - Anda tahu tidak tentang jantung? Itu tuh salah satu dari organ tubuh kita yang sangat penting. Apa saja peran penting jantung bagi kehidupan kita? Jantung yang memiliki ukuran sedikit lebih besar dari kepalan tangan mempunyai fungsi sebagai pompa darah.

Organ penting ini memompakan darah ke seluruh tubuh secara terus menerus melalui sistem sirkulasi atau peredaran darah. Kegiatan tersebut dilakukan jantung selama hidup.

Berdasarkan data dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia, jantung letaknya dalam rongga dada bagian kiri agak ke tengah. Sebelah kanan dan kiri jantung terdapat paru-paru. Struktur jantung ini terdiri atas empat ruang, yakni 2 serambi kanan dan kiri, serta 2 bilik kanan dan kiri. Di antara serambi dan bilik ini terdapat septum yang merupakan dinding otot.


Masing-masing ruangan dihubungkan oleh katup. Fungsi dari katup mengatur aliran darah dari dan menuju jantung, paru-paru serta seluruh tubuh.

Jantung terdiri dari otot yang disebut miokrad. Otot ini mendapat aliran darah dari pembuluh darah yang ada di permukaan jantung yang disebut koroner.

Anda tahu tidak, setiap harinya jantung berdenyut sekitar 100.000 kali. Jantung juga memompakan sekitar 2.000 galon darah atau 38.000 liter. Wah jumlahnya banyak juga ya?.

Darah yang beredar ini membawa zat makanan dan oksigen ke seluruh organ serta jaringan, termasuk pada otot jantung sendiri. Sementara itu, darah balik membawa produk yang merupakan sisa metabolisme dalam jaringan. Produk sisa metabolisme ini akan dikeluarkan dari tubuh setelah mengalami proses penyaringan pada ginjal, hati serta paru-paru.

Mungkin dalam benak Anda timbul pertanyaan, darimana jantung memenuhi kebutuhan untuk bekerja? Jantung mempunyai perangkat arteri yang memasok darah, oksigen, dan zat makanan bagi otot jantung. Namanya arteri koroner.

Arteri koroner ini merupakan cabang dari pembuluh nadi besar (aorta) yang keluar dari jantung. Arteri koroner kanan mensuplai area jantung bawah dan belakang. Sedang arteri koroner kiri bercabang dua, memasok darah ke arah puncak jantung, ke depan, kiri dan sebagian area belakang jantung.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai kerja jantung. Organ ini ternyata memegang peranan penting dalam kehidupan kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata