IBX5B7AAC72C70DE 7 Inspirasi Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar yang Tidak Kenal Sepi Pembeli - Serambi Bisnis -->

7 Inspirasi Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar yang Tidak Kenal Sepi Pembeli

Bisnis jajanan adalah jenis bisnis yang telah tidak asing lagi di Indonesia. Anda dapat dengan mudahnya menemui beragam gerai usaha jajanan, baik berupa toko, warung, katin atau rumahan maupun secara keliling.  

Bisnis makanan memang tetap terus berkembang. Demikian juga dengan bisnis jajanan anak sekolah dasar. Selaku usaha makanan ringan, jajanan akan selalu laris karena dicari oleh banyak orang. Sebagai jenis bisnis yang mencukupi kebutuhan primer manusia yakni makan, maka usaha jajanan senantiasa diperlukan setiap orang di setiap harinya. Alhasil usaha ini tak mengenal istilah sepi pembeli.

Seperti yang kita ketahui, dalam beberapa tahun belakangan ini, banyak orang yang merasa rindu akan camilan masa kecil mereka. Kerinduan banyak orang terhadap camilan masa kecil ini merupakan momen untuk mendulang uang bagi pelaku usaha. Malahan dengan sentuhan kekinian, makanan ringan anak-anak sekolah zaman dulu dimodifikasi dan dikemas ke dalam gaya kontemporer.

Menilik tren nostalgia yang masih terus mendominasi sampai saat ini dan jika Anda termasuk mempunyai jiwa usaha serta ingin menyediakan jajanan sehat di sekolah, mengapa tidak menjadikan ini sebagai peluang bisnis? Terlebih mengingat jajan anak sekolah yang relatif mudah dibuat dan cuma memerlukan sedikit modal usaha, tak ada alasan untuk menangguhkan berbisnis. Berikut ini merupakan daftar jajanan atau camilan populer yang paling dicari dari anak sekolah dasar.

Cilok
Cilok adalah singkatan dari aci dicolok. Sesuai dengan namanya, cemilan ini terbuat dari aci (tepung sagu). Cilok bisa dibilang bakso dalam versi murah. Disamping sama-sama berbentuk bulat, bahan untuk membuat cilok nyaris sama dengan bahan untuk membuat bakso yakni telur, daging, dan tepung sagu. Hanya saja cilok lebih banyak memakai tepung sehingga teksturnya lebih tebal ketimbang bakso.

Cemilan buat anak-anak sekolah ini pertama kali muncul di Bandung dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp1.000 setiap bungkus.

Telur Mini
Bila Anda memerhatikan lagi, ada beberapa makanan ringan dari anak-anak sekolah zaman dulu yang memakai bahan telur. Salah satunya ialah telur mini. Proses pembuatannya tidak jauh beda seperti kita menggoreng telur dadar. Tetapi, pedagang umumnya memakai cetakan telur kecil. Jenis telurnya tentu saja bukan telur ayam umumnya, namun telur puyuh.

Telur Gulung
Resep telur gulung relatif gampang dan ekonomis. Anda dapat mencampur telur itu dengan sedikit air supaya lebih lembut teksturnya. Teknik ini pun bisa mendapatkan telur dengan jumlah lebih banyak. Anda pun bisa  menambahkan bahan dasar yang lain seperti mie, bakso atau sosis sebagai variasi.

Mi Lidi
Mi lidi adalah salah satu jenis makanan yang dapat dibeli dalam jangka lama. Jadi tidak perlu cemas bila belum laku di hari pertama jualan. Anda juga bisa meluaskan target pasar dengan memasarkannya dengan cara online. Untuk mengawali bisnis ini modal yang diperlukan tidak sampai Rp500.000.

Es Gabus
Sepanjang cuaca panas, umumnya anak-anak sekolah suka sekali menikmati makanan atau minuman segar plus manis untuk melepas rasa dahaga semisal es. Salah satu es yang terkenal di sekolah dasar yaitu es gabus.

Cemilan yang dibuat dari tepung hunkwe ini mempunyai tekstur lembut, tidak seperti es pada umumnya. Pembuatannya cuma memerlukan 3 bahan yang gampang ditemukan dan murah harganya yakni kelapa, gula pasir,  dan tepung hunkwe.

Kue Cubit
Kepopuleran kue cubit sudah melesat dalam 2 tahun belakangan ini. Tak cuma menjadi makanan ringan sekolah yang murah harganya, kue cubit pun naik kelas dan jadi bagian menu di kafe-kafe kontemporer. Teknik sederhana menjadikannya lebih mudah untuk penjual guna mencubit rasa dan menambahkan toppingnya.

Es Lilin
Tinggal di negara tropis seperti Indonesia ini tidak sedikit orang tak dapat menahan segarnya suatu es, termasuk yang namanya es lilin. Kudapan ringan yang kerap dijajakan di depan sekolah ini tidak memerlukan modal banyak. Cuma butuh plastik es, cetakan, kotak es, blender, dan freezer. Dengan peralatan ini Anda setidaknya perlu dana Rp1-2 juta. Namun, bila Anda mempunyai peralatan dan Anda punya niat akan menjualnya di rumah, maka dengan  modal Rp50-100 ribu Anda dapat mengawali usaha ini. Bila Anda masih merasa ragu-ragu untuk membangun usaha dari awal, saat ini telah banyak waralaba es lilin dengan beragam varian yang bisa  Anda pilih.

Demikianlah 7 inspirasi bisnis jajanan untuk anak sekolah dasar. Walaupun bisnis jajanan ini untuk anak sekolah dasar, Anda tidak usah menjualnya hanya di sekolah saja karena Anda pun bisa menjual makanan ringan ini di kalangan rumah, kantor, atau tempat umum yang lainnya. Jangn lupa, gunakanlah kreativitas Anda supaya tidak membosankan untuk meraih lebih banyak konsumen.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Inspirasi Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar yang Tidak Kenal Sepi Pembeli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata