Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Kenali Peran Website dan Mobile Apps dalam Menunjang Bisnis


Pemasaran online maupun pengaplikasian digital marketing sekarang amat penting untuk dipelajari, khususnya untuk Anda yang sedang membangun bisnis dan ingin menjangkau lebih banyak konsumen lewat penggunaan beragam platform di internet. Tak cuma lewat media sosial saja, tetapi Anda sebetulnya dapat menggunakan media promosi lain, seperti website dan mobile apps. Lalu, apa sebenarnya manfaat website dan mobile apps dalam menunjang bisnis?

Di zaman digital, penggunaan website dan perangkat mobile terus meningkat karena beragam kemudahan yang disajikan dari segi tampilan serta penyampaian informasi yang cepat, akurat, dan tepat.

Manfaat Website Bagi Perusahaan

Kita perlu mengenal manfaat website untuk sebuah bisnis atau perusahaan. Berikut beberapa manfaatnya yang bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda.

Sarana pemasaran

Kemajuan internet semakin meningkat setiap waktu. Website merupakan pilihan yang tepat untuk menjadi sarana media marketing seperti melakukan iklan produk layanan yang dimiliki dan kegiatan promosi. Kalangan pengusaha menggunakan website sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan produk maupun jasa untuk mendapatkan jaringan atau chanel yang banyak dan luas.

Website mempunyai jangkauan waktu dan ruang yang tidak terbatas dengan penyampaian informasi yang amat jelas sehingga produk yang terjual bisa diproses secara mudah sekali. Proses pembayaran bisa dilakukan dengan cara online, tanpa perlu mesti memakai metode tradisional lagi. 

Mempromosikan brand produk sebuah perusahaan

Jika Anda mempunyai produk brand sendiri, maka Anda bisa mulai mempromosikan produk Anda lewat website. Bila Anda ingin menjangkau wilayah target konsumen dengan skala besar, maka salah satu solusi terbaiknya sekarang ini ialah dengan melakukan promosi di website.

Mempermudah pengusaha menjalin kerjasama dengan konsumen

Mempermudah pengusaha untuk menjalin hubungan dengan para konsumen karena sebuah website memiliki fitur kontak seperti email, telepon, dan media sosial lainnya. Sehingga bila komunikasi bisa terpelihara dengan baik, maka loyalitas akan naik. Sesuai dengan bisnis Anda yang akan meningkat dari pengaplikasian media marketing pada bisnis Anda.

Bisa meningkatkan kredibilitas

Melakukan pemasaran online lewat website dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan. Di dalam website itu, Anda dapat mencantumkan pencapaian apa saja yang pernah diraih perusahaan, menampilkan testimoni atau ulasan dari para pelanggan, penghargaan, dan informasi penting yang lainnya yang perlu diketahui publik bahwa perusahaan Anda merupakan perusahaan terpercaya.

Website memang merupakan media yang dapat membantu pelaku usaha maupun perusahaan untuk meningkatkan pendapatannya. Tetapi sayang, masih banyak perusahaan atau pelaku usaha yang ragu untuk membuat website karena mereka tak mempunyai banyak pemahaman bagaimana membangun dan mengelola website. Disamping itu, masih banyak pula dari mereka yang tidak paham dengan teknologi sehingga masih memakai cara konvensional untuk memasarkan produk atau jasanya.

Beruntung, sekarang ada penyedia jasa pembuatan website company profile dan jasa pembuatan website e-commerce. Alhasil untuk perusahaan atau pelaku usaha yang tak memahami bagaimana cara membuat website dan mengelolanya bisa terbantu oleh adanya jasa pembuatan website company profile dan jasa pembuatan website e-commerce tersebut.

Manfaat Mobile Apps Bagi Perusahaan atau Pelaku Usaha

Mobile app merupakan aplikasi yang dirancang dan dikembangkan secara spesifik untuk perangkat genggam. Tak seperti halnya mobile web yang menyajikan tampilan web yang dimodifikasi, mobile app menawarkan kustomisasi dan tampilan antarmuka yang lebih baik dibanding mobile web. 

Kehadiran mobile app amat mendukung bisnis digital perusahaan, terlebih di dunia yang kian mengandalkan teknologi informasi. Bahkan mobile app digadang-gadang sebagai perangkat marketing masa depan (the future marketing tools). Berikut ini beberapa manfaat mobile app bagi perusahaan/pelaku usaha dan perkembangan bisnis.

Mempermudah pelanggan dalam mengakses profil dan produk perusahaan

Mobile app berisi profil yang memperkenalkan sebuah perusahaan sekaligus produk ataupun jasa yang dihasilkannya. Pelanggan cuma perlu mengunduh mobile app perusahaan itu lalu telah dapat mengakses profil dan produknya dari manapun dan kapanpun.

Memudahkan saluran pemasaran

Mobile app bisa memudahkan saluran pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien. Perusahaan tidak perlu mencetak brosur berlembar-lembar, lalu membagikannya di berbagai tempat. Walaupun cara ini masih dapat digunakan, saat memakai mobile app justru dapat lebih efektif dalam memasarkan produk maupun jasa yang ditawarkan. Perusahaan dapat menggunakan desain komunikasi berbentuk audio, visual, dan audio visual untuk mengoptimalkan pemasaran.

Lebih menonjol dalam persaingan dunia bisnis

Perusahaan yang sudah membuat dan mengembangkan mobile appnya sendiri dapat disebut selangkah lebih maju dibanding perusahaan lainnya yang belum memilikinya. Terlebih di tengah persaingan dunia digital seperti sekarang. Mobile app kian memegang peranan utama untuk memikat pelanggan. Perusahaan bisa menggunakan mobile app serta ragam fiturnya sehingga dapat dikembangkan dengan antarmuka yang lebih menarik.

Membangun branding perusahaan

Tiap-tiap perusahaan mempunyai target dan segmentasi pelanggan sendiri-sendiri. Supaya bisa  menggaet pelanggan di segmen itu, perusahaan/pelaku usaha akan membangun branding yang mencitrakan sisi baik perusahaan. Mobile app dapat menjadi salah satu fasilitas untuk mengenalkan branding kepada publik dalam jangkauan lebih luas.

Mengenalkan merk kepada khalayak lebih luas

Saat perusahaan/pelaku usaha menggunakan mobile app, maka peluang memperkenalkan merk dagang kepada khalayak lebih luas menjadi semakin terbuka lebar. Sama seperti memasarkan produk dan brand, merk dagang pun akan lebih banyak dikenal orang sehingga memberikan umpan balik positif pada output perusahaan.

Meningkatkan interaksi kepada pelanggan

Penggunaan mobile app bisa meningkatkan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan. Mobile app umumnya memiliki fitur chat atau kolom pengumpul pertanyaan yang bisa dimanfaatkan pelanggan untuk bertanya tentang perusahaan. Tentunya ini merupakan wadah interaksi yang tak dapat diperoleh bila memakai teknik pemasaran tradisional.

Memberikan informasi secara real time

Perusahaan maupun pelaku usaha dapat memberikan informasi terkait produk atau jasa terbaru yang akan ditawarkan, promo menarik, dan pengumuman penting kepada pelanggan tanpa mesti menyebarkan pamflet dan lain sebagainya. Perusahaan cuma perlu merancang informasi secara bagus kemudian menguploadnya ke mobile app secara real time tanpa adanya batasan waktu.

Itulah berbagai manfaat mobile app bagi bisnis atau perusahaan yang harus diketahui. Perusahaan dan pelaku usaha mesti mampu bertahan di tengah perkembangan teknologi yang kian maju. Mengikuti perkembangan teknologi artinya mesti membuat inovasi yang bisa mendukung kegiatan perusahaan secara digital. Mobile app dapat menjadi salah satu solusi bagi perusahaan untuk memperlihatkan eksistensi di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Alfa Digital Solution memberikan jasa pembuatan web application, jasa pembuatan mobile application, serta jasa pembuatan aplikasi Android & iOS untuk berbagai kebutuhan perusahaan maupun bisnis Anda. Selain itu perusahaan penyedia sistem informasi dan teknologi terpadu yang terletak di Permata Regency D/37, Jl. H. Kelik, RT.1/RW.6, Srengseng, Kec. Kembangan, Jakarta Barat ini juga menyediakan jasa pembuatan website company profile dan jasa pembuatan website e-commerce lho.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Kenali Peran Website dan Mobile Apps dalam Menunjang Bisnis"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News