Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikuti Tips Ini, Agar Fungsi Pankreas Selalu Sehat


Diabetes melitus ialah sebuah penyakit ketika kadar gula darah seseorang ada di atas kadar yang normal. Penyakit ini di Indonesia lebih populer dengan sebutan penyakit kencing manis.

Adapun yang dimaksud dengan kadar gula darah ialah kadar glukosa di dalam darah tanpa memperhitungkan kadar jenis gula lainnya seperti laktosa, maltosa, sukrosa, dan fruktosa. 

Beberapa gula jenis lain ini pun akan diubah menjadi glukosa di dalam tubuh, tetapi proses metabolismenya amat panjang, bergantung pada jenisnya sehingga pengaruhnya pada kadar gula darah secara menyeluruh dipandang tidak signifikan.

Kadar glukosa di dalam darah dikontrol oleh insulin, sebuah hormon yang diproduksi oleh pankreas. Insulin akan menyuruh sel untuk mengambil glukosa dari dalam darah, dan memakainya sebagai sumber tenaga. Glukosa yang tertinggal akan disimpan dalam wujud glikogen dan akan diurai kembali menjadi glukosa ketika gula darah mendekati kadar yang rendah.

Kerusakan pankreas menimbulkan pembuatan insulin menurun sehingga proses pemecahan glukosa menjadi tenaga terhambat. Sehingga kadar glukosa darah akan naik. Kondisi inilah yang dinamakan dengan diabetes melitus alias penyakit kencing manis.

Di samping kerusakan pankreas, kelainan metabolisme seperti terjadinya resistensi sel pada insulin dan gangguan sekresi insulin juga dapat menjadi penyebab penyakit diabetes.


Cara Agar Fungsi Pankreas Selalu Sehat

Semua organ vital dan mendasar untuk berfungsinya serta perkembangan tubuh kita. Tetapi ada satu yang tidak demikian menonjol atau tak seterkenal jantung maupun paru-paru, namun juga berperan penting sekali untuk tubuh manusia, yakni pankreas.

Organ ini berfungsi ganda lho. Di satu sisi, ia bekerja sama dalam proses pencernaan makanan yang kita makan. Untuk melakukannya ia menghasilkan enzim yang dibutuhkan tubuh untuk menyerap molekul-molekul makanan.

Namun di sisi lainnya pankreas pun ikut serta dalam pengaturan glukosa darah. Itulah sebabnya kerusakannya bisa menimbulkan serangkaian penyakit, seperti misalnya diabetes yang menurut laman https://solusi-diabetesku.com, diabetes adalah penyakit dengan jumlah pengidap paling banyak di dunia.

Untuk itulah kita perlu menjaga agar fungsi pankreas selalu sehat. Berikut 8 makanan yang bisa melindungi, memelihara, dan menjaga pankreas agar fungsi pankreas selalu sehat dan berjalan dengan baik.

8 Makanan yang Membuat Fungsi Pankreas Selalu Sehat

Bawang putih

Sebagian orang barangkali tak menyenangi aroma bawang putih. Tetapi sayuran spesies allium ini memiliki kandungan nutrisi bermanfaat yang baik sekali untuk jaringan pankreas. Suatu penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan tinggi bawang putih memiliki risiko 54 persen lebih rendah untuk terkena kanker pankreas.

Bayam

Cara paling baik untuk melindungi pankreas dan mengurangi risiko terkena kanker pankreas adalah dengan mengkonsumsi bayam. Atau lebih spesial lagi sayuran yang memiliki daun hijau seperti lobak Swiss, sawi, bayam, dan kangkung dengan penambahan kadar vitamin B dan zat besi.

Jamur

Secara umum, jamur sudah menyediakan sumber yang baik dari beragam vitamin B dan selenium sehingga dapat menghambat perkembangan kanker pankreas.

Ceri

Ceri banyak mengandung antioksidan dan alkohol perilil (POH), yakni senyawa yang sudah dihubungkan dengan pencegahan kanker pankreas.

Brokoli

Sebagai orang yang sudah sadar terhadap kesehatan, telah waktunya untuk menambahkan brokoli ke dalam menu makan harian. Suatu riset dari Universitas Illinois mendapatkan bahwa makanan yang banyak mengandung luteolin dan flavonoid apigenin, seperti misalnya brokoli mampu membasmi atau menekan pembuatan sel kanker pankreas.

Ubi jalar

Ubi jalar tak cuma mempunyai indeks glikemik yang lebih rendah, tetapi pula bermanfaat untuk melindungi pankreas. Menurut penelitian dari UCLA (Universitas California) ubi bisa menaikkan fungsi organ dan mengurangi risiko terserang kanker pankreas sebesar 50 persen.

Tahu

Tahu merupakan sumber protein rendah lemak yang bagus dan kerap dipergunakan dalam makanan selaku pengganti daging. Tahu bisa membantu pemulihan saluran pencernaan dan menjaga pankreas dari kerusakan. Dianjurkan untuk makan tahu yang dikukus dan tak digoreng karena bertujuan untuk memperoleh sumber protein rendah lemak.

Mengkudu

Buah mengkudu berguna sekali untuk mengurangi gula darah. Bahkan secara tradisional masyarakat telah sejak dulu menggunakan mengkudu sebagai obat kencing manis. Karena mengkudu memiliki senyawa bernama terpenoid yang bermanfaat untuk memulihkan sel-sel organ pankreas. Hal ini dapat membantu pankreas mengeluarkan insulin secara baik sehingga glukosa dalam tubuh juga dapat terserap menjadi energi.

Cara merawat pankreas supaya tetap sehat dan berfungsi secara baik itu, mudah bukan? Pilihlah makanan yang baik agar bukan cuma pankreas saja yang sehat, tetapi organ lain dalam tubuh pun terpelihara dengan baik.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Ikuti Tips Ini, Agar Fungsi Pankreas Selalu Sehat"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News