Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

5 Tips Memilih Kemeja Pria Formal yang Tepat untuk Ngantor atau Acara Formal


Kemeja adalah pakaian yang harus dimiliki oleh setiap pria selain t-shirt. Sekarang kemeja hadir dengan beragam motif sehingga tak cuma cocok dikenakan ketika acara formal saja, tetapi juga dapat dipakai ketika hangout atau santai. Beberapa merk kemeja pria terkenal sudah mengeluarkan produknya untuk memenuhi kebutuhan pria akan fashion item ini.

Kemeja adalah pakaian yang hampir semua pria miliki. Kemeja merupakan pakaian formal yang dapat digunakan untuk kebutuhan outfit ke kantor. Pilihan kemeja memang banyak terdapat, tetapi Anda tak bisa memilih kemeja dengan sembarangan untuk dijadikan outfit ke kantor.

Menentukan kemeja untuk dijadikan outfit memang butuh berbagai pertimbangan. Bagaimana memberi kesan supaya tidak mengesankan terlampau santai, tetapi masih memberikan kesan profesional, namun tak terlampau serius.

So, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih kemeja untuk ke kantor. Berikut ada 5 tips memilih kemeja formal yang tepat untuk pria pergi ngantor. 

1. Perhatikan bagian kerah kemeja

Bagaimana cara melihat bentuk kerah supaya Anda tidak salah memilih? Anda mesti memastikan kemeja seluruhnya terkancing. Agar jangan leher Anda tercekik. Pada dasarnya setiap jenis kerah mempunyai karakter tertentu yang dapat mengubah penampilan Anda. Kerah tinggi umumnya kerap digunakan oleh orang berwajah bulat karena akan memberi kesan jenjang pada bagian leher. Sementaar itu kerah rendah dan kecil lebih cocok untuk yang memiliki wajah tirus. 

2. Lihat bentuk lengan

Ada tida model lengan kemeja. Anda dapat memilih lengan panjang, lengan tanggung (3/4) atau lengan pendek. Kemeja dengan lengan panjang yang umumnya dianggap paling formal, khususnya untuk kerja kantoran. Dengan kemeja ini Anda tampak lebih rapi. Tentunya Anda dapat mengubahnya sesuai dengan budaya berpakaian di kantor Anda. Bila kantor Anda  terbilang tempat yang santai, Anda dapat memilih kemeja lengan pendek atau lengan tanggung yang praktis. 

3. Perhatikan warna kemeja

Anda pun mesti memerhatikan warna kemeja. Bila Anda bekerja di kantor yang amat ketat dengan dresscode, sebaiknya Anda tak memakai warna-warna terlampau terang. Jauhi warna orange, kuning neon, dan teman-temannya. Gunakanlah warna-warna netral seperti hijau, biru, krem, putih atau hitam. Namun selain menyelaraskan dengan budaya kantor, sesuaikan pula dengan dalaman kemeja. Agar jangan kemeja Anda terlihat belang-belang dengan pakaian dalamnya. 

4. Pastikan ukuran kemeja tepat

Ukuran amat penting untuk diperhatikan! Anda tak ingin merasa gerah seharian di kantor, bukan? Hendaknya Anda memerhatikan ukuran kemeja Anda baik-baik. Jangan sampai kerah kemeja Anda mencekik leher. Pastikan pula lingkar lengan tak terlampau ketat. Walaupun Anda  menyenangi potongan fitted tak berarti Anda mesti memilih kemeja yang berkerut-kerut pada bagian perutnya. Intinya, carilah kemeja yang membuat Anda  merasa nyaman. 

5. Pilih bahan kemeja yang nyaman

Di samping ukuran, bahan kemeja pun penting diperhatikan supaya Anda tak merasa gatal, kepanasan, atau malah kedinginan bila terlampau tipis. Jadi sebelum Anda membeli kemeja pastikanlah Anda mengetahui bahan apa yang paling membuat Anda merasa nyaman.

Nah, itulah 5 tips memilih kemeja pria formal yang tepat dan bagus untuk ngantor atau ke acara formal. Semoga panduan di atas dapat membantu Anda menemukan kemeja pria formal berkualitas baik, berorientasi pada detail, bisa dikenakan di nyaris segala kesempatan, hingga menjadikan Anda tetap terlihat cerdas dan tajam untuk jangka waktu lama.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "5 Tips Memilih Kemeja Pria Formal yang Tepat untuk Ngantor atau Acara Formal"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News