Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

6 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan dengan Efektif Agar Usaha Lebih Optimal


Kenapa strategi meningkatkan produktivitas kerja karyawan amat penting untuk dipikirkan? Produktivitas karyawan merupakan tumpuan utama dalam suatu bisnis. Tanpa karyawan yang produktif, maka bisnis akan berisiko macet atau bahkan justru berhenti.

Buruknya kinerja karyawan akan berdampak buruk pada roda bisnis yang sedang Anda jalankan. Oleh sebab itu memacu semangat dan produktivitas karyawan merupakan hal yang amat penting untuk dilakukan.

Produktivitas kerja menjadi suatu hal yang utama dalam dunia kerja. Karena hal itu dapat membantu perusahaan dalam mencapai target secara cepat. Tidak heran, dalam bekerja para karyawan dituntut untuk produktif.

Lantas apa jadinya jika suatu waktu produktivitas karyawan menurun? Ini tentunya dapat berdampak juga pada perusahaan itu. Bagaimana cara meningkatkannya?

Apa Itu Produktivitas Karyawan?

Produktivitas karyawan adalah kemampuan tenaga kerja dalam menghasilkan banyak barang produksi atau jasa. Semakin produktif pekerja di suatu negara, maka barang/jasa atau output yang dihasilkan juga akan semakin besar.

Dengan kata lain, produktivitas kerja adalah rasio kualitas dan kuantitas dari seorang karyawan atau pekerja untuk dapat mencapai hasil kerja secara efektif dan efisien dengan sumber daya yang digunakannya. Hal ini tercermin melalui satuan waktu yang diperlukan dalam proses kerja guna mencapai kuantitas serta kualitas dari hasil kerja.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja

Produktivitas kerja bertujuan menghasilkan atau meningkatkan hasil barang maupun jasa setinggi-tingginya dengan menggunakan sumber daya secara efisien. Makanya setiap perusahaan akan berupaya untuk meningkatkan produktivitas sumber daya manusianya secara maksimal. Hal itu menjadi salah satu faktor penentu guna mencapai kesuksesan sebuah perusahaan atau organisasi.

Menurut Ambar Teguh Sulistiyani dan Rosidah dalam buku Manajemen Sumber Daya Manusia (2003), menyatakan ada beberapa faktor yang mempengaruhi produktivitas, antara lain pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), kemampuan (abilities), sikap (attitude), dan perilaku (behaviors).

Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Dengan adanya situasi yang menunjang produktivitas kerja dalam sebuah perusahaan, karyawan akan dapat bekerja secara konsisten dan menciptakan kinerja yang baik.

Di samping itu, produktivitas karyawan pun akan mempengaruhi perkembangan perusahaan tersebut. Karyawan yang profesional, terampil dan mempunyai etos kerja yang tinggi pastinya akan menguntungkan untuk perusahaan.

Lantas bagaimanakah cara meningkatkan produktivitas karyawan di sebuah perusahaan? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Memberikan pekerjaaan menurut kemampuan dan minat karyawan

Memberikan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, minat, dan karakter karyawan akan menyebabkan semangat karyawan tumbuh. Pasalnya seseorang akan merasa susah mencapai produktivitasnya saat mereka diminta mengerjakan tugas yang tak sesuai dengan kemampuannya.

2. Mengizinkan karyawan bekerja secara remote (work from home)

Menurut survei yang dilakukan oleh Global Workplace Analytic memperlihatkan bahwa bekerja secara remote (work from home) dinilai berhasil meningkatkan produktivitas karyawan menjadi 103% selama satu dekade terakhir. Bahkan ketika pandemi melanda, banyak perusahaan mengizinkan karyawan mereka untuk bekerja secara remote (jarak jauh/WFH). Hasilnya adalah karyawan dinilai menjadi lebih inisiatif dan perusahaan dapat menekan biaya operasional.

Di samping itu, beberapa riset lain pun membuktikan bahwa dengan mengizinkan karyawan bekerja secara remote dapat menekan angka cuti lantaran sakit. Maka dari itu bekerja secara remote dinilai merupakan solusi untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

Tak bisa dimungkiri, tak semua jenis pekerjaan dapat dilakukan secara remote. Pekerjaan-pekerjaan seperti misalnya operator pabrik tak memungkinkan bekerja dengan sistem remote. Alternatifnya yakni dengan memberikan cuti tambahan terhadap karyawan tersebut.

3. Menciptakan lingkungan kerja yang baik

Salah satu cara meningkatkan produktivitas karyawan ialah dengan menciptakan lingkungan kerja yang baik dan nyaman. Lingkungan kerja yang baik akan berpengaruh dalam peningkatan produktivitas kerja para karyawan.

Tempat kerja dengan tekanan dan beban kerja yang berat kerap menyebabkan karyawan tak nyaman. Oleh sebab itu menciptakan lingkungan kerja yang baik bukanlah hanya menyediakan fasilitas kerja yang lengkap. Tetapi juga termasuk memenuhi suasana kerja yang aman serta nyaman, interaksi yang menyenangkan antar sesama karyawan, dan tersedianya jaminan keamanan serta keselamatan kerja. 

Hal-hal itu akan menjadikan karyawan selalu merasa nyaman dan ceria dalam bekerja. 

4. Membuat acara kebersamaan

Membuat acara bersama merupakan salah satu cara meningkatkan produktivitas karyawan. Karena produktivitas karyawan dipengaruhi oleh cara mereka membina relasi dan berinteraksi.

Mengadakan acara-acara kecil tetapi menyenangkan bisa memberikan nilai kebersamaan. Misalnya outbound ke tempat wisata, town hall meeting atau acara makan bersama.

Dengan acara-acara itu karyawan akan ikut serta dan bisa membentuk relasi. Di samping itu, perusahaan bisa menyampaikan visi dan misinya, serta dapat mendengarkan curahan hati dari karyawan. Hasilnya adalah hubungan kekeluargaan dan kebersamaan antara perusahaan dan karyawannya akan kian erat sehingga mendukung produktivitas karyawan.

5. Menyiapkan insentif untuk merayakan keberhasilan karyawan

Ini adalah salah satu motivasi paling efektif dalam kaitannya dengan meningkatkan produktivitas karyawan. Insentif tak mesti berbentuk kenaikan gaji. Ada beragam jenis insentif menarik yang bisa ditawarkan. Contohnya pemberian asuransi kesehatan untuk karyawan dan keluarga, pemberian uang lembur, membagikan kupon taksi gratis, memberikan kupon makan siang gratis kepada karyawan yang berhasil memenuhi target dengan baik, memberikan cuti tambahan, dan lain-lain.

Pemberian insentif akan menjadikan karyawan merasa amat dihargai dan diapresiasi seluruh bentuk pencapaiannya. Ini akan menunjang meningkatkan semangat dan kepercayaan diri mereka dalam bekerja sehingga mereka terdorong untuk mencapai hasil yang lebih tinggi lagi di masa yang akan datang.

6. Melibatkan dan mendengarkan karyawan

Peran serta dan interaksi antarindividu di dalam suatu perusahaan merupakan salah satu kunci utama untuk tercapainya produktivitas karyawan. Dengan begitu setiap karyawan akan merasa diperlukan dan didengarkan oleh perusahaan sehingga memakai keterampilan yang dimiliki semaksimal mungkin supaya bisa memenuhi target perusahaan.

Nah demikianlah beberapa penjelasan singkat tentang produktivitas kerja, faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta cara meningkatkan produktivitas karyawan di perusahaan Anda dengan efektif. Produktivitas kerja yang baik tentu saja akan membawa hal baik bagi perusahaan.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "6 Cara Meningkatkan Produktivitas Karyawan dengan Efektif Agar Usaha Lebih Optimal"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News