Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Ini 8 Manfaat Buah Naga bagi Ibu Hamil, Para Bumil Wajib Tahu!


Selain memiliki warna yang menarik, buah naga menyimpan beragam manfaat kesehatan. Bahkan menurut mpotimes buah naga juga sangat berguna untuk merawat kecantikan. Jenis buah yang satu ini banyak mengandung betakaroten dan vitamin C yang bisa menunjang kesehatan tubuh, tak terkecuali untuk ibu hamil. Manfaat buah naga bagi ibu hamil pun cukup banyak. Mulai dari mempengaruhi kesehatan ibu sampai pada bayi yang masih berada dalam kandungan. 

Berdasarkan National Institutes of Health, mengkonsumsi satu porsi buah naga (kira-kira 100g) ketika hamil dapat memenuhi 2,74% dari kebutuhan harian terhadap zat besi. Dalam satu hari, ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi satu porsi buah (lebih kurang 200 gram). Tetapi Anda pun dapat berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui jumlah yang tepat untuk dimakan. 

8 Manfaat Buah Naga bagi Ibu Hamil 

Berikut ini beberapa manfaat buah naga bagi ibu hamil yang penting untuk anda ketahui: 

1. Kaya dengan Serat 

Buah naga memiliki kandungan lemak tidak jenuh tunggal yang baik bagi tubuh. Jenis lemak inipun baik bagi para ibu hamil lantaran bisa membantu menambah energi dan memperlancar proses metabolisme tubuh. Di samping itu, buah naga pun bisa menunjang perkembangan otak pada janin di dalam kandungan. 

2. Mengurangi Risiko Anemia 

Sebuah penelitian menemukan bahwa jus buah naga bisa menaikkan kadar eritrosit (sel darah merah) dan hemoglobin (protein pada sel darah merah) pada ibu hamil. Dengan demikian, buah naga bisa membantu menyembuhkan dan menurunkan risiko terkena anemia pada ibu hamil. 

3. Mencegah Infeksi 

Pada masa kehamilan seorang ibu bisa berpeluang terkena risiko infeksi mikroba. Tetapi kabar bagusnya salah satu manfaat buah naga bagi ibu hamil ialah untuk mencegah timbulnya infeksi. Buah naga bisa membantu proses peremajaan sel dalam pengobatan luka yang akhirnya menghindari infeksi. Buah naga pun memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur untuk menangani mikroba yang telah tumbuh. 

4. Memberikan Asupan Karbohidrat 

Manfaat lainnya buah naga bagi ibu hamil ialah sebagai asupan karbohidrat. Kecuali banyak mengandung serat, buah naga pun mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber daya tubuh. Kandungan karbohidrat inipun bisa disalurkan pada bayi di dalam kandungan. 

5. Mencegah Preeklamsia

Preeklamsia merupakan gangguan kehamilan yang umumnya ditandai dengan tekanan darah tinggi dan kandungan protein yang tinggi di dalam urine. Preeklamsia bisa mengganggu organ lainnya dalam tubuh dan berbahaya bagi ibu ataupun janin dalam kandungan. Tetapi kabar baiknya ternyata buah naga bisa mencegah preeklamsia. 

6. Mencegah Lahir Cacat

Kandungan vitamin dalam buah naga bisa menunjang perkembangan bayi dalam kandungan sekalian mengahindari bayi lahir cacat. Kandungan vitamin B kompleks dan folat di dalamnya pun bisa menunjang mengembangkan tabung saraf dan sistem saraf pada anak. 

7. Membantu Perkembangan Tulang 

Buah yang memiliki warna daging merah dan putih inipun bisa berfungsi dalam perkembangan susunan tulang bayi dalam kandungan. Hal ini bisa terjadi karena adanya kandungan fosfor dan kalsium dalam buah naga. Di samping membantu perkembangan tulang, fosfor dan kalsium juga bisa meningkatkan kesehatan gigi. 

8. Melindungi dari Radikal Bebas

Suatu riset memperlihatkan bahwa antioksidan dalam buah naga bisa menghindari pengaruh buruk dari terpaan asap rokok pada bayi dalam kandungan. Hal ini bisa terjadi lantaran buah naga pun mempunyai sifat antioksidan yang pula bisa menambah kekebalan tubuh.

Demikian 8 manfaat buah naga bagi ibu hamil yang bisa dinikmati bila rutin mengkonsumsinya.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Ini 8 Manfaat Buah Naga bagi Ibu Hamil, Para Bumil Wajib Tahu!"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News