Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Begini Cara Memilih Cat Anti Bocor untuk Perlindungan Rumah


Kebocoran tidak boleh dianggap sebelah mata. Hal ini disebabkan karena kebocoran rumah bisa merusak beberapa bagian rumah seperti plafon dan dinding berjamur akibat lembab. Cat anti bocor merupakan solusi terbaik yang dapat diaplikasikan untuk merawat dan memperindah tampilan rumah. Warna cat dapat menciptakan atmosfer dan efek yang berbeda untuk sebuah ruangan.

Cat tak selamanya berhubungan dengan estetika, tetapi juga berperan untuk melindungi rumah dari ancaman cuaca yang ekstrem. Salah satu peran cat dalam melindungi rumah adalah menghindari dari kebocoran air. Rumah yang tak dilapisi dengan anti bocor besar kemungkinan akan mengalami kebocoran ketika turun hujan. 

5 Cara Memilih Cat Anti Bocor 

Saat ini di pasaran cukup banyak jenis cat yang mengklaim sebagai anti bocor. Ada berbagai hal yang penting diperhatikan sebelum memilih cat anti bocor. Pasalnya cat anti bocor dengan brand ternama pun belum tentu cocok dengan kondisi yang terjadi di rumah Anda. Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk memilih cat anti bocor.

Ada baiknya Anda sesegera mungkin mengaplikasikan cat anti bocor di beberapa bagian rumah untuk melindungi dari tetesan air hujan yang mungkin mengganggu tidur lelap Anda. Terlebih bila Anda sedang membeli rumah di daerah bercurah hujan tinggi. Melindungi tembok rumah dengan cat anti bocor perlu untuk diaplikasikan.

Perhatikan Ketahanan Tekanan Airnya

Coba perhatikan ketahanan anti bocor pada ketahanan tekanan air yang berhubungan dengan cuaca. Dalam pemilihan anti bocor ini sebaiknya memperhitungkan keadaan iklim di mana rumah itu ada. Jenis cat yang dipilih di tempat dengan tingkat curah hujan yang tinggi tentunya berbeda dengan tempat yang kering. Perbedaan ini pun diterapkan pada cat pelindung yang dipilih supaya rumah ada dalam keadaan yang baik dalam segala cuaca.

Pastikan Cat Anti Bocor Itu Memang Anti-Jamur

Kecuali memilih cat dengan formula bahan anti bocor, Anda perlu pula mempertimbangkan cat anti bocor yang mempunyai formula anti jamur. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa atap dan dinding rumah bisa dengan gampang ditumbuhi jamur karena perubahan cuaca dan berdampak pada laju pelapukan atap maupun dinding. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk menerapkan sekaligus cat anti bocor yang dilengkapi dengan formula anti jamur.

Pahami Cara Penggunaannya

Setiap cat anti bocor mempunyai cara penggunaan masing-masing. Cara penggunaan ini penting Anda perhatikan dan ikuti supaya memperoleh hasil maksimal. Kecuali mengikuti prosedur penggunaan, pastikan atap atau tembok yang akan dicat sudah terlebih dulu dibersihkan dari kotoran seperti jamur, debu, dan lumut yang melekat.

Oleskan cat anti bocor di permukaan dinding atau beton yang mengalami retak rambut dengan kuas cat yang lebih kecil dan bulunya yang lebih halus supaya celah terisi optimal.

Pilih Cat Anti Bocor Menurut Jenisnya

Di pasaran ada beberapa jenis anti bocor yang dipakai untuk keperluan yang berbeda-beda. Jenis-jenis anti bocor itu meliputi anti bocor dengan bahan styrene acrylic yang mempunyai ketahanan yang kuat tetapi harganya cukup mahal, anti bocor jenis membran yang berupa lembaran, dan anti bocor corentius yang menjadi anti bocor dengan kandungan semen dan bahan zat adiktif.

Gunakan Cat Pelapis Anti Bocor Jika Diperlukan

Idealnya anti bocor diterapkan pada dinding atau atap tidak cuma sekali. Anda dapat melapisi dinding atau atap dengan anti bocor secara teratur dan bila telah diperlukan. Biasanya, anti bocor bertahan kira-kira antara 3 sampai 5 tahun menurut merk dan keadaan lingkungan rumah.

Apabila saat ini Anda sedang mencari cat anti bocor, maka No Drop layak untuk dipertimbangkan. No Drop adalah cat pelapis anti bocor nomor satu di Indonesia yang bersifat elastis, kedap air, dan tahan cuaca sehingga bisa melindungi Anda dari ancaman kebocoran di dalam rumah. 

Selain itu keunggulan lainnya No Drop yakni anti jamur dan lumut, perlindungan 7 tahun, daya tutup terbaik, warna dekoratif, warna tidak mudah pudar, tahan alkali & efflorescence, dan memperbaiki retak.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Begini Cara Memilih Cat Anti Bocor untuk Perlindungan Rumah"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News