Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Cat Interior dan Cat Eksterior, Ini Perbedaannya yang Harus Anda Ketahui


Cat adalah elemen penting dari sebuah rumah karena mampu menutupi sebagian besar permukaan dinding dan menentukan akan seperti apa tampilan rumah itu. Cat mempunyai fungsi untuk melindungi sekaligus memperindah permukaan atau objek. 

Kini cat tersedia dalam beragam merk, pilihan warna, dan bermacam kualitas. Akan tetapi anda tidak dapat asal saja memilih cat. Anda perlu tahu bahwa saat ini di pasaran ada jenis cat interior dan cat eksterior yang mempunyai beberapa perbedaan, khususnya pada fungsinya.

Cat Interior

Jenis cat interior yang biasanya diterapkan pada bagian dalam rumah mempunyai fungsi lebih dalam mengedepankan aspek estetis dengan dukungan warna dan tekstur cat. Cat yang diprioritaskan untuk bagian interior rumah tak bisa Anda gunakan untuk cat pada eksterior rumah. Hal ini dikarenakan oleh faktor daya tahan cat pada cuaca. 

Selain itu cat interior pun tidak sulit untuk dibersihkan, antijamur, sulit keropos, tahan pada rembesan air, dan mempunyai daya rekat tinggi. Bahkan sekarang cat interior pun bisa ditambahkan dengan pengharum ruangan. Cat interior umumnya terlepas dari kandungan logam berat dan bahan beracun lainnya, tetapi bergantung pada kualitas.

Cat Eksterior

Sementara itu cat eksterior yang biasanya diterapkan pada bagian luar rumah mempunyai fungsi untuk melindungi objek dari pengaruh cuaca. Cat eksterior juga tidak dapat diterapkan pada bagian interior rumah sebab kurang cocok dengan estetis rumah. 

Ciri cat eksterior yang lainnya adalah daya tahan cat pada sinar UV, tidak gampang menggelembung, anti jamur, tidak cepat pudar. Cat eksterior diperlukan disebabkan karena kondisi luar rumah yang terkena paparan langsung sinar matahari dan hujan sehingga bisa menyebabkan dinding mudah retak. 

Apabila timbul kerusakan pada dinding, maka akan memudahkan rembesan air hujan dan paparan sinar matahari langsung masuk ke dalam dinding atau tembok bagian dalam sehingga mengakibatkan timbulnya flek pada dinding dan mudah tumbuh jamur. 

Cat eksterior dengan bahan dasar air akan lebih murah dari sisi biaya dan mempunyai daya lengket yang kuat pada dinding. Sementara itu cat eksterior dengan bahan dasar minyak akan memberikan kesan mengkilap pada dinding, gampang dicuci, dan tidak cepat keropos. 

Cat jenis minyak bisa digunakan pada eksterior ataupun interior rumah, khususnya di ruang bermain anak yang umumnya mengeksplor diri dengan mencoret-coret dinding sehingga dengan cat yang memiliki bahan minyak akan menyebabkan dinding atau tembok gampang dibersihkan.

Cat mempunyai beragam kandungan dan umumnya cat berkualitas baik tidak dibuat dari bahan-bahan berbahaya, seperti aditif dan logam berat. Walaupun harga akan berbeda, tetapi kualitas cat perlu diperhitungkan, disamping memperhitungkan kelenturan lapisan cat, tekstur, dan warna serta kemudahan penerapannya.

Apabila saat ini Anda sedang mencari cat eksterior untuk memenuhi kebutuhan hunian atau rumah, cat Sunguard All-In-One adalah pilihan yang tepat. Pasalnya cat ini mampu menahan sinar matahari, khususnya sinar matahari Nusantara yang populer cukup panas. 

Sunguard All-In-One mampu memberi perlindungan terhadap beragam kondisi cuaca. Memberi ketahanan selama musim hujan, musim kemarau, serta paparan debu, kotoran, angin, dan lain sebagainya. Bahkan Sunguard All-In-One yang mampu membantu mengurangi suhu panas di dalam rumah.

Tidak hanya sampai di situ, berbekal teknologi UV Shield Pro menyebabkan cat Sunguard All-In-One mampu menahan sinar ultraviolet sehingga warna cat tetap cerah selama minimal 15 tahun. Sinar ultraviolet memang dipercaya bisa merusak dan membuat warna cat menjadi pudar seiring berjalannya waktu.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Cat Interior dan Cat Eksterior, Ini Perbedaannya yang Harus Anda Ketahui"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News