Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Serunya Merdeka Belajar di Kampus Merdeka


Kemendikbudristek (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi) telah mengeluarkan program terobosan baru untuk menawarkan kesempatan melatih minat dan bakat mahasiswa dengan cara terjun langsung ke dunia kerja. Disebut Kampus Merdeka dan mahasiswa dapat memilih serangkaian program yang kegiatannya pun akan dikonversi ke SKS (satuan kredit semester) masing-masing mahasiswa.

Melansir Instagram resmi Direktorat Dikti Vokasi dan Profesi di @diktivokasi, Kampus Merdeka adalah sebuah program Kemendikbudristek yang memberikan peluang untuk mahasiswa dan mahasiswi Indonesia untuk melatih kemampuan menurut bakat dan minat mereka dengan berkecimpung langsung ke dunia kerja.

Dengan mengikuti beragam program yang telah disediakan, mahasiswa diharapkan bisa merdeka belajar mengembangkan potensinya menurut minat dan bakat yang dimilikinya secara lebih luwes.

Daftar program-program yang terdapat di Kampus Merdeka yang dapat dipilih mahasiswa, antara lain:

1. Program Pertukaran Mahasiswa 

Program ini bertujuan agar mahasiswa mengenal keragaman Nusantara dan meluaskan jaringan akademik antarmahasiswa. Program ini dapat dibilang sebagai alat belajar lintas kampus. Untuk mahasiswa yang mengikuti program ini akan mendapatkan konversi sebanyak 20 sks.

2. Magang Bersertifikat

Program magang ini dapat diikuti selama 1 hingga 3 semester. Program magang bersertifikat ini mempunyai bobot sepadan 20 sks. Di program ini mahasiswa dapat belajar langsung di tempat kerja mitra sehingga bisa meluaskan jaringan dan hubungan dengan industri yang bersangkutan.

Mahasiswa akan memperoleh ilmu yang sesuai untuk diaplikasikan di dunia kerja kelak. Mitra program ini amat beragam seperti Glints, Gojek, Tokopedia, dan lain sebagainya.

3. Indonesian International Student Mobility (IISMA)

IISMA merupakan program mobilitas internasional yang menyediakan fasilitas bagi mahasiswa untuk belajar di perguruan tinggi mancanegara. Mahasiswa yang lolos seleksi berpeluang untuk kuliah selama 1 semester di perguruan tinggi yang dipilihnya. Program ini memiliki tujuan untuk menambah dan memperbanyak wawasan ataupun kompetensi mahasiswa, entah yang terkait dengan minat ataupun interpretasi lintasbudaya. Program ini berbobot 20 sks.

4. Studi Independen Bersertifikat

Program yang ini sesuai untuk mahasiswa yang mempunyai ide inovatif dan mempunyai minat untuk melakukan penelitian. Lamanya program studi independen sekitar 1 hingga 2 semester. Program studi independen berbobot sebanayak 20 sks. Menariknya lagi, pilihan studi tak mesti selaras dengan jurusan kuliah. Sehingga mahasiswa dapat melakukan lintas disiplin keilmuan sepanjang memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.

5. Proyek Kemanusiaan

Program ini mengikutsertakan mahasiswa untuk membantu dalam mengatasi bencana yang terjadi. Dengan hadirnya proyek kemanusiaan ini mahasiswa diharapkan dapat menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Disamping itu mahasiswa diharapkan bisa menambah kepekaan sosial dan memberikan solusi menurut keahliannya.

6. Riset atau Penelitian 

Program ini sesuai untuk mahasiswa yang mempunyai keinginan jadi seorang peneliti. Dalam program ini mahasiswa yang terpilih dapat belajar di laboratorium pusat riset. Program ini memiliki tujuan untuk menaikkan kualitas penelitian mahasiswa, ekosistem dan mutu riset di Indonesia.

8. Program Kampus Mengajar 

Program ini memberikan peluang untuk melatih keterampilan mengajar sekalian mengembangkan diri. Dalam program ini mahasiswa terpilih akan dijadikan mitra guru dalam suatu pembelajaran literasi, numerasi dan adaptasi teknologi bagi tingkat SD dan SMP. Program ini berlangsung selama 1 semester dan akan memperoleh akreditasi sampai 20 sks.

9. Program Wirausaha 

Selama menjalani program ini berlangsung, mahasiswa akan mengikuti berbagai kegiatan untuk peningkatan kompetensi enterprenership, membuat proposal wirausaha, menjalani kegiatan wirausaha di bawah bimbingan langsung dosen atau mentor kewirausahaan. Program ini bertujuan utama untuk menguatkan kemandirian ekonomi nasional dan menunjang percepatan ekonomi digital.

Tertarik merdeka belajar di kampus merdeka? Segera daftar lewat laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Serunya Merdeka Belajar di Kampus Merdeka"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News