Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Apa Perbedaan Antara Pipa PPR dan Pipa PVC? Dan Apa Keunggulan Kedua Pipa ini?

Apa perbedaan antara pipa PPR dan pipa PVC? Dan Apa Keunggulan Kedua Pipa ini?

Dalam beberapa tahun terakhir, dengan perkembangan ekonomi yang berkelanjutan dan kemajuan masyarakat yang berkelanjutan, industri konstruksi, municipal engineering, teknik pemeliharaan air, pertanian dan industri lainnya juga terus berkembang. Dan dalam industri ini, pipa PPR dan Pipa PVC adalah dua jenis pipa yang lebih umum digunakan, yang keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Jadi tentang perbedaan antara pipa PVC dan pipa PPR, berapa banyak yang Anda ketahui? Berikut ini informasi untuk Anda perbedaan antara pipa PVC dan pipa PPR.

1. Material Pembuatan Pipa

Kedua pipa tersebut terbuat dari bahan yang berbeda. Jika Pipa PPR merupakan pipa silinder lurus dan kaku, yang terbuat dari material plastik Polypropylene Random Copolymer, sehingga pipa ini  juga disebut pipa polipropilen tipe 3. Sedangkan pipa PVC  terbuat dari bahan polyvinyl chloride.

2. Warna Pipa

Ketangguhan pipa PPR lebih baik daripada pipa PVC, dan untuk warna  pipa PPR biasanya hijau, putih dan abu-abu. Sedangkan pipa PVC berwarna putih susu.

3. Ketebalan Dinding Pipa

Diameter pipa PPR dan PVC adalah sama, perbedaan terbesar adalah pada ketebalan dinding pipanya, tebal dinding pipa PVC lebih tipis dibanding pipa PPR.

4. Harga Pipa

Harga Pipa PVC lebih rendah dibandingkan harga pipa PPR.

5. Ketahanan Korosi

Pipa PPR memiliki ketahanan korosi yang baik, meskipun ketahanan korosi pipa PVC lebih baik dibandingkan pipa PPR. Namun disisi lain, pipa PVC tidak tahan terhadap suhu tinggi, lain halnya pipa PPR yang yang tangguh dan mampu menahan aliran air hingga suhu 95° C.

6. Aplikasi Penggunaan 

Pipa PPR merupakan pipa yang aman, tidak beracun dan juga tahan terhadap suhu tinggi dan rendah, serta tahan terhadap tekanan tinggi. Sehingga pipa PPR dapat digunakan sebagai pipa air dingin, pipa air dingin dan pipa air minum atau makanan cair. Sedangkan pipa PVC biasanya digunakan sebagai pipa air ledeng, pipa air bersih bertekanan, pipa air hujan, pipa kawat listrik dan pipa saluran pembuangan.

7. Bobot Pipa

Bobot pipa PPR lebih ringan dibandingkan bobot pipa PVC.

8. Masa Pemakaian

Jika penggunaan sesuai pengaplikasiannya, masa penggunaan pipa dapat mencapai lebih dari 50 tahun, dan pada suhu kamar masa pakainya hingga lebih dari 100 tahun. Sedangkan masa penggunaan pipa hingga 70 tahun.

Kelebihan Lain Pipa PPR Dibandingkan Pipa PVC 

1. Konduktivitas rendah

Pipa memiliki konduktivitas termal yang sangat rendah, sehingga ideal untuk sistem pasokan air dingin dan panas. Maka pipa ini digunakan di gedung-gedung atau pabrik makanan dan minuman, dan jika digunakan bersama-sama dengan glass wool insulation system maka akan memberikan efisiensi energi yang lebih besar.

2. Permukaan bagian dalam yang halus

Dibandingkan dengan jenis pipa konvensional lainnya, pipa PPR memiliki dinding atau permukaan bagian dalam yang sangat halus. Karena dindingnya yang halus, pipa hanya memiliki pengaruh kecil dalam hal tahanan gesek. Ini juga mengurangi tekanan selama dan pendistribusian fluida. Di sisi lain, pipa PPR tidak mengelupas, tidak seperti pipa logam, itulah mengapa ini adalah pilihan yang lebih aman untuk air minum.

3. Tahan Bahan Kimia & Tidak Beracun

Bahan kimia beracun yang berasal dari pasokan air kita merupakan ancaman bagi kesehatan kita, tetapi pipa dan fitting yang terbuat dari PPR adalah bahan baku yang tidak berbahaya karena materialnya yang non toxic. Pipa PPR bersifat tahan terhadap kontaminasi bahan kimia dan juga dapat digunakan untuk aliran air ataupun minum atau makanan cair. Dengan demikian, tidak akan membawa zat beracun yang akan mempengaruhi kesehatan orang yang meminum air darinya. Dan itu tidak hanya aman untuk tubuh kita, tetapi juga aman untuk lingkungan. Karena tidak beracun, setiap produksi atau pemasangan sistem perpipaan PPR tidak akan mengakibatkan polusi.

4. Anti Karat

Pipa PPR telah menjadi pipa yang popular di dunia dan sudan menggeser penggunaan pipa logam yang materialnya tidak tahan karat dan bobotnya yang berat.

5. Higienis

Dengan bahan baku yang tidak mudah rusak, membuat pipa PPR merupakan produk pipa yang higienis yang berstandar Food Grade yang aman untuk saluran pipa air minum dan makanan cair. 

6. Permukaan yang licin

Dengan permukaan pipa yang licin, kemungkinan adanya penumpukan kotoran di sepanjang pipa sangat kecil. Sehingga saluran pipa bebas dari resiko penyumbatan kotoran.

7. Tahan Abrasi

Salah satu penyebab penggunaan pipa yang pendek adalah abrasi. Tapi tidak untuk pipa PPR, di mana pipa ini bersifat tahan abrasi, sehingga dapat digunakan hingga lebih dari 50 tahun lamanya.

8. Ringan

Dengan material pipa PPR yang ringan, membuat pipa PPR gampang dibawa kemana saja dan saat instalasinya.

9. Ramah Lingkungan

Dengan bahan baku PPR Tipe 3, merupakan salah satu diantara bahan plastik yang ramah lingkungan yang bisa didaur ulang.

Pilih Mana Pipa PPR Atau Pipa PVC ?

Dengan adanya penjelasan dari kedua pipa tersebut baik perbedaan maupun keunggulannya semoga artikel ini bisa membantu dalam memutuskan pipa mana yang akan Anda gunakan untuk kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan sistem perpipaan PPR atau pun PVC, maka Anda dapat mengunjungi halaman kami dan bertanya hari ini. Kami Raja Pipa Indonesia adalah supplier dan distributor pipa industri yang jual pipa PPR dan jual pipa PVC terlengkap berbagai jenis, tipe, merk dan ukuran.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Antara Pipa PPR dan Pipa PVC? Dan Apa Keunggulan Kedua Pipa ini?"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News