Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

3 Tahapan Rekrutmen Pegadaian


Pegadaian adalah sebuah lembaga BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang menawarkan jasa peminjaman uang kepada masyarakat dengan jaminan benda milik pribadi bagi masyarakat yang ingin melakukan pinjaman uang. Bila suatu barang digadaikan untuk mendapatkan pinjaman dari Pegadaian, maka pada waktu yang telah ditentukan, peminjam boleh membeli kembali atau menebus kembali barang yang telah digadaikan.

Bagi para pencari kerja yang ingin berkontribusi di BUMN, PT Pegadaian sedang membuka lowongan pekerjaan. Para kandidat pekerja bisa langsung mengajukan lamaran secara digital, serta memilih posisi yang diinginkan dengan melihat di website PT Pegadaian.  

Adapun tahapan proses rekrutmen Pegadaian yang harus dilalui oleh calon pekerja untuk dapat bekerja di PT Pegadaian adalah sebagai berikut:

1. Screening Call Process

Jika perusahaan menganggap dokumen dan aplikasi cocok, proses berikutnya yang akan dilalui merupakan screening call. Pada tahap ini, HRD akan menghubungi secara langsung melalui email atau via panggilan telepon. Tujuan dari panggilan ini adalah untuk menetapkan apakah kandidat benar-benar tertarik dengan lowongan dan memenuhi syarat minimal untuk lanjut ke tahap selanjutnya. Dengan cara ini, hanya pelamar terbaik yang akan berlanjut ke tahap perekrutan berikutnya.

2. Interview Process

PT Pegadaian umumnya membagi empat tahap wawancara seperti di bawah ini.

a. Wawancara HRD dan administrasi

b. Tes Psikotes

c. Wawancara dengan user

d. Medical check up (biasanya untuk sistem Mass Hiring)

Sebelum wawancara berlangsung, pastikan kondisi psikis dan mental dalam keadaan bugar. Hal ini penting agar calon pekerja terlihat meyakinkan dan bisa menjawab pertanyaan dengan baik.

3. Reference Check

Permintaan referensi merupakan salah satu cara HRD untuk mengetahui bagaimana latar belakang kandidat melalui rekan kerja atau atasan sebelumnya. Di sini mereka akan menghubungi referensi yang calon pekerja berikan dan menanyakan perihal kualitas kerja dan kepribadian. Apabila dirasa sesuai dengan budaya kerja di perusahaan, kemungkinan besar akan berlanjut ke tahap selanjutnya dalam proses lamaran kerja.

4. Penawaran / Offering 

Tahap ini merupakan salah satu bagian dari alur lamaran kerja terakhir yang menentukan apakah kedua belah pihak bisa sepakat untuk bekerja. Biasanya perusahaan BUMN seperti PT Pegadaian telah menetapkan rentang benefit sesuai golongan dan posisi pekerjaannya.  

Untuk dapat bekerja di PT Pegadaian, calon pekerja diharapkan menyiapkan berkas yang telah ditentukan serta menjalankan proses rekrutmen. Sehingga apabila calon pekerja memenuhi panggilan dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan, maka calon pekerja dapat bekerja di lokasi kantor Pegadaian yang ditentukan kemudian.

Sumber:

https://kamus.tokopedia.com/p/pegadaian/

https://glints.com/id/lowongan/lamaran-kerja/#.YZwr0mBBzIU


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "3 Tahapan Rekrutmen Pegadaian"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News