IBX5B7AAC72C70DE Kenali Cara Cetak Stiker yang Tepat Menurut Jenis Bahannya - Serambi Bisnis -->

Kenali Cara Cetak Stiker yang Tepat Menurut Jenis Bahannya


Stiker mempunyai banyak fungsi. Disamping untuk keperluan bisnis dan komunitas, stiker pun dapat bermanfaat untuk kebutuhan pribadi. Meskipun cara cetak stiker gampang-gampang susah, namun cetak stiker tetap banyak dilakukan orang karena kehadiran stiker tetap informatif. Seperti menunjukkan benda itu milik Anda atau menjelaskan fungsi benda itu. Kecuali itu, stiker pun bisa menjadi suatu aksesoris atau mempunyai nilai estetika khusus pada benda-benda koleksi pribadi dengan memperlihatkan karakter Anda. 

Sementara itu untuk keperluan usaha atau kantor, stiker dapat berfungsi untuk melabeli benda atau produk dan meningkatkan nilai elegan atau citra yang perusahaan itu miliki. Kecuali itu, cetak stiker dalam jumlah banyak dapat menjadi ajang promosi dari perusahaan sebab saat mendapatkan stiker bisa saja ditempel di kendaraan. 

Ternyata stiker yang kerap Anda beli itu memiliki jenis bahan yang beragam. Salah satu diantaranya adalah peruntukan dari stiker itu, baik outdoor maupun indoor, mesti menggunakan jenis kertas stiker tertentu. Jadi cara cetak stiker pun tidak asal-asalan. Harganya juga  cukup beragam sehingga Anda mesti dapat menentukan kegunaan dari stiker yang Anda cetak tersebut. Apakah telah terpenuhi dengan jenis bahan kertas cetak stiker tersebut. 

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda pahami terlebih dulu jenis-jenis stiker yang ada di pasaran. Jangan sampai Anda salah cetak stiker karena cara cetak stiker akan berbeda lantaran umumnya disesuaikan dengan jenis bahannya, yakni jenis kertasnya. Akhirnya kualitasnya tidak seperti yang Anda ekspektasikan. Bila sudah demikian, Anda juga yang rugi, bukan?  

Vinyl

Kertas jenis ini memiliki daya tahan yang amat baik di luar ruangan di cuaca ekstrim sekalipun. Walaupun diperuntukan di luar ruangan, stiker inipun dapat Anda gunakan di dalam kantor maupun ruangan. Dengan lain kata jika Anda mencetak stiker di atas bahan kertas vinyl hasilnya akan tahan lama.

Bahan kertas berjenis vinyl ini mesti memakai mesin print laserjet dalam proses cetaknya. Dengan demikian biaya yang Anda butuhkan juga lebih besar ketimbang jenis kertas stiker biasa yang memakai tinta inkjet. Biaya yang mesti dikeluarkan guna mencetak stiker ini cukup mahal. Namun Anda tidak perlu lagi menambahkan lapisan glossy lantaran kertas ini telah memiliki efek mengkilap, tetapi Anda dapat memakai lapisan doff walau tidak terlalu nampak. 

HVS

Kertas stiker jenis satu ini seperti kertas biasa. Di samping itu, jenis kertas ini memiliki ukuran yang umumnya printer rumahan. Dengan demikian kertas jenis ini tidak butuh memakai tinta khusus dan Anda dapat memakai secara langsung ketika mencetak stiker di rumah. 

Tetapi, stiker jenis ini memiliki daya rekat yang standar dan gampang bermasalah saat kena air walau cuma setetes dan sekali. Dapat dibilang, bahan ini tergolong ke dalam hasil cetak stiker murah dengan kualitasnya yang kurang baik bila untuk dipasarkan. 

Chromo

Kertas chromo lebih kerap dipakai sebab harganya yang lebih murah daripada vinyl. Cetak stiker dengan bahan ini lebih kerap untuk keperluan label kemasan, pemilu, promo atau aktivitas yang memerlukan stiker yang banyak sekali. 

Fisik kertas stikernya yang licin menjadikannya cocok dipakai untuk cetak separasi. Walau stiker ini gampang luntur terkena hujan dan gesekan, Chromo memiliki daya rekat yang amat kuat sehingga dapat menjadi alternatif untuk stiker di dalam ruangan atau produk yang tak terkena cuaca ekstrem. 

Bontax

Kertas stiker jenis ini lebih sering dipakai untuk keperluan label produk seperti pada standing pouch. Kertas Bontax memiliki daya rekat yang amat kuat sehingga label tetap aman walau banyak orang yang melihat dan memegang produk yang dilabeli cetak stiker ini. 

Kekurangan kertas jenis yang ini nampak seperti kertas pada umumnya. Tetapi Anda dapat menghemat biaya lantaran dapat memakai tinta inkjet dan menambahkan laminasi yang bisa menguatkan daya tahan stiker dan mempercantik hasil cetak stiker ini. 

Chrome

Fitur unik dari kertas jenis satu ini adalah lapisan kilap yang menjadikannya lebih menarik. Jika Anda lihat dari jauh kertas stiker ini akan menyajikan efek berkilau. Tetapi, Anda tidak dapat mencetak stiker di kertas ini lantaran fungsi utamanya mencegah kendaraan dari gesekan langsung dan memberi tahu pengendara lainnya bahwa terdapat kendaraan lain di depannya. 

Yupo

Stiker dari jenis kertas satu ini memiliki daya tahan yang amat baik terhadap minyak, bahan kimia, dan air. Umumnya kertas ini dibuat dari bahan sintetis sehingga cocok sekali untuk label di perusahaan manufacturing yang mencetak label atau barcode. 

Gold Foil

Kertas stiker yang memiliki warna kemasan ini kerap dipakai untuk stiker yang ingin menyajikan warna kemilau nan elegan. Tetapi Anda yang ingin mencetak stiker jenis ini mesti memakai lem khusus buat kertas jenis ini. Di samping itu, lem yang dipakai terpisah tidak seperti pada kertas stiker kebanyakan.  

Kini Anda sudah tahu beragam jenis bahan stiker dan cara cetak stiker tersebut yang butuh alat dan keahlian khusus. Jadi mulai saat ini jangan asal cetak stiker cuma karena tergoda harganya yang murah. Anda mesti memerhatikan pula kualitas hasill cetaknya apakah sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Apabila Anda ingin mencetak stiker dengan hasil yang berkualitas serta harganya terjangkau kini bisa didapat melalui jasa printing dan cetak stiker berkualitas Sinar Pelita Printing. Di Sinar Pelita Printing sekarang cetak stiker bisa dipesan atau dilakukan secara online melalui https://sinarpelitaprinting.com/

Nah, tunggu apa lagi? Yuk buruan pesan cetak stiker dan cetak kemasan di Sinar Pelita Printing. Untuk informasi lebih lanjut tentang prosedur pemesanan, Anda bisa menghubungi nomor kontak 082261226262.


Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kenali Cara Cetak Stiker yang Tepat Menurut Jenis Bahannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata