IBX5B7AAC72C70DE Pentingnya Ketelitian Sebelum Memilih Sewa Gudang atau Warehouse untuk Aktivitas Bisnis - Serambi Bisnis -->

Pentingnya Ketelitian Sebelum Memilih Sewa Gudang atau Warehouse untuk Aktivitas Bisnis


Dalam dunia bisnis gudang adalah salah satu faktor utama dalam aktivitas produksi dan perdagangan. Produk atau barang dagangan yang disimpan dengan baik akan lebih terjaga dan tidak gampang rusak. Namun tidak semua perusahaan atau pemilik usaha mempunyai ruang penyimpanan sendiri. Sewa gudang atau warehouse merupakan alternatifnya.

Sebelum Anda menentukan untuk memilih sewa gudang, alangkah baiknya memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak menyesal di kemudian hari. Karena bila tidak teliti dalam mempertimbangkannya hasilnya tidak sesuai dengan harapan.

Mengenal Fungsi Gudang Dalam Dunia Bisnis

Menurut fungsinya gudang terdiri dari dua fungsi yakni sebagai tempat penyimpanan dan tempat distribusi.

Produk atau barang yang akan didistribusikan atau disalurkan umumnya tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk disimpan. Jadi tidak membutuhkan tempat yang terlampau luas, tetapi akan memerlukan lokasi yang strategis.

Contohnya untuk mendistribusikan sepatu ke toko-toko di pusat kota, tentunya akan lebih baik lagi untuk memilih sewa gudang di kawasan perkotaan atau yang tidak terlampau jauh dari kota. Sedangkan gudang untuk tempat penyimpanan membutuhkan lokasi yang luas. Maksudnya tentu saja supaya barang tidak rusak, khususnya dengan jumlah barang yang banyak.

Pertimbangan yang lainnya ketika akan sewa gudang adalah anggaran. Entah untuk penyediaan sumber daya manusia (tenaga kerja), sewa gedung, serta transportasi. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mempertimbangkan kondisi geografis lingkungan gudang itu. Apakah lokasinya termasuk daerah rawan banjir, sulit air dan lain sebagainya.

Bila Anda sudah mendapatkan gudang yang tepat, janganlah sampai buru-buru membayar uang sewanya. Pasalnya terdapat banyak hal yang harus diperhatikan supaya terlepas dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini beberapa pertimbangan saat memilih gudang untuk sewa warehouse.

Kepemilikan gudang

Sebelum terjadi kesepakatan, pastikanlah kepemilikan gudang itu dan periksa bukti-bukti kepemilikannya. Bukti kepemilikan tersebut dapat berbentuk IMB. Bila pihak yang menyewakan gudang tidak dapat menunjukkan bukti kepemilikan, maka tanyakan kepadanya alasannya.

Andaikan status bangunan gudang tengah dalam jaminan pada pihak lain, ada baiknya mintalah izin secara tertulis dari pemegang jaminan yang isinya menyatakan bahwa ia tak keberatan bila bangunan tersebut disewakan. Kejelasan kepemilikan bangunan gudang amat penting sekali lantaran secara hukum Anda yang menjadi penyewa akan lebih terjamin.

Penyediaan bangunan

Ketelitian merupakan hal penting yang mesti dimiliki penyewa. Untuk itulah coba cermati alokasi bangunan di lingkungan itu. Tidak sedikit bangunan di sekitar perumahan yang kadang-kadang dilarang untuk bongkar muat barang, membuka usaha, dan lain sebagainya. Bila pemilik mengatakan memberikan dispensasi, sebaiknya Anda memeriksa kebenarannya ke lembaga atau dinas terkait.

Surat perjanjian sewa

Buatlah perjanjian secara tertulis ketika Anda telah sepakat menyewa gudang tersebut. Bila perlu, tuliskan prosedur penyewaan gudang tersebut dan apa saja hal-hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Isi perjanjian pun harus mencakup mengenai biaya perbaikan atau maintenance. Walaupun umumnya ditanggung oleh pemilik, tetapi bisa saja kan pemilik sewaktu-waktu akan meminta Anda untuk mengganti biaya itu.

Memilih ruang penyimpanan produk atau barang mestilah teliti dan memperhitungkan berbagai faktor. Shipper adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang membutuhkan ruang penyimpanan untuk kebutuhan bisnis, baik skala kecil maupun besar. 

Shipper ialah salah satu agregator logistik dan warehouse di Tanah Air yang menyediakan sewa gudang terpercaya dan jasa pengiriman barang. Shipper dapat menjadi solusi jasa pergudangan yang nyaman, aman, dan praktis untuk mengakomodasi keperluan usaha Anda.

Mengapa mesti memakai warehouse Shipper? Karena Shipper sudah berpengalaman dalam menyelenggarakan layanan penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman barang/produk bisnis. Bahkan warehouse Shipper telah memiliki lokasi strategis dan berkedudukan di berbagai pusat kota yang gampang ditemui dari mana pun. Dengan memanfaatkan jasa sewa gudang Shipper Anda dapat menentukan sendiri paket layanan yang cocok dengan keperluan bisnis Anda.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pentingnya Ketelitian Sebelum Memilih Sewa Gudang atau Warehouse untuk Aktivitas Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata