IBX5B7AAC72C70DE Yuk Kurangi Konsumsi Nasi Putih Demi Kesehatan, Ini 6 Manfaatnya! - Serambi Bisnis -->

Yuk Kurangi Konsumsi Nasi Putih Demi Kesehatan, Ini 6 Manfaatnya!

Nasi putih menjadi sumber karbohidrat mayoritas masyarakat Indonesia. Walau tidak sedikit penggemarnya, nasi ini sering dikira tidak baik, khusus untuk orang yang tengah menjalankan diet.

Pasalnya, makanan ini memiliki kandungan indeks glikemik 64, termasuk sedang yang mengarah tinggi sehingga bisa menaikkan kadar gula darah dan meningkatkan berat badan.

Walau begitu, nasi putih sebetulnya kaya akan nutrisi, mulai dari vitamin, mineral sampai gizi utama seperti protein dan karbohidrat. Dalam satu porsi (sekitar 186 gram) nasi putih mempunyai kandungan protein sebanyak 4,4 gram, serat sebanyak 0,6 gram, karbohidrat sebanyak 53,4 gram, lemak sebanyak 0,4 gram, dan kalori sebanyak 242 Kkal.

Sejumlah vitamin pun ada di dalamnya, khususnya vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, dan tiamin. Makanan ini pun dapat dijadikan sumber mineral sebab di dalamnya pun terdapat magnesium, mangan, dan zat besi. Tetapi ketimbang nasi berwarna, seperti nasi merah ataupun cokelat, nasi putih memang memiliki kandungan serat lebih sedikit.

Pada umumnya, orang yang tengah menjalani program diet akan mengurangi konsumsi nasi putih untuk kesinambungan diet itu. Mereka dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan lain yang berkarbohidrat, tetapi berkalori rendah sebagai penggantinya.

6 Manfaat Mengurangi Nasi Putih untuk Kesehatan

Nah, berdasarkan pendapat para ahli gizi, mengkonsumsi nasi putih, terlebih dalam jumlah yang berlebihan, maka akan menyajikan dampak buruk untuk kesehatan. Akan tetapi dengan mengurangi makan nasi putih, Anda akan memperoleh manfaat yang baik untuk tubuh. Apa saja manfaat yang baik tersebut? Berikut ini 6 manfaat mengurangi nasi putih bagi kesehatan yang dirangkum dari beragam sumber.

1. Mengurangi Kadar Gula Darah
Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan supaya kadar gula darah tetap terkendali. Salah satu diantaranya dengan mengurangi nasi putih. Pasalnya terlampau banyak makan nasi putih juga tidaklah baik, bisa-bisa mengakibatkan gula darah naik. Mengapa begitu? Hal ini dikarenakan lantaran nasi penuh karbohidrat yang bisa menaikkan kadar produksi gula di dalam tubuh.

2. Mencegah Sembelit
Anda kerap mengalami sembelit, terlebih saat usai makan? Kalem saja, hal ini tidak akan lagi Anda alami, bila Anda dapat mencegahnya. Caranya amat mudah. Anda cuma butuh mengurangi makan nasi putih saja karena nasi putih memiliki kandungan sedikit serat. Alhasil, usahakanlah untuk tak terlampau banyak mengkonsumsi nasi putih supaya sembelit tidak lagi Anda alami.

3. Menurunkan Risiko Alergi
Beberapa orang sering merasakan alergi, umumnya alergi itu dikarenakan mengkonsumsi nasi putih. Agar alergi bisa teratasi, Sebaiknya Anda mengurangi konsumsi nasi putih supaya alergi dapat teratasi. Dengan langkah itu secara langsung akan menurunkan risiko timbulnya alergi yang umumnya tampak dengan gejala bersin, gatal-gatal, sampai sesak napas.

4. Menurunkan Risiko Obesitas
Tak cuma berguna untuk menurunkan risiko alergi, dengan tidak mengkonsumsi nasi putih pun bisa menurunkan risiko obesitas. Nasi putih yang dikonsumsi memang nanatinya akan berubah jadi energi atau tenaga. Namun bila kita sendiri saja enggan berolahraga dan malas bergerak, maka nasi yang dikonsumsi cuma akan menjadi timbunan lemak dan menjadikan berat badan kian bertambah. Tentu saja Anda tidak mau kan hal itu dialami? Oleh kerena itu mulai sekarang mari kurangi nasi putih.

5. Sistem Pencernaan Lebih Lancar
Dengan tidak mengkosumsi nasi putih akan menjadikan sistem pencernaan menjadi semakin lancar. Pasalnya, karbohidrat yang terdapat di dalamnya bisa mengakibatkan timbulnya gangguan pencernaan bila dimakan secara terus-terusan.

6. Menurunkan Berat Badan
Bila dibandingkan dengan mengkonsumsi nasi merah atau nasi cokelat, mengkonsumsi nasi putih akan membuat Anda terasa lebih mudah lapar. Pakar kesehatan menyatakan kalau kandungan pati di dalam nasi putih itulah yang membuat Anda mengalami hal itu. Itu dia kenapa mengurangi konsumsi nasi putih akan membuat Anda terhindar dari hasrat untuk makan berlebihan.

Masih penasaran ingin mengetahui manfaat lainnya dari mengurangi makan nasi putih. Silakan Anda coba berkonsultasi dengan pakarnya di Halodoc. Halodoc adalah sebuah perusahaan teknologi Tanah Air yang memberikan layanan telekonsultasi kesehatan. Anda tidak hanya dapat  bertanya mengenai segala hal tentang kesehatan atau penyakit, namun booking dokter serta janji ketemuan dengan sang dokter pun bisa Anda lakukan. Melalui aplikasi Halodoc juga Anda bisa cek lab dan membeli obat secara online lho.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Yuk Kurangi Konsumsi Nasi Putih Demi Kesehatan, Ini 6 Manfaatnya!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata