IBX5B7AAC72C70DE Desa Wisata Tumang Cepogo Hasilkan Kerajinan Tembaga Terbaik di Boyolali - Serambi Bisnis

Desa Wisata Tumang Cepogo Hasilkan Kerajinan Tembaga Terbaik di Boyolali

Dusun Tumang yang merupakan salah satu dukuh di Desa Cepogo Kabupaten Boyolali ini terkenal dengan kerajinan logamnya sejak zaman dulu. Kerajinan logam yang amat popular di tengah masyarakat adalah kerajinan berbahan dasar tembaga dan kuningan. Kerajinan tembaga dari Cepogo tersohor dengan kualitasnya yang terbaik.

Aneka ragam produk kerajinan logam tembaga dari Tumang, Cepogo, Boyolali diantaranya berbentuk ukiran relief, wastafel, handle pintu, patung setengah badan, patung hewan abstrak, bathtub, lampu dinding, lampu stand, lampu gantung (robyong), logo, kubah masjid, kerajinan air macur, vas bunga, guci, bowl, kaligrafi, kerajinan meja, dan lain-lain. Beberapa produsen kerajinan logam Cepogo bisa membuat kerajinan logam secara customize menurut kemauan dari customer.

Para pembuat kerajinan logam tembaga Cepogo biasanya adalah perajin yang turun-temurun. Mereka mampu menerima beragam proyek kerajinan logam secara personal maupun instansi, baik instansi swasta atau instansi pemerintahan. Mereka tak cuma menerima order kerajinan logam secara customize, tetapi pula menjual kerajinan berbahan tembaga dan kuningan yang ready stock. Mereka selalu siap guna memberikan layanan terbaiknya kepada setiap customer dengan mementingkan kualitas produk.

Kerajinan logam tembaga khas Desa Cepogo termasuk unik. Hal ini disebabkan oleh cara pengolahan, teknik penempaan serta pengukiran tembaganya masih dilakukan secara tradisional. Ketrampilan ini sulit lantaran diwariskan dengan cara turun-temurun. Malahan tidak sedikit dari para pemuda di Desa Cepogo ini belajar kerajinan logam dari mulai usia dini, diawali dari observasi sampai membuat sendiri.

Hasil buatan dari Cepogo ini dilakukan dengan tangan langsung dengan sedikit bantuan mesin. Proses pengecoran dan pengukirannya pun dikerjakan dengan cara manual. Hal ini merupakan keunggulan tersendiri dari kerajinan logam tembaga khas dari Cepogo Boyolali.

Tentu timbul pikiran bahwa apakah ada orang yang memakai peralatan memasak dari bahan tembaga di dapur mereka? Sejumlah kalangan menggunakannya karena dianggap lebih tahan lama dan bebas dari karatan. Sementara itu yang lainnya, menjadikan produk kerajinan logam tembaga tersebut sebagai pajangan dan hiasan di sudut sudut rumah.

Beragam macam buatan itu merupakan hasil dari inovasi dan kreativitas dari masyarakat Desa Cepogo. Malah terdapat sejumlah perajin yang berani melakukan studi banding ke luar kota dan luar negeri guna mengetahui jenis produk yang tengah trend di kalangan kolektor sekaligus mencari terobosan baru untuk melebarkan jangkauan bisnis.

Kerajinan logam tembaga lokal khas Desa Cepogo telah diakui secara internasional. Lebih dari 50% produk kerajinan tembaganya sudah diekspor ke luar negeri. Sebanyak 53% produk kerajinan tembaganya diekspor ke Amerika Serikat, Malaysia, Australia, dan Perancis. Sedangkan sisanya dijual ke pasar lokal untuk memenuhi pasar dalam negeri seperti Semarang, Bandung, Yogyakarta, Bali, Surabaya, dan Jakarta. 

Pada era revolusi industri 4.0 ini, cara memasarkan produk tidak door to door seperti di zaman dulu. Sosial media dan berbagai acara yang diprakarsai oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Badan Ekonomi Kreatif dimanfaatkan secara baik olah para perajin membuat kerajinan logam tembaga warisan leluhur masyarakat Desa Cepogo Kabupaten Boyolali ini tetap memperlihatkan keberadaannya. Kerajinan logam tembaga lokal ini pun menjadi lebih gampang diakses dan cepat dikenal oleh masyarakat dunia. 

Inilah yang membuat Cepogo selaku salah sebuah destinasi unik yang layak untuk dikunjungi. Disamping berbelanja barang kebutuhan rumah tangga, anda pun dapat menyaksikan langsung proses pembuatan tradisional yang masih tetap dipertahankan oleh para pengrajin setempat. Kerajinan tembaga terbaik di Boyolali ini dapat dipesan di https://kerajinantembaga.id. Di sini semua jenis atau model dapat dipesan.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata