Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Hal yang Menyebabkan Haid Tidak Tepat Waktu

Saat kamu mengalami haid yang tidak rutin, baik tanggalnya mundur jauh atau tamu bulanan hanya datang dua bulan sekali ada baiknya kamu mencurigai hal-hal tersebut. Alasan tersebut dapat muncul juga karena bentuk respon tubuhmu terhadap masalah yang terkait dengan keteraturan. Penyebab haid tidak teratur akan di uraikan di bawah ini.

Alasan Tidak Rutin Mengalami Haid

1. PCOS (sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome)
Sindrom ovarium polikistic adalah keadaan pada sistem metabolisme dan hormon dalam tubuh terjadi kelainan. Hal itu menyebabkan terganggunya fungsi dari indung telur pada rahim. Mengakibatkan kamu tidak mengalami haid sama sekali atau berhenti. Dapat juga terjadi haid yang terlambat. Pengaruh dari keadaan tersebut dapat berpengaruh pada kesuburanmu.

Yang menjadi penyebab pcos belum dapat diketahui secara tepat, para dokter menduga bahwa ada hubungannya dengan keadaan lain, contohnya sindrom pada metabolik dan resistensi insulin. Gejala yang dapat kamu alami saat menderita pcos adalah berat badan meningkat, tumbuhnya rambut yang berlebihan di perut, dada, dan wajah, sulit mendapatkan momongan, serta timbulnya jerawat.

2. Perokok
Bagi kamu yang menjadi perokok, hal itu dapat mengakibatkan haidmu menjadi terganggu. Masalah haid yang terganggu dapat berupa denga kamu mengalami haid  tidak rutin. Saat kamu merokok, terdapat kandungan zat-zat yang berbahaya untuk tubuhmu dan orang lain. Seperti contoh nikotin dalam rokok yang dapat memberi pengaruh hormon pada wanita yang berperan dalam siklus haid.

3. Berhenti mengalami haid (menopause) lebih awal

Kamu yang berumur di bawah 40 tahun dapat tidak mengalami haid sama sekali jika tejadi menopause lebih awal atau dini. Banyak wanita yang mulai masuk dalam fase menopause saat berusia 45 tahun hingga 55 tahun. kondisi menopause adalah keadaan di mana rahim tidak melepaskan sel telur kembali atau berhenti. Menyebabkan tidak terjadinya haid atau terlambat haid.

Adapun cara melancarkan haid di antaranya adalah melakukan olahraga yang teratur, kamu mempunyai waktu istirahat cukup, menghindari kafein, dan aktivitas berat juga perlu kamu hindari. Kamu juga membutuhkan konsumsi air putih yang banyak, karena air putih adalah cara alami dalam melancarkan siklusmu. Kamu pun dapat memaksimalkan aktivitasmu dengan pembalut dari Laurier.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.