Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Cara Tepat Memilih Kursus Bahasa Inggris yang Bagus, Terpercaya, dan Murah

English First adalah salah satu lembaga pendidikan di bidang bahasa terbesar yang ada di dunia. EF Education selama ini fokus pada bidang Bahasa Inggris, wisata edukasi, dan pertukaran budaya antar-negara. Membanderol harga les ef dengan nominal yang cukup, EF dinilai sebagai lembaga yang menawarkan program pendidikan dengan kualitas premium. Sebagai bahasa yang digunakan secara internasional, Bahasa Inggris menjadi bahasa kedua yang sepertinya wajib dipelajari oleh orang-orang setelah bahasa ibu mereka. Itulah mengapa kini semakin banyak kursus bahasa Inggris yang muncul di Indonesia. Program dan fasilitas yang ditawarkan pun bermacam-macam bentuknya. Apabila kamu termasuk salah satu di antaranya, kamu bisa menyimak beberapa Cara di bawah ini.

Tentukan Tujuan Mengikuti Kursus
Sebelum mendaftar, kamu harus menentukan tujuan dengan jelas. Jangan sampai kamu hanya mengikuti tren atau karena semua temanmu melakukan hal tersebut. Menentukan tujuan akan sangat membantu dalam menemukan bimbingan bahasa inggris yang tepat. Apakah kamu ingin meningkatkan skor TOEFL atau TOEIC? Mengembangkan skill dalam bidang conversation? Atau mungkin menambah pengetahuan tentang grammar? Setelah itu, kamu bisa melakukan riset mini tentang kursus bahasa Inggris mana saja yang memiliki program sesuai dengan tujuan kamu. 

Lokasi Kursus dan Gedung yang Digunakan
Apabila kamu mencari kursus bahasa Inggris yang mematok harga cukup murah, hal yang bisa kamu jadikan petunjuk adalah gedung dan lokasi kursus mereka. Kursus bahasa Inggris di pusat kota, misalnya, tentu akan memiliki harga yang cenderung mahal, terlebih jika mereka menggunakan bangunan gedung yang cukup besar. Ada pula beberapa kursus bahasa Inggris yang mengambil lokasi di dalam mall. Suasananya memang enak, tetapi tentu biaya yang harus kamu keluarkan tidaklah sedikit.

Jangan Mau Membayar Kontan
Nilai dari mahal atau murahnya sesuatu sebetulnya bersifat relatif. Hal yang kamu anggap murah bisa saja dianggap mahal oleh orang lain, begitu juga sebaliknya. Bisa saja orang tuamu menganggap harga tersebut cukup murah untuk kursus bahasa Inggris. Tetapi, berapapun biaya yang dipatok, jangan pernah mau apabila kursus bahasa Inggris meminta kamu untuk membayarnya secara kontan di awal pendaftaran.

Lulusan Tenaga Pengajar
Pada kursus bahasa Inggris dengan biaya relatif mahal, tenaga pengajar yang direkrut biasanya harus merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Negeri ternama atau luar negeri. Beberapa kursus bahasa Inggris bahkan memiliki tenaga pengajar asing. Hal ini tidak jarang dijadikan sebagai nilai jual agar dapat menarik minat target peserta kursus mereka. Berbeda dengan kursus bahasa Inggris berharga relatif murah yang beberapa tenaga pengajarnya bahkan mungkin masih kuliah.
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News