Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Bisnis Startup Adalah Perusahaan Santai Namun Tetap Profesional

Berkembangnya bisnis startup beberapa tahun belakangan ini membuat setiap pelaku bisnis melihat adanya peluang yang sangat menjanjikan dengan bisnis yang satu ini. Apalagi dengan bisnis startup juga malahan keuntungan dan profit yang bisa di dapatkan akan jauh lebih cepat dan juga jauh lebih menjanjikan sehingga malah membuat bisnis ini semakin menyedot perhatian orang banyak. Dengan semakin majunya dan berkembangnya media internet saat ini membawa setiap orang perlu mengeluarkan ide kreatif yang dimilikinya, sehingga kita juga dipaksa untuk menjadi seseorang yang tidak harus kaku dalam menjalankan sebuah bisnis dan bahkan bisa jauh lebih fleksibel, tentunya dengan bisnis terbaru startup yang akhir- akhir ini menyedot perhatian publik.

Mungkin sebagian dari masyarakat awam masih juga ada yang belum paham betul sebenarnya apa sih bisnis startup? Lalu bagaimana menciptakan bisnis seperti ini dan apa saja hal-hal yang perlu kita lakukan di dalamnya. Nah, bisnis startup adalah sebuah perusahaan yang bisa dikatakan masih cukup baru dan tentunya belum lama beroperasi. Bahkan untuk pengembangannya sendiri masih dalam tahap penelitian agar bisa mendapatkan konsumen yang memang benar- benar pas dan juga tepat.  Bisnis startup juga merupakan salah satu jenis bisnis yang memang perkembangannya bisa jauh lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan- perusahaan lainnya.


Awal mulanya bisnis starup sudha mulai popular di Indonesia itu sejak tahun 90 an, hampir sebagian besar bisnis startup memang sangat memanfaatkan teknologi digital, seperti website, internet, media internet dan juga hal-hal lainnya yang memang memiliki keterkaitan dengan industri digital. Di negara kita Indonesia, bisnis startup memang belum bisa dikatakan sepopular di Amerika bahkan di berbagai negara-negara maju lainnya. Tapi meskipun demikian, perkembangan usaha startup ini cukup mengambil perhatikan publik dan juga perkembangannya sangat bagus. Meskipun seringkali dikaitkan dengan dunia digital, namun memang tidak semua bisnis startup juga akan dihubungkan dengan teknologi dunia digital, namun memang kebanyakan perusahaannya masuk ke dalam kategori digital, padahal kita juga bisa menemukan jenis bisnis pertanian, kuliner dan jenis lainnya tapi masuk ke dalam bisnis startup.

Perusahaan startup umumnya masih dalam tahap perkembangan, dan usia perusahaannya sendiri belum mencapai 3 tahun. Jika pada berbagai perusahaan umumnya kita bisa melihat ada banyak sekali karyawan di dalamnya, dan juga menggunakan seragam yang sangat rapi, namun hal tersbeut akan sangat berbeda kita lihat dari bisnis startup. Dimana untuk jumlah karyawan bisnis startup ini biasanya tidak akan lebih dari 20 orang saja, serta untuk seragam yang digunakan juga berbeda dengan jenis perusahaan lain, karena kebanyakan hanya menggunakan pakaian santai seperti celana jeans dan juga kaos oblong yang biasa digunakan sehari-hari. Untuk total pendapatan dari perusahaan sendiri juga umumnya untuk awal pertama masih kurang dari $10.000 per tahunnya dan perusahaannya sendiri masih dalam tahap perkembangan.

Hampir sebagian besar bisnis startup memang beroperasi dalam bidang teknologi, dan sebagian besar juga perusahaannya menggunakan aplikasi dalam bentuk digital, karena untuk sistem operasinya sendiri juga melalui website dari perusahaan tersebut. Pada tahun 2000an hingga sekarang bisnis startup memang terus mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Bahkan sudah banyak juga beberapa bisnis startup Indonesia yang memiliki gelar unicorn. Nah, itulah ulasan sekilas mengenai bisnis usaha startup.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News