Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Berbagai Perbedaan Terkait Hernia

SerambiBisnis.com - Fakta medis tentang hernia pada anak memiliki beberapa data yang menunjukkan perbedaan. Berikut ini, beberapa data yang disampaikan dokter Spesialis Bedah Anak di RS Santosa Bandung Central, Emiliana Lia.

Anak perempuan memiliki risiko yang sama terkena hernia seperti halnya anak laki-laki. Menurut Emiliana, embriologi janin perempuan dan laki-laki sama sehingga sama-sama memiliki saluran yang terbuka dengan risiko usus terselip atau terjepit. Bedanya, anak perempuan memiliki ovarium yang tetap saja ada di dalam perut, tidak seperti testis yang harus melewati saluran itu untuk menuju skrotum. Pada anak perempuan, yang terselip dalam lubang itu bukan hanya usus, tetapi bisa juga saluran tuba falopi.

Dari segi jumlah, ada perbedaan kasus antara anak laki-laki dan perempuan. Kasus hernia lebih banyak terjadi pada anak laki-laki dan sisi kanan lebih sering terkena hernia dibanding sisi kiri.

Dari segi ukuran, benjolan yang muncul akibat hernia berbeda antara satu dan yang lain, tergantung ruang pada lipatan pahanya. Ada benjolan sebesar telor puyuh, ada juga yang sebesar telor ayam.

Hernia pada anak dan dewasa berbeda. Pada anak, hernia terjadi karena saluran tidak menutup. Hernia pada orang dewasa terjadi karena kelemahan pada otot dinding perut bagiah bawah sehingga usus mendorong terus masuk ke lipat paha atau kantung kemaluan. Makanya hernia sering terjadi pada orang dewasa yang sering angkat berat seperti kuli bangunan. [Vebertina Manihuruk/PRM/17112019]

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News