IBX5B7AAC72C70DE 2 Objek Wisata Ketinggian untuk Uji Nyali di Penang Malaysia - Serambi Bisnis

2 Objek Wisata Ketinggian untuk Uji Nyali di Penang Malaysia

SerambiBisnis.com - Ada dua tempat wisata yang sebenarnya berbeda karakter tetapi memiliki kesamaan, yaitu menawarkan pemandangan Penang dari ketinggian. Ada The Top di Komtar, Jalan Penang George Town, dan Penang Hill dengan The Habitat yang berada di dalam satu kawasan.

Komtar sebenarnya merupakan bangunan lama yang dibangun sejak 1974 yang memiliki 65 lantai dengan ketinggian 232 meter. Ia berstatus sebagai gedung pencakar langit tertinggi di Penang sampai sekarang. Nama Komtar merupakan kepanjangan dari Kompleks Tun Abdul Razak, Perdana Menteri Malaysia ke-2.

Sejak 2015 Komtar kembali dibangun dengan tambahan tiga lantai sehingga tingginya mencapai 251 meter. Di situlah, uji nyali ketinggian itu bisa dirasakan.

Memasuki The Top Komtar, kita akan mulai perjalanan dengan mengenal Penang melalui Penang State Gallery. Setelah itu, kita akan memasuki museum yang menjelaskan berbagai buah-buahan tropis khas Penang. Tentu saja, durian mendapatkan penjelasan paling banyak karena kawasan Malaysia juga mengunggulkan buah itu. Lalu, ada hiburan singkat seniman yang menyajikan lagu-lagu P Ram-lee seperti "Pesta Muda-Mudi", "Bunyi Gitar", dan lainnya.

Perjalanan berlanjut ke area paling penting, lift menuju ke lantai 65. Lift itu sangat cepat tapi tanpa getaran. Dalam waktu singkat, kita sampai di lantai 65. Tubuh pun mengalami penyesuaian dengan gendang telinga yang mulai pengang.

Di lantai 65, kita bisa melihat Penang secara 360 derajat dengan bangunan yang terlindungi dinding kaca. Area itu tentu saja menjadi spot foto yang menggoda karena ada lantai kaca yang juga membuat kita bisa melihat ke jalan raya di bawahnya.

Kalau itu terlalu biasa, Anda haras mencoba The Graviryz supaya adrenalin semakin bergejolak. The Graviryz menawarkan pengunjung untuk merasakan berada di ke tinggian, tetapi di luar bangunan Komtar! Wow! Tetapi tenang, aspek keamanan telah dijamin dengan penggunaan tali yang melekat di tubuh.

Pengunjung bisa naik lagi menuju lantai 68 yang bagaikan rooftop sehingga lebih segar dengan udara luar. Ada lagi spot foto di lantai kaca dengan pagar kaca tidak terlalu tinggi. Mereka yang takut ketinggian bisa tetap berfoto sambil berpegangan ke pagar.

Perbukitan
Wisata pada ketinggian juga bisa dinikmati di The Habitat Penang Hill. Ini sebenarnya wisata alam di perbukitan, tetapi ada area tempat kita menaiki Curtis Crest untuk melihat panorama Penang lebih luas.

Menuju The Habitat, kita harus memasuki Penang Hill lebih dulu. Kita menggunakan kereta kabel yang jalurnya menanjak. Selama perjalanan di kereta, kanan kiri sudah dipenuhi pepohonan hijau yang rimbun dan segar. Di Penang Hill, kita bisa memandangi daratan dan lautan yang mengelilingi Penang.

Setelah puas, kita masuk ke The Habitat dengan ketinggian 712 meter di atas permukaan laut. Itu merupakan taman rekreasi di dalam hutan konservasi yang sangat asri meskipun sudah dibuka untuk tujuan wisata. Jalur yang bisa dilewati untuk berjalan kaki telah berusia 200 tahun karena dibuat semasa penjajahan Inggris.

Uji nyali ketinggian bisa kita lakukan di Curtis Crest, tree-top walk setinggi 13 meter. Kita bisa menyaksikan keindahan alam dan suasana perkotaan secara 360 derajat. Bahkan, ketika cerah, kita juga bisa melihat pulau di sekitarnya seperti Langkawi. Karena tingginya, area itu akan ditutup ketika petugas melihat petir.

The Habitat bukan hanya menawarkan pemandangan di ketinggian. Itu juga menjadi sarana belajar mengenal flora dan fauna. Kita bisa menyaksikan anggrek hutan tumbuh subur, binatang kaki seribu yang lewat, dan banyak hewan yang keluar dari sarangnya pada malam hari. [Vebertina Manihuruk/PRM/10112019]
Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata