IBX5B7AAC72C70DE Kawah-kawah Gunung di Garut Menjadi Komoditas Wisata yang Cukup Menjanjikan - Serambi Bisnis

Kawah-kawah Gunung di Garut Menjadi Komoditas Wisata yang Cukup Menjanjikan


SerambiBisnis.com - Kawah kawah gunung di Garut berpotensi menjadi komoditas yang cukup menjanjikan. Darajat merupakan lokasi pegunungan di Desa Padawaas, Kecamatan Pasirwangi. Lokasinya berdekatan dengan Kawah Kamojang di perbatasan Garut dan Kabupaten Bandung. Energi bumi Kawah Darajat dikelola oleh Pusat Listrik Tenaga Panas oleh beberapa perusahaan panas bumi untuk memenuhi kebutuhan listrik dan pasokan listrik wilayah Jawa serta Bali.

Kini, Kawah Darajat menjadi komoditas wisata yang cukup menjanjikan. Banyak lokasi wisata seperti waterpark air panas, hotel, hingga arena outbound. Saat liburan tiba, kawasan tersebut penuh pengunjung hingga menyebabkan kemacetan yang cukup panjang.


Kawah terkenal lainnya terdapat di Gunung Talagabodas, yaitu taman wisata alam di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja. Kawah berbentuk danau seluas sekitar 100 hektare itu memiliki air putih kehijauan berkadar belerang tinggi.

Air panas itu disalurkan ke lokasi pemandian yang letaknya beberapa meter dari bibir kawah. Tempatnya mudah dijangkau dari pusat Kecamatan Wanaraja, sekitar 25 km. Destinasi wisatanya didukung sarana jalan yang memadai untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Di Gunung Papandayan, Kecamatan Cisurupan, terdapat beberapa kawah baik yang berair maupun yang hanya mengepulkan asap dari lubang-lubang bekas galian belerang. Selain kawah, Gunung Papandayan memiliki flora unik dan dilindungi, yaitu bunga edelweiss. Bunga tersebut banyak terdapat di puncak Gunung Papandayan yang dinamakan Tegal Alun-alun. Saat musim berbunga, edelweiss memancarkan warna kuning dan putih terang. Indah menawan. [H. Usep Romli HM/Maman Soleman].

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata