Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Pulau Arborek dan Pulau Sauwandarek, 2 Kampung Wisata Favorit di Raja Ampat

SerambiBisnis.com - Pulau Arborek adalah sebuah pulau yang terletak di Kabupaten Meos Mansar, di kepulauan Raja Ampat Kabupaten Meos Mansar ini dibagi menjadi delapan desa yakni Arborek, Kabuy, Kapisawar, Kurkapa, Sawinggrai, Yembekwan, Yenbuba, dan Yenwaupnoor.

Mengapa pulau ini mencuri hati kita? Merupakan kampung wisata, Pulau Arborek tertata dengan sangat rapi dan bersih. Gradasi laut berwarna biru dan turquoise (pirus) begitu dominan di Pulau Arborek ini membuat siapa saja pasti berdecak kagum melihat pemandangan seperti itu. Belum lagi keindahan koral yang tampak jelas dari atas dermaga karena air laut yang seperti kristal.

Snokerling merupakan aktivitas favorit di sini. Karena kedalaman untuk snorkeling masih sekitar 10 meter sebaiknya tidak perlu memakai fin. Lagi pula, snorkeling di Arborek ini terdapat banyak koral yang masih terjaga keindahannya, jadi sebaiknya tidak perlu menggunakan fin. Kalaupun memakai fin sebaiknya menjauhi daerah koral. Biasanya dilakukan di bawah dermaga.
Sementara itu, Pulau Sauwandarek terletak bersebelahan dengan Pulau Arborek. Akan tetapi, pulau itu tidak seramai Pulau Arborek. Pulau Sauwandarek juga termasuk kampung wisata, tetapi kondisinya jauh berbeda dengan Pulau Arborek yang begitu ramai. Pulaunya begitu sepi. Namun, kalau soal pemandangan yang dimiliki, tak kalah indah dengan Pulau Arborek. Jadi, bagi yang ingin mencari ketenangan, tempat ini bisa dijadikan alternatif.

Banyak pengunjung yang melakukan snorkeling dan diving di Pulau Sauwandarek ini. Visibility di bawah dermaga di Pulau Sauwandarek sangat baik dan koral pun masih sangat terjaga dengan berbagai varietas ikan. Jika beruntung, penyu dan hiu kecil pun ada di bawah dermaga ini.

Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News