IBX5B7AAC72C70DE Ini Dia Beberapa Menu Mpasi Yang Cocok Untuk Balita Berusia 6 Bulan - Serambi Bisnis -->

Ini Dia Beberapa Menu Mpasi Yang Cocok Untuk Balita Berusia 6 Bulan

Bagi kaum ibu, tentu saja kita sudah tidak asing lagi dengan istilah MPASI alias makanan pendamping asi. Ya, Mpasi ini biasanya akan tiperuntukkan bagi balita yang usianya sudah 5 bulan keatas, yang membutuhkan asupan nutrisi lebih. Dengan memberinya Mpasi tersebut, maka kebutuhan nutrisi si kecil akan terpenuhi. Di samping itu, pemberian Mpasi juga bertujuan untuk memperkenalkan dan penyesuaian makanan terhadapnya.  Namun perlu diingat, bahwa setiap usia dari balita hanya cocok pada menu-menu mpasi tertentu saja. Misalkan untuk balita berusia 6 bulan, dimana hanya ada beberapa saja yang cocok untuknya. Lantas, menu mpasi seperti apa sajakah yang cocok untuk balita berusia 6 bulan? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang resep mpasi 6 bulan, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Bubur Wortel
Menu mpasi pertama yang cocok untuk balita berusia 6 bulan, yakni berupa bubur wortel. Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa wortel ini kaya akan kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata serta dapat meningkatkan kemampuan otak. Lantas, bagaimana cara membuat bubur wortelnya? Mengenai cara membuat bubur wortelnya, siapkan beberapa buah wortel, kupas kulitnya, cuci hingga bersih, kemudian rebus hingga matang dan benar-benar empuk. Jika sudah demikian, silahkan lumatkan wortelnya sampai lembut, dan bubur wortel pun sudah siap untuk disantap si kecil.

2. Bubur Buah Pisang
Siapa sih diantara kita yang tidak kenal pada buah yang satu ini? Dibalik rasanya yang manis dan lezat, buah pisang juga kaya akan kandungan vitamin dan protein seperti vitamin A, posfor, kalium, kalsium, mangan, dan zat besi. Cara membuat buburnya juga cukup mudah, dimana bunda hanya tinggal mengeruk bagian dagingnya saja, dan sudah bisa langsung disantap oleh si kecil.

3. Bubur Buah Pepaya
Menu mpasi berikutnya yang cocok untuk balita berusia 6 bulan, yakni berupa bubur buah papaya. Menurut para ahli gizi, buah papaya ini memiliki kandungan enzim papain yang bermanfaat untuk melancarkan system pencernaan. Selain itu, buah ini juga memiliki asam folat dan zat besi yang bagus untuk perkembangan otak, serta dapat memelihara kesehatan tulang dan gigi. Cara membuat buburnya juga tidak berbeda jauh dengan cara membuat bubur buah pisang tadi.

4. Bubur Buah Alpukat
Ini dia salah satu jenis buah-buahan yang sangat direkomendasikan bagi bunda untuk dijadikan menu mpasi bagi balita berusia 6 bulan. Pasalnya, buah yang satu ini kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, kalsium, zat besi, dan lain sebagainya. Cara membuat buburnya sangat mudah sekali, bunda hanya tinggal mengeruk bagian dagingnya, lalu lumatkan sampai lembut. Agar rasanya lebih menarik lagi, bunda bisa menambahkannya dengan sedikit gula atau sirup.

5. Bubur Buah pir
Komposisi dari buah pir 95 persennya adalah air, sehingga sangat cocok untuk dijadikan menu mpasi bagi balita usia 6 bulan. Cara membuat buburnya, bunda hanya tinggal memblender buah tersebut sampai halus. Namun perlu diingat, bunda jangan sampai menambahkan lagi gula, sebab buah pir ini sudah memiliki kadar gula yang lumayan banyak. 

Itulah beberapa menu mpasi yang cocok untuk balita berusia 6 bulan. Dengan memberinya menu-menu mpasi tersebut, tentunya akan sangat berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Dari kelima menu mpasi tersebut, menu manakah yang akan bunda pilih hari ini?

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata