Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Cara Membuat Ronde Karakter yang Lumer di Mulut


SerambiBisnis.com - Lucu dan menggemaskan. Dua rasa yang spontan muncul ketika melihat berbagai karakter tsum tsum dari film kartun Disney. Bagaimana kalau ditambah rasa manis, legit, dan lezat? Hmmm, karakter itu bukan hanya enak dilihat, tetapi bisa menjadi kudapan yang nikmat disantap!

Sebagai ide dekorasi, karakter tsum tsum sudah menghiasi berbagai kue sejak 2015. Namun, sejak 2016, trennya semakin naik karena karakternya pun semakin banyak. Berbagai olahan kue seperti kue ulang tahun, cake pop, cupcake, bolu kukus, kue kering, dan sebagainya didekorasi sesuai karakter tsum tsum.

Makanan yang bisa didekorasi dengan karakter tsum tsum antara lain ronde, bolu kukus, nastar, pai, pao, dan kue kering. Ada dua jenis proses untttk menghasilkan karakter, yaitu dengan menggambar atau membentuk. Proses menggambar karakter dilakukan bila ingin membuat bolu kukus tsum tsum. Bahan dan cara pembuatannya sama seperti bolu kukus pada umumnya, tetapi ada perbedaan di proses akhir. Lalu, bagaimana sebenarnya cara membuat ronde karakter yang lumer di mulut?

Setelah adonan bolu kukus yang berwarna putih dituangkan ke cetakan, dimulailah proses menggambar menggunakan piping bag atau plastik segi tiga. Untuk membentuk karakter, kesulitannya adalah saat menyatukan bagian yang terpisah seperti telinga. Setiap bagian awalnya dikukus terpisah, lalu disatukan dengan menggunakan adonan sebagai perekatnya, kemudian dikukus lagi sekitar dua menit.

Bukan hanya kudapan yang kering, sajian minuman juga bisa lho didekorasi dengan karakter tsum tsum yang menggemaskan. Diseruput-seruput, karakternya pun lumer di dalam mulut dengan lebih lembut.

Salah satunya adalah ronde karakter tsum tsum yang manis dan legit berpadu sempurna dengan air wedang jahe yang hangat. Suapan ronde pun menjadi lebih sensasional saat karakternya masuk ke mulut dibandingkan dengan hanya bulatan ronde biasa.

Menurut Alhaerani Hartanti yang mengkreasikan ronde karakter tsum tsum, bahan pembuatannya sama saja dengan ronde biasa. Adonannya terbuat dari tepung ketan, air, dan ditambahkan sedikit garam. Seperti halnya ronde bulatan besar yang memiliki isian, ronde karakter tsum tsum itu pun diisi dengan campuran kacang tanah dan gula merah.

Bahannya sama saja, tapi karena ingin membentuk karakter, ya harus menggunakan pewarna makanan sesuai keburuhan. Tahapannya pun bertambah untuk membentuk karakter tsum tsum itu.

Tahapan untuk membentuknya adalah dengan membuat bulatan dari adonan putih kemudian bagian tengah diberikan isian. Lalu, adonan yang sudah diwarnai itu dibentuk sesuai karakter yang diinginkan dan ditempel ke bulatan tadi.

Lalu, seperti biasanya membuat ronde, karakter tsum tsum itu direbus hingga matang. Setelah itu, ronde karakter dimasukkan ke mangkuk yang sudah diisi dengan air wedang jahe. Supaya ronde karakter yang imut itu tetap terlihat, Alhaerani menggunakan gula putih untuk campuran air jahenya.

Saat ronde karakter disantap, hmmm... tepung ketan yang lembut itu lumer di dalam mulut dengan cita rasa manis dari isiannya dan kehangatan dari kuah jahenya. Cocok sekali untuk dinikmati saat bumi sering diguyur hujan.

Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News