IBX5B7AAC72C70DE Seluk Beluk Usaha Pembuatan Gitar Custom - Serambi Bisnis -->

Seluk Beluk Usaha Pembuatan Gitar Custom

SerambiBisnis.com - Gitar custom adalah pembuatan gitar dengan desain sesuai dengan keinginan pemesan dan kebanyakan bentuknya berbeda dari gitar yang ada di pasaran namun dapat dimainkan seperti halnya gitar pada umumnya. Karena itu dalam membuat gitar custom ini sangat membutuhkan skill ataa kemampuan, dan juga harus teliti dalam membuatnya karena suara yang dihasilkan oleh gitar tersebut sangat dipengaruhi oleh bentuk yang akan dibuat. Dilihat dari jenis gitar yang bisa dibuat oleh pelaku usaha pembuatan gitar custom, hampir semua jenis dan bentuk gitar bisa dibuat seperti gitar akustik, gitar elektrik, Hawaiian ukulele dan lain-lain.

Jika tertarik dengan usaha ini, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar karena modal paling utama adalah keahlian dan pengalaman. Hal yang paling penting adalah pelaku usaha mencintai gitar sehingga paham akan seluk beluk pembuatannya. Dengan modal sebesar Rp 500 ribu kita sudah bisa menjalankan usaha ini dengan menggunakan rumah sebagai workshop. Atau bila pelaku usaha tidak memiliki modal yang cukup, mereka bisa menerapkan sistem uang muka atau jaminan deal order dari para konsumen dan dengan DP tersebut bisa langsung memproduksi gitar yang diinginkan. Modal usaha yang dikeluarkan digunakan untuk membeli bahan baku seperti kayu, tripleks senar dan lain-lain serta berbagai peralatan usaha seperti gergaji, palu, pahat dan sebagainya.

Berbagai Bentuk
Banyak konsumen yang ingin memiliki gitar dengan bentuk yang unik dan beragam, mulai dari badan gitar, leher gitar hingga kelengkapan lainnya yang sengaja dibuat dengan bentuk yang berbeda. Jenis-jenis gitar yang bisa dibuat sangat banyak, seperti gitar akustik dengan bermacam jenisnya antara lain shape (bentuk body), cutaway, fullbody, jumbo, medium, junior dan gitalele. Sedangkan dari fungsinya terbagi dalam beberapa jenis seperti country, keroncong, rock dan jazz. Dan dari segi suaranya terdiri atas bass, lead, dan rhythm.

Harga pembuatan gitar custom sangat bervariasi tergantung kerumitan dan juga bahan baku yang digunakan mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 4 juta per gitar. Saat ini yang paling banyak dipesan konsumen adalah gitar dengan body yang berbeda seperti ditambahkan aplikasi batik maupun aplikasi yang lucu dan unik lainnya. Proses pembuatan biasanya memakan waktu sekitar satu bulan tergantung tingkat kesulitan desain.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat gitar custom ini bermacam-macam seperti kayu mahogany atau mahoni, sengon, mangga, mindi dan rosewood, dan untuk finishing menggunakan spet dan kompresor. Untuk material gitar electrik sama dengan material gitar akustik, hanya saja ditambahkan bagian elektrik seperti pickups yang berfungsi sebagai pendeteksi getaran senar dan mengubahnya dari energi mekanis menjadi energi listrik yang dikonversi oleh amplifier menjadi nada serta pickup selector switch yaitu pengatur pickups untuk memilih pickup mana yang akan diaktifkan untuk menghasilkan variasi suara yang diinginkan.

Pembuatan
Cara pembuatan gitar custom ini bisa dibilang sama dengan pembuatan gitar pada umumnya. Pertama-tama persiapkan  dahulu peralatam seperti bor, gergaji, penggaris, dan lain-lain. Setelah itu disiapkan bahan baku sesuai dengan pesanan seperti plywood, kayu mahogany dan lain segabainya. Bila bahan baku telah siap, maka dilanjutkan dengan proses prbduksi, namyn sebelumnya sebaiknya kita membuat desain dari gitar yang diinginkan agar tidak terjadi kekeliruan dalam proses pembuatannya.

Dalam membuat gitar, bagian gitar yang paling awal dibuat adalah body, karena bagian ini adalah bagian utama dan memiliki ukuran yang paling besar di antara bagian lainnya. Langkah awal yang perlu dilakukan dalam membuat body ialah memotong plywood secara memanjang sesuainkuran yang diinginkan, kemudian dihaluskan dengan menggunakan mesin penghalus. Setelah halus, masukkan plywood ke dalam cetakan lalu dijepit dengan klem kecil kemudian dijemur.

Setelah kering kemudian ditambahkan krem (tulang-tulang gitar) dengan lem dengan tujuan agar gitar lebih kuat lalu dijemur kembali hingga kering dengan lama penjemuran bervariasi namun idealnya sekitar satu jam. Setelah kering dan plywood telah terbentuk lalu dilepas dari cetakan kemudian dipasang palang. Setelah pemasangan selesai kemudian dipasang ply wood besar pada bagian depan dan belakang gitar dengan menggunakan lem kayu. Kemudian dijepit menggunakan klem besar lalu dijemur sampai kering. Setelah kering bagian belakang dan depannya dipotong mengikuti bentuk gitar, proses akhir dari tahap ini adalah membentuk lubang resonansi sesuai ukuran yang diinginkan.

Langkah kedua pembuatan neck (leher gitar) dan menggunakan bahan kayu sesuai dengan keinginan. Sama seperti pembuatan body, langkah awal ialah mengeringkan kayu, setelah kering maka kayu pun dibentuk sesuai dengan keinginan.

Langkah ketiga ialah menyambung body dan neck, neck disesuaikan dengan body, setelah sesuai kemudian disatukan dengan lem dan dipaku lalu dihaluskan, kemudian dipasang krepang (finger board) dengan menggunakan lem.

Langkah keempat proses penghalusan atau pendempulan, setelah body dan neck dipasang tahap yang harus dilakukan selanjutnya adalah proses penghalusan atau pendempulan gitar dengan amplas kasar, kemudian didempul lalu dijemur sampai kering. Setelah kering lalu diamplas kembali dengan amplas 120 (amplas halus) kemudian dengan bagian neck dilubangi untuk memasang senar, kemudian diberi sending (tiner dan pengeras) sebanyak dua kali atau dua lapis lalu dijemur kembali. Setelah kering diamplas kembali dengan amplas 240 supaya lebih halus.

Langkah kelima pembuatan block (tempat senar) bahannya menggunakan kayu yang dibentuk sesuai dengan contoh atau sesuai pesanan yang diinginkan  karena dalam pembuatan block tidak ada patokan baku sehingga pelaku usaha dapat berkreasi sesuai dengan keinginan. Setelah block jadi, kemudian dipasangkan ke bagian neck dengan menggunakan lem dan disekrup. Langkah keenam atau tahap terakhir yaitu pengecatan dengan menggunakan cat kayu lalu setelah kering dilapisi dengan melamin dan dikeringkan. Usahakan agar gitar tidak terkena debu sehingga terlihat rapi dan bersih. Setelah itu dilanjutkan dengan pemasangan aksesori seperti senar, steamer dan merek, kemudian dibungkus dan di-packing lalu dikirimkan ke pemesan.

Promosi dan Kendala
Cara yang tepat untuk mempromosikan usaha gitar custom ini ialah dengan menawarkan kepada teman-teman sekitar. Selain itu juga bisa dengan. mengikuti beberapa pameran sehingga produk dapat dikenal banyak orang. Berbagai promosi yang dilakukan tersebut cukup efektif meningkatkan penjualan, dalam satu bulan bisa mendapatkan pesanan 10-15 gitar atau omzet sekitar Rp 20-30 juta dengan keuntungan bersih mencapai 50%.

Dari segi kendala, biasanya yang kerap ditemukan ialah dalam hal produksi yang sedikit lambat karena beberapa hal seperti peralatan yang konvensional, tenaga kerja yang terbatas atau alam yang sedikit kurang bersahabat seperti musim hujan.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata