Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Apik Merawat Kosmetik Agar Tidak Merusak Kulit

SerambiBisnis.com - Kosmetik juga seperti bahan makanan lho, memiliki tanggal kedaluwarsa, karena kosmetik juga berhubungan dengan kesehatan tubuh terutama kulit. Jangan sampai kosmetik yang kedaluwarsa menimbulkan gangguan kesehatan kulit. Yang tadinya berniat tampil cantik, malah jadi sakit. Makanya Anda harus apik merawat kosmetik agar tidak merusak kulit.

Disadur dari laman beautynesia, berikut ini beberapa produk kosmetik dan masa simpannya.

Maskara
Dapat digunakan 2-3 bulan saja. Harus segara dibuang jika maskara mengeras, menggumpal, atau berbau aneh.

"Foundation, concealer", dan "blush on" cair
Masa simpannya hingga 1 tahun. Harus disingkirkan jika komponen cairan menjadi terpisah atau jika warna memudar.

Lipstik dan "lipgloss"
Bisa dipakai 1-2 tahun. Namun, sudah buruk dipakai jika mengering dan terasa kesat saat diaplikasikan atau jika lipgloss terasa sangat lengket.

Bedak, "eyeshadow" padat, dan "Mush on" padat
Bisa disimpan hingga 2 tahun. Dikatakan buruk jika sudah berubah tekstur menjadi lebih kering dan serbuk kasar.

Selain kosmetik, kita juga harus waspada dengan aplikator atau brush kosmetik. Menggunakan brush yang kotor bisa berakibat buruk untuk kesehatan kulit, misalnya jadi timbul jerawat karena bakteri bersarang setelah menggunakan aplikator yang kotor.

Kotoran dari brush juga bisa menyumbat pori-pori. Selain menimbulkan komedo dan wajah yang kusam juga berdampak pada aplikasi riasan yang kurang sempurna. Lebih buruknya lagi jika bulu sikat yang keras menggores kulit wajah sehingga menjadi iritasi.

Bagaimana cara merawat aplikator? Kami punya tips mudah. Siapkan sampo bayi yang dituang dalam baskom berisi air hangat serta handuk kering. Celupkan kuas ke dalam cairan sampo, tekan-tekan bulu kuas pada tangan lalu keringkan. Pastikan arah mencuci dengan bulu sikat di bawah agar tidak merusak kuas.

Untuk mencuci beauty blender, Anda bisa merendamnya dalam cairan tersebut. Setelah ditekan-tekan beberapa kali, beauty blender akan kembali bersih meskipun tidak seperti baru.

Untuk aplikator dan kuas yang digunakan di area mata, Anda bisa pakai eye remover untuk membersihkannya. Terutama untuk bulu mata palsu yang bisa dipakai beberapa kali. Itu karena area mata memiliki kulit yang lebih tipis sehingga harus diperlakukan selembut mungkin dengan perlakuan khusus.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News