Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Perhatikan 3 Hal Ini Sebelum Membeli Apartemen

Membeli properti butuh biaya tidak sedikit sehingga wajar jika Anda harus memikirkannya dengan masak. Sebelum membeli properti, pertimbangkanlah terlebih dahulu properti seperti apa yang Anda butuhkan dan dimana lokasinya. Pasalnya jenis hunian yang Anda beli tersebut sudah pasti akan ditinggali dalam waktu yang tidak sebentar.

Biasanya properti yang digunakan untuk tempat tinggal terdiri dari 2 jenis, yakni hunian vertikal (kondominium, rumah susun, atau apartemen) dan rumah tapak. Pasar properti, terutama apartemen, saat ini tengah banyak diincar masyarakat urban. Lihatlah saja bagaimana developer jual apartemen yang baru dipasarkan selalu laris terjual. Malahan, banyak juga developer yang jual apartemen di Jakarta Selatan secara undian lantaran demikian cepatnya unit terjual dengan sisa unit yang terbatas.

Tidak sedikit orang membeli apartemen bukan cuma untuk ditinggali dan dimiliki, namun pula banyak yang membelinya untuk melakukan investasi. Dasar keputusan untuk membeli apartemen merupakan sebuah kebutuhan dan tujuan jangka panjang. Selain itu, membeli hunian yang paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup adalah pertimbangan yang esensial.

Sebelum Anda memilih jenis tempat tinggal, rumah atau apartemen, yang akan dibeli sebaiknya pula mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

1. Status Hak Milik 
Calon pembeli perlu mengetahui lebih dulu status hak milik rumah atau apartemen tersebut. Membeli rumah berarti memiliki rumah beserta tanahnya sekaligus, sedangkan membeli apartemen, Anda cuma bisa memiliki ruangan saja di dalamnya. Setidaknya Anda pun dapat menikmati fasilitas yang telah tersedia untuk dipergunakan bersama dengan penghuni lainnya. 

2. Proses dan Biaya Pemeliharaan
Membeli rumah sama artinya dengan Anda bertanggung jawab terhadap semua perawatannya. Ini tentunya ada hubungannya dengan biaya perawatan. Sedangkan membeli apartemen, pengelolalah yang memiliki tanggung jawab atas pemeliharaannya. Besarnya biaya perawatan yang harus Anda keluarkan tergantung pada kebijakan dari pengelola apartemen itu.

3. Fasilitas Apartemen Lebih Tertata Rapi
Membeli dan tinggal di apartemen mempunyai keistimewaan tersendiri seperti kolam renang, lapangan tenis, atau fasilitas berbasis masyarakat yang lainnya yang jadi lebih mudah dipelihara dan digunakan. Sedangkan bila membeli rumah tapak, fasilitas itu akan mengeluarkan budget yang tinggi lantaran dari pembangunan sampai pemeliharaannya dilakukan sendiri.

Dengan membandingkan berbagai sisi positif dan negatif tempat tinggal dalam tatanan rumah dan apartemen tadi, Anda akan lebih cerdas lagi memilih tempat tinggal yang akan dibeli nanti. Pasalnya memiliki rumah atau apartemen adalah tujuan jangka panjang dan memerlukan budget yang banyak. Makanya, pertimbangkanlah dengan matang sebelum lambat laun Anda menentukan pilihan.

Maman Soleman
Maman Soleman Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News