Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Utamakan Kenyamanan dan Keselamatan, Pastikan Cermat Memilih Keramik Kamar Mandi


Membangun rumah memang tidak sekadar memikirkan bangunan dasarnya saja tetapi juga hingga finishing agar dapat dihuni dengan nyaman. Selain kamar tidur, ruangan lain yang wajib menjadi prioritas adalah kamar mandi karena menjadi salah satu kebutuhan utama.

Tak hanya untuk estetika, bahan bangunan untuk kelengkapan kamar mandi juga perlu diperhatikan untuk kenyamanan dan keamanan penghuni rumah. Apalagi jika Anda memiliki anggota keluarga yang sudah renta, maka harus mencari referensi terbaik untuk contoh keramik kamar mandi.

Pemilihan keramik kamar mandi sangat penting karena berkaitan dengan ruangannya yang sering basah dan lembab. Oleh karena itu, simak ulasan berikut agar Anda mendapatkan informasi mengenai keramik kamar mandi terbaik.

Tips Memilih Keramik untuk Kamar Mandi

• Pahami perbedaan keramik lantai dan dinding

Sebelum membahas mengenai seluk beluk keramik, Anda harus ingat bahwa pada kamar mandi terdapat keramik untuk dinding dan lantai. Tekstur keramik dinding tidak begitu mempengaruhi keselamatan penggunanya sehingga tidak masalah jika ingin menggunakan tekstur yang licin.

Hanya saja, pertimbangkan terlebih dahulu lokasi untuk menempelnya lemari gantung atau kebutuhan lain yang akan Anda perlukan. Pada bagian tersebut, tentu Anda harus menghindari penggunaan keramik dinding yang bergelombang agar terkesan lebih rapi.

• Perhatikan tekstur keramik

Kamar mandi akan berada pada kondisi lembab bahkan kerap kali basah sehingga pemilihan tekstur keramik terutama pada lantai perlu diperhatikan. Permukaan keramik yang glossy dan licin tentu sangat berbahaya karena dapat membuat Anda mudah terpeleset.

Oleh karena itu, Anda harus memilih keramik dengan tekstur kasar agar tidak terasa licin termasuk saat kondisi basah. Gunakan shower yang tertutup dengan kaca atau shower curtain jika Anda ingin lebih berhati-hati agar air tidak terciprat terlalu jauh.

• Pertimbangkan perawatan keramik

Ingat jika Anda perlu membersihkan keramik kamar mandi paling tidak seminggu sekali agar lantai tidak licin. Hindari penggunaan keramik warna putih karena Anda tidak dapat menghindari kondisi kamar mandi yang mudah kotor. Keramik yang terlalu kecil juga dapat membuat sambungan nat yang banyak sehingga Anda perlu tenaga lebih ekstra untuk membersihkannya.

• Sesuaikan ukuran keramik 

Ukuran keramik harus disesuaikan dengan bentuk dinding yang ingin dipasangkan keramik. Jika Anda memiliki bagian dinding yang melengkung, maka gunakan ukuran kecil dengan warna senada yang khusus untuk area tersebut. Memotong keramik untuk dinding lengkung sangat tidak efektif sebab dapat merusak estetika akibat potongan keramik yang tidak rapi.

Sedangkan untuk ukuran keramik lantai harus Anda sesuaikan dengan luas ruangan agar dapat menekan pengeluaran. Penggunaan keramik besar untuk ruangan yang kecil tentu lebih boros karena akan ada banyak keramik yang terpotong dan terbuang. 

Sebaliknya, penggunaan keramik kecil pada kamar mandi besar akan membuat pemasangan lebih rumit dengan sambungan nat yang lebih banyak. Namun jika Anda ingin, bisa menggunakan keramik kecil pada kamar mandi besar untuk beberapa bagian saja sebagai dekorasi.

Tips ini sebenarnya tetap bisa Anda siasati dimana pemilik kamar mandi kecil tetap dapat menggunakan keramik besar. Caranya yakni dengan menggunakan kalkulator lantai agar Anda dapat memperkirakan penggunaan keramik sehingga tidak banyak yang terbuang.


Model Keramik Lantai Kamar Mandi 

• Model Minimalis

Model keramik lantai kamar mandi yang minimalis seakan tak lekang oleh zaman karena masih populer untuk waktu yang lama. Kesannya yang simpel tapi tetap elegan sangat mendukung konsep rumah minimalis modern yang saat ini tengah digandrungi. Pilihan warnanya yang netral juga tidak akan membuat Anda bingung karena akan cocok untuk warna rumah apapun.

• Model Marble

Tidak hanya untuk keramik lantai rumah, model marble juga bisa Anda gunakan untuk keramik lantai maupun dinding kamar mandi. Desainnya yang simpel dengan gradasi motif yang unik juga membuat model ini masih diminati meski telah hadir sejak lama. Anda dapat memilih warna putih atau abu-abu untuk tampilan netral dan hitam jika ingin terlihat lebih elegan

• Model Roman

Keramik roman memiliki daya tarik tersendiri jika dipasangkan karena motifnya yang beragam dan artistik. Warna yang paling banyak dipilih adalah biru atau abu-abu dengan kesan yang tenang dan tampilan vintage. Hanya saja, banyaknya motif pada model ini membuat pemasangnya harus memiliki selera yang baik agar perpaduan motif yang digunakan selaras.

• Model Herribone

Model ini memang cukup langka karena keunikan dan kerumitan pemasangannya yang dibutuhkan ketelitian ekstra. Pola yang mirip susunan tulang ikan herring yang berderet ini dapat membuat kesan kamar mandi jadi lebih estetik. Model seperti ini juga dapat menjadi salah satu solusi agar permukaan lantai kamar mandi bisa kasar.

• Model Batu Alam

Model batu alam menjadi primadona lantai kamar mandi karena teksturnya yang sangat nyaman di kaki. Ada banyak pilihan kombinasi warna yang banyak diburu seperti abu-abu dengan putih atau krem dengan coklat. Pola batu pada keramik ini memberikan kesan yang natural dan menyejukkan sehingga sesuai dengan nuansa kamar mandi. 

Demikian ulasan mengenai pemilihan kamar mandi baik dari tips agar Anda tidak salah memilih hingga contoh model sebagai referensi. Kini Anda bisa dengan mudah memilih keramik dan berbagai kebutuhan bahan bangunan lainnya di BukaBangunan. Segala kebutuhan perihal bangunan bisa Anda penuhi hanya dengan satu website tanpa perlu datang langsung ke toko.


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Utamakan Kenyamanan dan Keselamatan, Pastikan Cermat Memilih Keramik Kamar Mandi"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News