Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Menggunakan Internet Cepat di Era Industri 4.0


Masyarakat sudah tak asing lagi dengan istilah Industri 4.0, namun masih banyak orang yang belum mengerti lebih jauh mengenai Era Industri 4.0 dan apa dampaknya bagi kemajuan Indonesia. Penerapan Industri 4.0 di Indonesia telah merambah ke berbagai sektor bisnis seperti otomotif, tekstil, makanan dan minuman dan sebagainya. Dengan menerapkan Industri 4.0 akan membuat Indonesia dapat mendorong perekonomian melalui peningkatan kegiatan ekspor. 

Revolusi 4.0 ini merupakan fase keempat dari perjalanan revolusi industri. Revolusi Industri 4.0 atau cyber physical system adalah suatu transformasi industri yang mengintegrasi teknologi otomatis dengan pertukaran data dalam teknologi pada manufaktur. Pada era ini teknologi terbaru seperti teknologi fiber (fiber technology) dan sistem jaringan terintegrasi (integrated network) membantu seluruh aktivitas manusia dengan sangat mudah. 

Banyak bisnis yang sudah beralih untuk menerapkan Industri 4.0, dimana pada era ini bisnis akan dituntut untuk bergerak lebih cepat untuk menghadapi segala persaingan. Untuk itu, bisnis memanfaatkan jaringan Internet yang memiliki kecepatan tinggi untuk menunjang produktivitas perusahaannya. 

Mengapa Bisnis Harus Memiliki Internet Cepat?

1. Menganalisa produk dan target pasar

Kegiatan menganalisa produk dan jasa pada suatu perusahaan lebih dimudahkan dengan menggunakan internet. Dalam hal ini, perusahaan bisa mengakses suatu blog atau website untuk memperoleh banyak informasi pendukung sesuai  keperluan bisnis. 

2. Tempat memperoleh pelanggan secara efektif

Kegiatan promosi dan jual beli saat ini sudah beralih ke Internet. Teknologi ini sangat membantu perusahaan dalam menjaring pelanggan yang ditargetkan dalam jumlah banyak dengan jangkauan yang lebih luas. Terlebih lagi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya operasional yang besar dalam mengatur aktivitas ini. 

3. Memperluas jaringan

Pada umumnya Anda hanya dapat berbisnis pada cakupan dalam kota saja, namun berbeda dengan saat ini. Internet membantu Anda dalam memperluas jaringan bisnis dengan membentuk organisasi yang sesuai dengan bidang bisnis yang dijalankan. 

4. Memudahkan komunikasi bisnis

Dalam suatu bisnis perlu adanya komunikasi baik itu komunikasi secara internal maupun eksternal. Internet dapat memudahkan Anda dalam melakukan komunikasi bisnis tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan pertemuan secara tatap muka. Saat ini teknologi komunikasi dan informasi telah berkembang dengan hadirnya berbagai platform online yang dapat Anda gunakan secara gratis seperti Zoom Meeting, Google Meet dan sebagainya. Komunikasi virtual tersebut pastinya memerlukan koneksi yang stabil agar kualitas komunikasi menjadi efektif. 

5. Melakukan pemantauan pengiriman barang 

Pengiriman barang merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh bisnis. Kehadiran Internet dapat memudahkan bisnis dalam sistem pengelolaan pengiriman barang. Produk yang telah dikirim dapat dipantau secara berkala oleh perusahaan secara praktis melalui website tracking. Dengan begitu perusahaan tidak perlu khawatir jika barang belum sampai ke pihak penerima. 

Internet yang cepat membuat suatu pekerjaan dalam perusahaan dapat berjalan dengan baik dan meminimalisir hambatan yang ada. Jika Anda memerlukan koneksi Internet cepat dengan kualitas unggulan, Anda dapat menggunakan ASTINet dari Telkom. Platform ini merupakan produk unggulan milik Telkom Indonesia yang berfokus pada layanan Dedicated Internet yang dapat bekerja selama 24 jam penuh. Selain itu, ASTINet menawarkan jaminan rasio 1:1 yang membuat bisnis dapat terhubung dalam data dan sistem secara terintegrasi. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Menggunakan Internet Cepat di Era Industri 4.0"