Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Berapa Biaya Service AC Mobil Saat Ini? Berikut Penjelasannya!


Bagi para pemilik mobil, service AC menjadi rutinitas yang wajib untuk dilakukan. Terutama bila terjadi masalah pada AC mobil, misalnya saja seperti AC yang terasa kurang dingin, AC berbau tidak sedap, dan lain sebagainya.

Perlu untuk diketahui, bahwa service AC berbeda dari service mesin maupun komponen-komponen lainnya. Biaya service AC mobil yang harus dikeluarkan juga sesuai dengan kerusakannya. Agar tidak bingung, berikut ini kira-kira estimasi untuk perbaikan pada AC mobil.

Biaya Service AC Mobil Sesuai Produksi

Perlu untuk diketahui, bahwa tidak ada tarif pasti untuk biaya service AC pada mobil. Selain jenis kerusakan pada AC yang tidak selalu sama, tiap mobil biasanya juga menggunakan jenis AC yang berbeda-beda.

Ada mobil yang memang membutuhkan perawatan AC yang mahal, namun ada juga yang tergolong murah. Oleh sebab itu, bengkel AC biasanya akan memeriksa terlebih dahulu kondisi AC sebelum menentukan tarif perbaikannya.

Di wilayah Jabodatabek sendiri, biaya untuk sevice AC mobil-mobil produksi Jepang biasa lebih murah dari mobil Eropa. Untuk mobil Jepang rata-rata sekitar 300 sampai 500 ribu rupiah. Sementara untuk mobil produksi Eropa bisa mencapai 1 sampai 4 jutaan rupiah.

Perbedaan harga service AC mobil Eropa lebih mahal, karena sistem AC tersebut dinilai lebih rumit dibandingkan AC pada mobil Jepang. 

Biaya Untuk Service AC Mobil Berdasarkan Kerusakan

Pada dasarnya jenis service AC sendiri dibagi menjadi tiga tingkatan kerusakan. Tiga kerusakan tersebut adalah besar, sedang, dan ringan. Berikut ini penjelasan dari tiga jenis kerusakan pada AC mobil yang perlu diketahui.

1. Service besar

Service besar berarti membutuhkan biaya yang cukup besar karena komponen yang harus diservis cukup banyak. Meliputi servis blower, servis evaporator, ganti dryer filter, servis kondensor, vaccum + oli kompresor, ganti filter kabin.

2. Service sedang

Service sedang  berarti perawatannya membutuhkan biaya sedang (tidak kecil dan tidak besar). Untuk jenis service ini biasanya meliputi servis kondensor, seperti servis blower, ganti filter kabin, ganti dryer filter, freon, vaccum + oli kompresor.

3. Service kecil

Service kecil artinya biaya yang harus dikeluarkan tidaklah banyak. Hal itu membuat jenis service yang satu ini biasa dijadikan sebagai service rutin. Jenis service kecil ini seperti servis kondensor, seperti servis blower, dan juga ganti filter kabin.

Jika sudah mengetahui jenis perbaikan AC yang harus dilakukan, tentu saja akan lebih mudah untuk memperkirakan kisaran untuk biaya service AC mobil tersebut. Namun jika Anda tidak yakin untuk menentukan sendiri jenis service yang akan digunakan, jangan ragu untuk minta tolong orang lain.

Namun tidak perlu khawatir, biasanya bengkel AC mobil akan melakukan pengecekan terlebih dahulu dan mereka akan memberikan saran terkait jenis perbaikan mana yang sebaiknya dilakukan. Silahkan ikuti sara dari pihak bengkel untuk hasil yang terbaik.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Berapa Biaya Service AC Mobil Saat Ini? Berikut Penjelasannya!"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News