Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Cara Bisnis Kos yang Menguntungkan dan Dilirik Konsumen


Banyaknya pendatang yang datang ke kota-kota besar atau ke tempat tertentu tentu saja memerlukan tempat tinggal. Membuka bisnis kos-kosan dapat merupakan salah satu peluang yang bisa Anda lakukan untuk meraup keuntungan. Apakah Anda tertarik membuka bisnis kos- kosan? Bagaimana cara bisnis kos yang menguntungkan? 

Bisnis kos-kosan memang dapat menjadi peluang untuk mencari cuan. Karena bisnis kos termasuk bisnis yang menguntungkan. Kos adalah kebutuhan yang selalu dicari orang. Anda tak akan kesulitan dalam menjangkau pangsa pasar. 

Alasan lainnya mengapa bisnis ini menguntungkan adalah karena pengelolaannya yang tak akan menyebabkan Anda repot. Pasalnya penghuni kos akan melakukan sendiri perawatan kamar dan kebersihannya. Anda cuma perlu mengurus selebihnya seperti halaman dan pemeliharaan.  

Bisnis kos pun terbilang bisnis yang peluang usahanya tak mengenal waktu. Kos-kosan akan tetap dicari sampai kapanpun. Sehingga bisnis ini bukan bisnis musiman yang akan cepat dilupakan bila ketertarikan pasar telah mulai surut. Anda masih bisa mendulang keuntungan dalam jangka panjang.  

Di samping itu, nilai jual untuk bisnis kos pun lebih tinggi ketimbang mengontrakkan rumah. Keuntungan yang Anda peroleh juga lebih banyak dengan mengawali bisnis ini. Jadi Anda juga bisa cepat balik modal. Uang juga akan terus bekerja bagi Anda.

Berikut ini tips yang dapat Anda lakukan untuk mengawali bisnis kos.

Cara Memulai Bisnis Kos  

Bagi Anda yang ingin mencoba memulai bisnis kos, berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan.

1. Peka Pada Peluang 

Dalam membangun bisnis kos memang diperlukan modal yang cukup besar. Tetapi bila Anda bisa peka membaca peluang, Anda hanya memerlukan modal sedikit. Misalnya menjadikan kamar kosong di rumah Anda sebagai kos-kosan.  

2. Bangun atau Membeli 

Di langkah yang kedua dalam memulai bisnis kos ini adalah memilih antara membangun atau membeli Anda dapat membangun mulai dari awal atau membeli saja bangunan yang sudah ada. Anda pun bisa menyewa kos lantas disewakan kembali.  

3. Lengkapi Fasilitas 

Berikan fasilitas yang lengkap. Sekarang fasilitas Wi-Fi seolah merupakan fasilitas wajib yang mesti dimiliki kos. Anda pun mesti memerhatikan fasilitas penunjang yang lainnya. 

4. Modal 

Modal merupakan poin utama yang mesti Anda perhatikan. Besaran modal amat ditentukan oleh pilihan Anda sendiri apakah untuk membangun atau membeli, maupun menyewakan sewaan kos. 

5. Promosi 

Kini waktunya Anda menyusun strategi promosi. Strategi promosi ini bisa dilakukan secara online. Anda dapat mengiklankan di sosial media dan website penyedia kos-kosan. 

6. Lokasi Strategis 

Carilah lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis ini di antaranya adalah lokasi yang berdekatan dengan sarana pendidikan dan tempat kerja. 

7. Konsep Unik 

Dalam membuat konsep bisnis kos Anda bisa membuat konsep kamar dengan dekorasi yang tampak unik. 

8. Harga Bersaing 

Langkah berikutnya adalah menentukan tentang harga. Patoklah harga yang bisa bersaing dengan kompetitor. Untuk itu lakukanlah riset pasar dan tentukanlah harga rata-rata selaras dengan fasilitas yang diberikan.  

9. Aman 

Anda mesti memerhatikan faktor keamanan. Pastikanlah tempat kos yang Anda pilih tak cuma strategis, namun pula memerhatikan faktor keamanan.  

Nah, demikianlah beberapa cara bisnis kos yang menguntungkan bagi pemula yang ingin memulainya. Jadi, sudah siapkah Anda miliki kos-kosan?


Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Cara Bisnis Kos yang Menguntungkan dan Dilirik Konsumen"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News