Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Mengenal Pro-X 207, Semen Instan Kedap Air Terbaik di Kelasnya


Pesatnya perkembangan teknologi bahan bangunan menciptakan beragam bahan bangunan baru yang berguna dan sanggup mengatasi persoalan dalam membangun rumah atau gedung. Salah satu diantaranya adalah produk semen instan. Namun, apakah semen instan  itu dan apa kelebihannya sehingga lebih unggul dibandingkan dengan semen biasa?

Apa Itu Semen Instan

Semen instan atau yang sering juga disebut dengan mortar adalah semen ‘siap-saji’ yang sekarang banyak digunakan bukan cuma untuk gedung bertingkat, namun pula untuk keperluan rumahan. Mortar atau semen instan pada umumnya merupakan material bangunan dengan bahan dasar semen yang dipakai selaku perekat guna membuat struktur bangunan. 

Pada dasarnya semen instan ini dibuat dengan bahan baku berupa semen PC1, pasir khusus, bahan pengisi (premium filler), dan bahan tambahan (aditif) yang lainnya. Semen ini bermanfaat untuk merekatkan bahan-bahan bangunan seperti batu bata, batako, maupun bata ringan (hebel).

Kelebihan Semen Instan

Semen instan adalah salah satu produk bangunan yang cukup terkenal. Berikut beberapa kelebihan semen instan dibandingkan dengan semen biasa.

1. Lebih hemat biaya belanja bahan lantaran tidak membutuhkan bahan baku lainnya seperti kapur dan pasir. Sedangkan semen biasa membutuhkan bahan baku lainnya seperti kapur dan pasir.

2. Lebih hemat waktu dalam hal pengerjaan sebab bisa langsung digunakan sesudah dicampur dengan air. Sementara itu semen biasa perlu diberi kapur dan pasir, selain dicampur dengan air.

3. Tahan pada retak rambut di dinding bangunan sebab penggunaan campuran homogen dari bahan-bahan dasar yang berkualitas tinggi. Sedangkan semen biasa bila campurannya kurang baik, maka tidak akan tahan akan timbulnya retak rambut.

4. Daya rekat tinggi lantaran adanya bahan-bahan pilihan di dalamnya sehingga bangunan yang dihasilkan pun lebih kuat. Di sisi lain semen biasa daya rekatnya tak terlampau tinggi sebab campurannya tidak homogen.

5. Hasilnya rapi sebab campurannya bersifat homogen sehingga mempunyai tekstur yang sama. Sementara itu semen biasa campurannya tidak homogen membuat teksturnya menjadi tidak sama. 

Kegunaan Semen Instan

Dengan beberapa kelebihan di atas, semen instan dibuat menjadi berbagai jenis yang disesuaikan dengan keperluan khusus pada bagian-bagian bangunan, diantaranya sebagai:      

  1. Perekat keramik
  2. Pelapis kedap air / pelindung rembesan air, dan
  3. Perekat batu alam
  4. Pengisi celah / nat keramik
  5. Plester acian tembok
  6. Plester tembok instan
  7. Perekat bata ringan

Pro-X 207

Pro-X 207 adalah salah satu semen instan terbaik saat ini. Pro-X 207 merupakan water proofing berbasis semen untuk permukaan yang digenangi oleh air seperti akuarium, bak air, kolam renang, dan lain sebagainya. Semen instan ini tercipta dari hasil kerja bareng PT. Avia Avian yang memproduksi No Drop dengan PT Cipta Mortar Utama yang memproduksi semen instan Mortar Utama (MU). 

Apabila No Drop dapat langsung diterapkan dengan kuas ke seluruh permukaan bangunan, sedangkan Pro-X 207 harus didahului dengan mencampurkan dua bahan yang ada di dalam kemasan. Kemudian baru adonan diterapkan pada permukaan yang dikehendaki. Bahan Pro-X 207 ini terdiri atas powder semen dan cairan pengikat. Cairan pengikat tersebut dituangkan terlebih dahulu sebagian, kemudian sebagian semennya dimasukkan lantas diaduk bersama cairan.

Adonan dapat dibuat lagi dengan sisa-sisa komponen yang ada jika adonan sebelumnya dianggap kurang. Misalnya saja setelah pelapisan pada permukaan beton selesai sebanyak 2 tahap dan mengering, setelah itu baru dilapisi kembali dengan plesteran dan acian.

Pro-X 207 merupakan produk waterproofing dua komponen terbaik di kelasnya karena menyatukan dua brand besar yang ahli di bidangnya masing-masing. Yakni MU sebagai ahli semen mengembangkan powder semen dan Avian (No Drop) sebagai ahli pelapis anti air dan anti bocor mengembangkan cairannya.

Beberapa keunggulan Pro-X 207 sebagai semen instan diantaranya mudah digunakan, mudah diaduk, memiliki daya rekat tinggi, tahan lama, dan kedap air. Pasalnya Pro-X 207 diproduksi dengan komponen berbahan dasar semen, bahan filler, bahan aditif, dan acrylic  copolymer yang diformulasikan tersendiri dengan fitur kedap air dan teknologi easywork sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.

Melihat berbagai kelebihan semen instan Pro-X 207, barangkali sudah saatnya kita mulai menggunakannya pada pengerjaan pembangunan atau perbaikan rumah maupun gedung kita.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Mengenal Pro-X 207, Semen Instan Kedap Air Terbaik di Kelasnya"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News