Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Jasa SEO dan Pentingnya SEO Bagi Bisnis Digital


Istilah Search Engine Optimization (SEO) telah amat familiar di kalangan pelaku bisnis. Terlebih penggunaan strategi SEO menjadi favorit untuk pebisnis guna mempromosikan produk ataupun layanan mereka. Untuk menerapkan strategi SEO terbilang gampang-gampang susah. Pengoptimalan strategi akan gampang bila Anda melakukannya secara kontinue. Tetapi hasil akan berbeda saat Anda menginginkan hasil yang instan.

Salah satu hal yang kerap ditemui adalah strategi SEO itu sifatnya dinamis. Ini artinya pengaplikasian SEO akan berlainan saat algoritma Google menjalani perubahan. Ini merupakan pekerjaan rumah bagi pebisnis, khususnya penyedia jasa SEO atau spesialis SEO. Mereka dituntut untuk dapat mengetahui benar cara kerja algoritma Google supaya optimasi SEO bisa sukses.

Apakah Itu SEO?

Bagi pemilik website, blog, bisnis dan perusahaan online, tentu telah mengetahui betapa pentingnya pengaruh SEO (Search Engine Optimization). SEO dapat dibilang merupakan tools digital marketing terbaik sehingga bisnis dapat gampang ditemui di antara jutaan bisnis online di dunia internet. Tidak aneh bila semua pemilik website/blog tentu selalu berusaha untuk mengikuti algoritma SEO dan Google secara seksama.

Secara simpel SEO adalah proses menaikkan website Anda guna menambah visibilitasnya saat seseorang mencari produk atau jasa yang berhubungan dengan bisnis Anda di mesin pencari atau browser. Semakin bagus visibilitas halaman Anda dalam suatu hasil pencarian, maka bertambah besar kemungkinan Anda untuk menarik perhatian calon pelanggan/konsumen dan pelanggan yang telah ada ke bisnis Anda.

Pentingnya SEO Bagi Bisnis Digital

Maka dari itu SEO memegang fungsi penting sebab akan menjadikan website Anda lebih kelihatan yang mana berarti lebih banyak trafik (lalu lintas) dan lebih banyak kesempatan untuk mengubah prospek jadi pelanggan. Disamping itu, SEO pun menjadi tools yang berharga untuk kesadaran terhadap brand, menciptakan hubungan dengan prospek dan menjadikan bisnis Anda memiliki kredibilitas tinggi. Berikut ini pentingnya mengenai SEO bagi bisnis digital sekarang. 

SEO bisa menghasilkan lebih banyak lalu lintas

Pada umumnya orang cenderung mengklik salah satu website/blog dari sejumlah hasil pencarian di halaman pertama. Peringkat yang lebih tinggi umumnya memicu lebih banyak trafik ke website Anda.

SEO membantu menghasilkan lalu lintas yang konsisten

Peringkat di mesin pencari umumnya menciptakan lalu lintas yang konsisten dan pasif. Ini jarang terjadi pada media seperti pemasaran email dan media sosial yang kerap kali membuat lonjakan trafik yang dengan cepat juga menghilang tanpa hasil apapun.

SEO akan mengarah ke lalu lintas gratis

Tak seperti membayar iklan, trafik pencarian adalah gratis. Oleh sebab itu dorong dengan baik dan berilah perhatian terhadap konten dan SEO bisnis Anda. 

Umumnya setiap mesin pencari akan menyajikan layanan terbaik untuk penggunanya yang mana ini berarti pula dalam menyajikan hasil pada halaman pencarian di mesin pencari yang tak cuma berkualitas tinggi, namun relevan dengan apa yang sedang dicari oleh si pencari. Untuk melakukan semua ini search engine akan merayapi atau memindai website yang berbeda untuk lebih memahami mengenai website itu. Hal ini membantu mereka menyajikan hasil yang lebih relevan terhadap mereka yang mencari kata kunci atau topik tertentu.

SEO itu sendiri merupakan aktivitas kompleks yang mengikutsertakan banyak teknik, strategi, dan praktik terbaik yang berbeda-beda. Disamping itu, praktik terbaik ini selalu berkembang bersamaan dengan perubahan perilaku konsumen dan pengguna website sejalan  hadirnya teknologi baru, dan ketika mesin pencari mengubah algoritma mereka. 

Walaupun begitu, SEO masih menjadi hal yang paling utama bagi bisnis online apapun lantaran SEO bisa membantu bisnis meraih berbagai tujuan, tak terkecuali yang melibatkan brand awareness, trafik, konversi, user experience, dll. Itulah kenapa amat penting bagi digital marketer untuk memahami benar mengenai apa itu SEO, tujuan dan praktik terbaiknya yang paling terkini.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Jasa SEO dan Pentingnya SEO Bagi Bisnis Digital"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News