IBX5B7AAC72C70DE Kubah Masjid Galvalum, Yuk Kenali Kekurangan dan Kelebihannya - Serambi Bisnis -->

Kubah Masjid Galvalum, Yuk Kenali Kekurangan dan Kelebihannya


Kubah merupakan salah satu fitur dari bangunan masjid. Walaupun tak ada ketentuan atau peraturan untuk memakai kubah masjid, tetapi kelihatannya sudah menjadi norma di kalangan masyarakat Indonesia yang beragama Islam bahwa pada bangunan masjid mesti mempunyai kubah, baik kubah galvalum ataupun kubah enamel.

Di segi lainnya, banyak orang yang sedang ada di jalan atau perjalanan dan ingin mendatangi masjid, biasanya melihat kubah sebagai pedoman pencarian lokasi atau letaknya. Pendirian kubah masjid memang akan menawarkan kesan indah dan megah. Di samping itu kubah pun berperan sebagai petunjuk arah kiblat dari luar serta reflektor guna menerangi bagian dalam dari masjid tersebut.

Kubah Galvalum

Kubah masjid galvalum merupakan salah satu bahan material kubah yang relatif penting dalam pembangunan suatu masjid. Struktur kubah galvalum atau bahan baja ringan ini telah melalui sederetan uji coba yang dilakukan oleh lembaga penelitian beberapa ahli sampai beberapa tahun lamanya. Struktur bahan galvalum ini dinyatakan telah lulus uji ketahanan dan kekuatan terkait keselamatan umat manusia pastinya. Hal ini juga yang jadi pertimbangan kenapa banyak masjid yang memakai kubah galvalum.

Kekurangan Kubah Galvalum

Sebetulnya kekurangan dari kubah dengan bahan material galvalum adalah lebih cepat menyerap panas atau kalor. Dengan demikian dapat memengaruhi suhu yang ada di dalam ruangan. Tetapi untuk masjid tentu saja hal ini tidak akan berdampak cukup banyak. Terlebih biasanya bangunan masjid didirikan lebih tinggi ketimbang bangunan rumah kebanyakan. Hal itu terpengaruh menurut lokasi masjid tersebut, apakah masjid itu terletak di daerah yang beriklim tropis atau subtropis, di wilayah dingin atau panas.

Kelebihan Kubah Galvalum

Kebanyakan kubah masjid galvalum menggunakan kubah kotak atau panel dengan dilengkapi penutup pada bagian permukaan yang dibuat dari bahan galvalum. Sedangkan galvalum itu sendiri dibuat dari campuran bahan aluminium dan seng lewat komposisi khusus. Biasanya menggunakan bahan seng sebesar 45% dan bahan aluminium sebesar 55%. Terdapat beberapa macam merk bahan galvalum yang telah beredar di pasaran saat ini.

Berikut ini beberapa kelebihannya:

Tahan Pada Panas

Galvalum mempunyai kekuatan demikian dahsyat. Bahan galvalum bisa menahan panas sampai suhunya mencapai 300 derajat Celcius tanpa timbul perubaha kontur terhadap tampilannya.

Tahan Pada Korosi atau Karatan

Selain dapat menahan panas, material kubah galvalum mempunyai daya tahan yang luar biasa, khususnya pada korosi maupun taraf pengasaman. Alhasil tidak aneh bila kubah galvalum ini tidak sedikit digunakan untuk dibuat menjadi atap seperti sandex, trimdex, dan genteng metal. Malahan sekarang bahan material galvalum sering digunakan untuk mengganti bahan pada talang yang umumnya berjenis seng atau karpet.

Daya Rekatnya Fleksibel

Arti dari daya rekatnya fleksibel disini maksudnya ialah kubah masjid dari bahan galvalum mempunyai daya rekat yang sesuai untuk diterapkan pada segala jenis bahan cat dasar. Kecuali itu, hal ini menjadikan cat tidak gampang terkelupas, walaupun terkena paparan sinar matahari yang demikian kuat.

Dapat Menetralkan Cuaca Panas

Masjid dengan kubah dari bahan galvalum dapat menetralkan cuaca panas karena material galvalum dapat meredam panas hingga suhu 300 derajat Celcius. Kubah dari material galvalum pun tidak gampang mengelupas pada aspek catnya karena mempunyai daya serap yang hebat.  Kecuali itu, material galvalum untuk kubah masjid pun aman sekali pada gangguan cuaca, entah waktu panas ataupun ketika hujan.

Sebenarnya masih banyak lagi kelebihan kubah masjid galvalum. Misalnya sesuai dengan standarisasi pabrik dimana perakitan bahan dari galvalum ini demikian efisien dan praktis sehingga dapat memenuhi seluruh tuntutan pasar. Jadi wajar sekali bila harga kubah masjid galvalum lebih mahal ketimbang enamel.

Selain itu, bobot material kubah masjid dari galvalum termasuk ringan. Dengan demikian akan meringankan terhadap struktur bangunan dari masjid tersebut. Bahan seng yang terdapat pada galvalum tahan pada rayap, keropos dan lembap. Kemudian pemasangan kubah masjid galvalum ini prosesnya lebih cepat. Atap berbahan galvalum juga lebih hemat dan berdaya guna karena tidak membutuhkan perawatan tersendiri dan mempunyai ketahanan yang relatif lama.

Akan tetapi untuk membangun kubah masjid tidaklah sembarangan, Anda membutuhkan jasa kontraktor kubah masjid agar hasilnya optimal. PT. Anugerah Kubah Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa kontraktor kubah masjid dan sudah berpengalaman membuat kubah masjid dari berbagai bahan ringan berbentuk panel Galvalum dan Enamel.

PT. Anugerah Kubah Indonesia merupakan jasa kontraktor kubah masjid berpengalaman, terpercaya, dan berkualitas. Mereka sudah dipercaya menggarap ratusan proyek pembangunan kubah masjid di berbagai tempat di seluruh Indonesia, seperti di pondok pesantren, universitas, madrasah, sekolah, kantor perusahaan swasta, kantor pemerintahan, dan kantor BUMN. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan kunjungi website resminya di https://www.jualkubahmasjid.id

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kubah Masjid Galvalum, Yuk Kenali Kekurangan dan Kelebihannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata