IBX5B7AAC72C70DE Berbagai Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Kolam Renang Minimalis - Serambi Bisnis -->

Berbagai Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Kolam Renang Minimalis


Saat ini kolam renang masih merupakan salah satu fasilitas yang menjadi favorit setiap keluarga di Indonesia. Banyak orang yang saat mendirikan rumah baru sertamerta sekaligus merencanakan membangun kolam renang di rumah mereka.

Pasalnya bila diteliti ternyata biaya pembuatan kolam renang minimalis, misalnya berukuran 3×5 atau yang lebih besar lagi ukurannya memanglah tak terlampau mahal. Barangkali itulah salah satu alasan kuat mereka untuk mempunyai kolam renang sendiri di rumah.

Menilik banyaknya perusahaan kontraktor yang menawarkan jasa pembuatan kolam renang, maka penting kiranya bagi Anda untuk mengetahui estimasi penghitungan biayanya. Hal ini bermaksud supaya kolam renang yang Anda idamkan bisa terealisir dengan anggaran yang seefisien dan seefektif mungkin. 

A. Faktor-faktor dalam Biaya Pembangunan Kolam Renang 

Ada beberapa faktor yang berpengaruh pada biaya pembuatan kolam renang. Berikut ini faktor-faktor yang kelak akan memengaruhi besaran pembiayaannya. Faktor ini berlaku untuk pembuatan kolam renang berukuran 3×5 atau kolam renang di rumah pribadi umum.

Lokasi Pembuatan

Tidak jarang pihak kontraktor memasukkan akses ke lokasi pembuatan kolam renang selaku salah satu pokok biaya yang akan dibebankan pada konsumen. Alasannya lantaran akses lokasi tersendiri bisa saja menyulitkan para pekerja kontraktor yang akan berakibat terhadap biaya akomodasi.

Set Mesin Pompa Kolam Renang dan Filter-nya

Pengadaan mesin pompa serta filternya pun ikut berdampak pada biaya pembuatan kolam renang ukuran 3×5. Setiap merk dan kelengkapannya mempunyai standar harga dan kualitas tertentu. Beberapa merk atau brand mesin pompa kolam renang yang telah banyak dijual di pasaran yakni Pentair, Starite, Astral, dan Hayward. 

Apabila ukuran kolam renang yang akan dibangun lebih besar, maka akan membutuhkan mesin pompa berkapasitas lebih besar juga. Dengan demikian perhitungan biaya yang mesti disediakan untuk 1 set pompa dan filter pun akan berlainan.

Jenis Sirkulasi Air Kolam

Ada berbagai jenis sirkulasi air kolam yang dapat Anda pilih. Setiap jenis sirkulasi mempunyai tarif biaya pengerjaan yang berlainan ditinjau dari taraf kesulitannya.

Berikut ini jenis-jenis sirkulasi air kolam yang biasa digunakan.

Sistem Sirkulasi Full Overflow

Cara kerja sistem ini yakni dengan menciptakan air kolam disengaja tumpah dari tiap-tiap bagian bibir kolam. Dari tumpahan air itu kelak akan masuk ke gutter, yaitu saluran yang menampung limpahan air kolam berfungsi sebagai penampung tumpahan air yang nantinya akan dialirkan ke tanki penyeimbang atau balancing tank.

Di dalam tanki penyeimbang tersebut air akan disaring dan sesudah itu air akan disalurkan kembali ke dalam kolam renang serta demikian seterusnya.

Sistem Sirkulasi Semi Overflow

Sistem sirkulasi air kolam sistem semi-overflow mempunyai sedikit perbedaan dengan sistem full overflow. Sistem semi overflow bekerja dengan mengondisikan supaya air kolam renang tumpah di luar kolam tetapi cuma di bagian tersendiri saja.

Sistem ini menuntut sarana tambahan berupa ruang mesin, balancing tank, gutter, dan kit-kit yang lainnya.

Sistem Sirkulasi Skimmer

Cara kerja sirkulasi ini adalah dengan menciptakan air kolam renang tidak nampak tumpah. Upaya ini diwujudkan dengan cara membuat dinding kolam lebih tinggi dari permukaan air kolamnya. 

B. Rincian Biaya Pembangunan Kolam Renang 

Untuk membangun kolam renang berukuran 3×5 atau pembuatan kolam renang dengan ukuran yang lainnya, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Salah satunya yang paling penting ialah tentang anggaran yang perlu direncanakan dengan matang.

Sekedar gambaran, pada kesempatan kali ini akan diulas contoh biaya pembuatan kolam renang berukuran 3×5 dengan kedalaman 1,5 meter. Sehingga Anda nanti memiliki gambaran mengenai cara merencanakan pembangunan kolam renang sendiri. 

Perlu diketahui umumnya biaya pembangunan kolam renang dihitung menurut luas kolam yang akan dibangun tersebut. Di bawah ini contoh perhitungan biaya pembuatan kolam renang berukuran 3×5 dengan kedalamannya mencapai 1,5 meter.

Hal-hal yang penting Anda perhatikan untuk dijadikan parameter, diantaranya:

  1. Luas kolam renang dan kedalaman, luasnya : 3 x 5 = 15 m2 dengan kedalaman 1,5 m.
  2. Sistem pompanya memakai mesin pompa merk Hayward dengan harga kira-kira Rp18.000.000
  3. Biaya bangunan memakai sistem hitungan per meter sebanyak Rp 3.000.000/m2
  4. Pengisian air kolam dengan membeli air dari PDAM sebesar Rp 500.000
  5. Penyempurnaan akhirnya memakai keramik mozaik.

Jadi dengan melihat contoh ketentuan di atas, maka perhitungannya adalah sebagai berikut ini.

Luas (Panjang x Lebar)  = 3 x 5 = 15 m2

15 x 1,5 x 3.000.000 = Rp67.500.000

Total biaya yang harus disediakan adalah Rp67.500.000 + 18.000.000 + 500.000 = Rp86.000.000

Untuk mengantisipasi keperluan dana yang tidak terduga, Anda dapat menyediakan dana kira-kira Rp90.000.000

Ragapool adalah salah satu jasa pembuatan kolam renang terpercaya di Indonesia. Pelayanan yang ditawarkannya mulai dari perencanaan, pembuatan, renovasi, finshing dan perawatan berkala. Ragapool telah berpengalaman menggarap proyek pembuatan atau renovasi kolam renang dan waterboom di berbagai kota di Indonesia.

Jasa kontraktor kolam renang ini mendesain kolam renang/waterboom secara presisi dengan menggunakan komputer. Pengerjaannya cepat karena dikerjakan oleh tenaga terampil dan berpengalaman. Hasilnya akan memuaskan karena menggunakan bahan material yang telah terjamin kualitasnya. Untuk info lebih lanjut Anda dapat mengunjungi website resminya di www.ragapool.co.id.


Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Berbagai Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Kolam Renang Minimalis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata