IBX5B7AAC72C70DE Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking (e-banking) - Serambi Bisnis -->

Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking (e-banking)


Internet banking khususnya bank BRI Indonesia Internet banking sangat memudahkan nasabah melakukan sederet transaksi dengan cepat di mana saja. Dulunya, transaksi yang berhubungan dengan penyetoran dan pengambilan uang dilakukan dengan cara biasa, yaitu melalui teller bank atau ATM atau menggunakan mesin CDM (cash deposit machine untuk setor tunai tanpa melalui teller).

Kelebihan internet banking yaitu praktis dan gratis, nasabah bisa hemat waktu dan biaya dalam melakukan transaksi perbankan. Tak perlu lagi mengeluarkan ongkos transportasi ataupun antri ke bank karena semuanya bisa diakses dari ponsel pintar Anda. Transaksi e-banking dimana saja dan kapan saja (24 jam). Nasabah juga bisa melakukan banyak transaksi keuangan, membuat dan mengatur jadwal transaksi dalam satu waktu sekaligus. Hemat biaya operasional bagi bank. Bank yang telah menerapkan sistem informasi teknologi dan memiliki fitur internet banking pastinya menghemat biaya operasional karena tak perlu lagi membuka cabang bank baru dsb. Melakukan berbagai macam transaksi bank:  transfer uang antar bank non-tunai, cek saldo dan mutasi rekening, bayar tagihan kartu kredit, bayar tagihan bulanan (seperti tagihan listrik, telepon, air, biaya pendidikan, TV berlangganan), membeli pulsa elektrik, bayar transaksi di e-commerce (belanja online, bayar tiket pesawat, tiket hotel,dll) dengan satu Langkah lalu akan mendapatkan kode bri OTP dan transaksi yang dilakukan akan dikirim melalui email. Membuka rekening tabungan baru, membuka tabungan pendidikan, tabungan berjangka, membeli asuransi, membeli reksadana, atau membuka rekening deposito dengan cepat dan aman. Mengajukan pinjaman KTA, KPR, KMG secara online dengan mudah dan cepat. Cek nilai tukar mata uang (kurs) rupiah terhadap mata uang negara lain, seperti dollar Amerika  (USD), dolar Singapura (SGD), dolar Australia (AUD), euro (EUR), yen Jepang (JPY) dll. Dan update dengan berbagai program dan produk terkini dari bank. 

Kekurangan Internet banking seperti rawan pencurian dan penyadapan data. Sebagai nasabah dan juga pihak bank perlu waspada akan kejahatan cyber oleh hacker. Kejahatan hacker terhadap pencurian data nasabah di e-banking bisa saja terjadi apabila ada keteledoran. Jadi, nasabah wajib mematuhi semua prosedur penggunaan e-banking / internet banking yang baik sehingga lebih aman. Sementara, pihak bank harus rajin melakukan pengawasan dan perawatan terhadap infrastruktur teknologi informasi perbankan. Rawan kejahatan online dengan berbagai modus Teknik skimming, phising, penawaran dsb, jangan mudah tergiur hal yang tidak masuk akal atau iklan-iklan yang menggiurkan. Rawan terkena serangan malware/virus. Ini penting sekali diperhatikan, Anda sebaiknya menggunakan paket data atau koneksi internet yang aman agar tidak terkena serangan virus. Jangan gunakan koneksi VPN gratisan dan Wi-Fi publik sebab ada banyak virus/malware. Pastikan smartphone/laptop Anda sudah tertanam perangkat lunak antivirus dan antimalware supaya terhindar dari cracking


Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Internet Banking (e-banking)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata