Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Beberapa Protokol Kesehatan di Tempat Kerja yang Harus Dipatuhi


Menghadapi masa-masa pandemi dimana saat ini seluruh masyarakat di dunia tengah berjuang untuk melawan virus covid-19 yang kini tengah mengancam keberlangsungan hidup manusia. Keberlangsungan hidup manusia yang saat ini sedang diganggu oleh satu virus yang memiliki dampak beragam tergantung kondisi tubuh manusia itu sendiri tentunya tidaklah mudah dihadapi. Demi mempertahankan keberlangsungan hidup masyarakat, pemerintah dengan aktif dan cepat mengeluarkan beberapa kebijakan untuk menanggulangi wabah yang saat ini sedang terjadi. Salah satu bentuk kebijakan dari pemerintah yaitu adanya peraturan perihal protokol kesehatan untuk perkantoran. 

Protokol dimaksudkan untuk menjadi acuan bagi perusahaan dan petugas dalam proses pencegahan dan pengendalian covid-19. Protokol yang diatur memiliki banyak poin-poin yang ditujukan untuk mencegah penyebaran virus ini. Beberapa poin protokol kesehatan di tempat kerja tersebut diantaranya adalah :

1. Melakukan pembatasan jumlah pekerja

protokol kesehatan yang diberlakukan mengatur perihal pembatasan jumlah karyawan yang datang ke kantor setiap harinya. Peraturan dari pemerintah satu perusahaan hanya diperbolehkan mendatangkan karyawan ke kantor sebanyak 50% dari jumlah total karyawan.

2. Menyediakan fasilitas-fasilitas kesehatan

Perusahan wajib hukumnya untuk menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang kebugaran tubuh karyawan contohnya saja vitamin, dan obat-obatan pertolongan pertama.

3. Mengatur penggunaan fasilitas yang disediakan di tempat kerja untuk karyawannya seperti sarana ibadah, kantin, dan lain-lain.

4. Mewajibkan penggunaan alat pelindung diri seperti masker dan yang lainnya selama berada di lingkungan tempat kerja.

5. Melakukan disinfeksi di lingkungan kerja secara berkala di area ataupun fasilitas-fasilitas kantor.

Dalam menjalankan protokol-protokol kesehatan penting juga bagi perusahaan tetap menjaga kebersihan dari lingkungan tempat kerja. Menjaga kebersihan merupakan tanggung jawab dari seluruh karyawan tidak hanya petugas kebersihan atau cleaning service saja. Cleaning service setiap harinya akan memastikan bahwa lingkungan kerja tempat anda bekerja tetap dalam keadaan bersih. Petugas kebersihan yang memiliki keterampilan baik berasal dari perusahaan jasa outsourcing jakarta terbaik. Di jakarta memang banyak sekali perusahaan jasa outsourcing jakarta yang terpercaya salah satu diantaranya yaitu Mitratama Cipta Selaras. Demi menjaga kenyamanan karyawan kembali bekerja di kantor mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan adalah salah satu kewajiban terpenting di masa pandemi seperti ini. 

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Posting Komentar untuk "Beberapa Protokol Kesehatan di Tempat Kerja yang Harus Dipatuhi"

Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News