IBX5B7AAC72C70DE 5 Tips Investasi Emas untuk Pemula yang Wajib Diketahui - Serambi Bisnis

5 Tips Investasi Emas untuk Pemula yang Wajib Diketahui

Saat ini investasi emas tidak cuma dapat dilakukan oleh mereka yang berkantong tebal, malahan anda pun yang barangkali gajinya masih pas-pasan dapat melakukannya. Daripada menabung tetapi keuntungan yang diperoleh tetap saja dalam kondisi stagnan, investasi dianggap lebih prospektif sampai jangka panjang. 

Sudah sejak dari dahulu emas diketahui sebagai alat investasi yang memberikan keuntungan daripada investasi saham maupun menabung. Pasalnya, logam mulia ini tidak cuma sedikit risiko saja, tetapi juga nilainya relatif stabil dan meiliki sifat likuid atau mudah untuk dicairkan.

Disamping itu, proses pembelian emas yang tidak ribet lewat Pegadaian dan PT Antam pun menjadi faktor yang lain kenapa masyarakat menyukai jenis investasi ini.

Di sisi lain sebagai seorang pemula anda pun dapat berinvestasi emas dengan model kelola sendiri. Artinya, anda cuma butuh membeli emas saja lantas dipelihara secara periodik dengan meletakkannya di tempat penyimpanan emas yang aman.

Dengan keunggulan-keunggulan yang dimilikinya tersebut emas dapat menjadi salah satu alternatif investasi yang jitu. Berikut ini  tips-tips cara investasi emas untuk pemula yang dapat anda aplikasikan:

1. Pilihlah Tujuan dan Buatlah Planning (Perencanaan)
Tentukan atau pilihlah tujuan anda dalam melakukan investasi emas. Jangan sampai cuma membeli emas, kemudian disimpan, dan lantas dijual lagi sewaktu-waktu.

Anda mesti mempunyai tujuan, seperti untuk biaya naik haji, untuk dana pendidikan anak 10 tahun yang akan datang, biaya pernikahan yang akan dilaksanakan dalam beberapa tahun mendatang, dan lain sebagainya.

Dengan mempunyai tujuan yang jelas, anda dapat menjalankan perencanaan guna menetapkan berapa jumlah emas yang mesti dikumpulkan buat meraih tujuan itu.

2. Perhatikan Kemampuan Keuangan
Melakukan investasi mestinya diawali dengan dana lebih. Jika setiap bulan telah mempunyai surplus, maka kelebihan dana bisa ditempatkan ke dalam investasi supaya berkembang untuk pemakaian masa yang akan datang.

Anda jangan mengorbankan seluruh penghasilan atau malah berutang guna memperoleh keuntungan dalam berinvestasi. Anda mesti mempunyai dana cadangan darurat yang cukup sebelum melakukan investasi. Minimal terdapat tabungan dana darurat buat menutupi pengeluaran tidak terduga.

3. Perhatikan Waktu yang Tepat untuk Berinvestasi Emas
Saat anda telah mempunyai keinginan untuk melakukan investasi emas, anda mesti rajin mengawasi harga emas di pasaran. Disamping itu, Anda butuh mengerti bagaimana kecenderungan tren pergerakan harga emas saat itu di pasaran.

Hal itu perlu untuk memilih waktu terbaik guna membeli ataupun menjual emas supaya memperoleh keuntungan yang maksimal. Saat yang tepat untuk membeli emas ialah waktu harganya sedang turun dan menjualnya saat harganya naik.

Selain itu, untuk memperoleh manfaat maksimal sebaiknya investasi emas disimpan dalam jangka waktu menengah panjang, misalnya lebih dari 5 tahun.

4. Pilih Jenis Emas yang Sesuai
Bagi pemula dianjurkan buat melakukan investasi dalam wujud logam mulia. Investasi emas logam mulia lebih cocok dan lebih memberikan keuntungan digunakan sebagai simpanan masa depan ketimbang investasi emas dalam rupa perhiasan.

Keunggulan emas logam mulia yakni mempunyai harga jual yang condong lebih tinggi. Berbeda halnya dengan emas perhiasan yang harga jualnya relatif lebih rendah sebab dipengaruhi oleh elemen biaya, seperti depresiasi (penurunan harga), model, nilai seni, jumlah karat, dan biaya pembuatan.

5. Tempat Penyimpanan Emas yang Aman
Kesalahan saat berinvestasi emas bisa menyebabkan emas yang telah disimpan bertahun-tahun beresiko hilang, misalnya kecerobohan dalam penyimpanan emas. Penyimpanan emas bisa dilakukan dengan menyimpan emas-emas itu di dalam brankas di rumah atau dapat juga disimpan di SDB (Safe Deposit Box), yaitu suatu layanan penyimpanan barang-barang berharga. Biasanya layanan SDB ini diselenggarakan oleh pihak bank.

Anda pun dapat menggunakan layanan penyimpanan Brankas PT Antam yang menawarkan sistem keamanan terpadu selama 24 jam atau tabungan emas di Pegadaian yang memungkinkan orang dapat menabung emas tanpa mesti menyimpan emas dalam bentuk fisik dan tanpa adanya biaya penitipan.

Demikinalah 5 tips investasi emas yang dapat anda lakukan sebagai pemula. Meskipun seorang pemula, anda mesti tetap percaya diri jika anda akan sukse. Bisa jadi sekarang anda akan sedikit kesulitan, namun seiring dengan bergulirnya waktu tentu dapat menjadi seorang yang profesional.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Tips Investasi Emas untuk Pemula yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata