IBX5B7AAC72C70DE Menilik Sejarah dan Makna Hari Pahlawan bagi Generasi Muda Indonesia - Serambi Bisnis

Menilik Sejarah dan Makna Hari Pahlawan bagi Generasi Muda Indonesia

Hari Pahlawan adalah hari yang diperingati pada tiap-tiap tanggal 10 November yang bersamaan waktunya dengan pertempuran di Surabaya, Jawa Timur. Sejarah Hari Nasional Indonesia ini kerap dihubungkan dengan puncak konfrontasi Surabaya yang berlangsung antara pasukan Indonesia dan asing. 

Sejarah Hari Pahlawan 
Pertempuran Surabaya adalah bentrokan senjata perdana yang berlangsung sesudah kemerdekaan Indonesia. Puncak konfrontasi ini terjadi pada 10 November 1945. 

Peristiwa ini berawal saat pihak Belanda menaikkan bendera Belanda di Hotel Yamato, Surabaya. Hal ini tentu saja memprovokasi amarah bangsa Indonesia. Mereka lalu menaiki Hotel Yamanto dan merobek bagian yang memiliki warna biru dari bendera tersebut sehingga cuma tertinggal warna merah dan putih saja. 

Peristiwa di Hotel Yamanto menjadikan kontak senjata Indonesia dengan tentara Inggris mulai berlangsung pada tanggal 27 Oktober 1945. Menyaksikan kondisi yang kian memanas, Jenderal D.C. Hawthorn memohon bantuan Presiden Soekarno untuk meleraikan suasana. Pada tanggal 29 Oktober 2019 akhirnya pihak Indonesia dan pihak Inggris meneken perjanjian untuk diadakan gencatan senjata. Ini menjadikan kondisi sempat normal. 

Sayangnya, tidak lama berlalu timbul kesalahpahaman sehingga menyebabkan tewasnya Brigadir Jenderal Mallaby (pimpinan tentara Inggris di Indonesia untuk wilayah Jawa Timur). Masalah ini menjadikan tentara pasukan dari Inggris marah dan memohon pihak Indonesia untuk menyerahkan persenjataan pada administrasi NICA dan tentara AFNEI serta mengakhiri perlawanan. 

Pada tanggal 10 November 1945 pihak Inggris melakukan pembersihan berdarah pada seluruh sudut-sudut kota di Surabaya. Anak-anak Suroboyo pun tidak tinggal diam, mereka juga mengadakan perlawanan meskipun berujung dengan terbunuhnya ribuan satria bangsa. 

Tentara Inggris yang memprediksikan cuma perlu waktu 3 hari untuk menaklukan kota Surabaya, nyatanya memerlukan waktu 3 minggu. Hal ini menunjukkan kuatnya perlawanan pejuang nasional dan rakyat Indonesia. Belasan ribu pejuang tewas serta dua ratus ribuan warga menyelamatkan diri akibat perang ini. 

Makna Hari Pahlawan 
Makna Hari Pahlawan untuk generasi muda Indonesia adalah dengan tetap menggelorakan semangat memperjuangkan bangsa Indonesia dengan caranya masing-masing, bila anda senang bernyanyi maka jadilah anda seorang penyanyi yang paling baik, bila anda senang bermain sepakbola maka jadilah seorang atlet sepakbola yang dapat mengharumkan nama Indonesia serta selalu membangkitkan semangat perjuangan di segala bidang yang ditekuninya. Bara api semangat kaum pejuang nasional mesti tetap dijunjung tinggi untuk membuat Indonesia menjadi yang terbaik. 

Itulah sejarah dan makna Hari Nasional 10 November untuk angkatan muda Indonesia yang harus diketahui sebab tanpa keberadaan pahlawan, belum pasti kita bisa merasakan kesejahteraan seperti saat ini. Tetap kejarlah mimpi dan cita-cita anda sebab hidup yang berarti merupakan hidup yang diperjuangkan.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata