IBX5B7AAC72C70DE 5 Cara Alternatif yang Efektif Memakai Essential Oil - Serambi Bisnis

5 Cara Alternatif yang Efektif Memakai Essential Oil

Minyak esensial yang umum diketahui dengan nama essential oil atau minyak atsiri adalah minyak aromatik konsentrasi tinggi produk penyulingan dari bunga, batang, atau daun tumbuhan. Tentunya anda pernah mendengar, atau malahan memakai essential oil untuk kebutuhan aromaterapi. 

Walaupun tak berperan sebagai obat penyembuh seluruh penyakit, tetapi aroma essential oil bisa menunjang menenteramkan pikiran dan memulihkan mood. Bila dipakai dengan cara aman dan secukupnya, essential oil bisa menyajikan faedah baik bagi pikiran dan tubuh. 

Faedah minyak esensial bisa dirasakan melalui berbagai cara, seperti memakai peralatan diffuser dan oil burner untuk merasakan aromanya atau dilumurkan secara topikal dengan catatan essential oil mesti senantiasa diencerkan terlebih dulu sebelum dilumurkan pada kulit. 

Barangkali anda bingung, adakah cara lain yang lebih efektif untuk memakai minyak esensial? Ya, ada beberapa cara alternatif yang efektif dan aman untuk memakai minyak esensial. Di bawah ini berbagai kita yang bisa anda aplikasikan sendiri di rumah. 

Anda bisa memakai kantung kain blacu kecil yang diisi dengan bunga-bunga kering pot atau kapas. Teteskanlah 2 tetes minyak esensial citronella, lavender atau lemon pada bola-bola kapas, masukkanlah kapas ke dalam kantung blacu tersebut. lalu, ikatlah erat-erat dan gantungkanlah kantung blacu itu dalam lemari pakaian, rak laci sepatu, atau ruang penyimpanan lainnya. 

Pengharum ruangan kamar mandi, imbuhkan 1 hingga 2 tetes lemon oil pada sebelah dalam karton tisu toilet. Bila perlengkapan diffuser belum masuk bujet, coba cara berikut: dalam panci stainless, aduk 2 liter air dengan 2-3 tetes minyak esensial lalu panaskan sampai mendidih. Matikan api, diamkan uap air penuhi ruangan. Pastikan paduan air dan minyak esensial itu cuma dipanaskan dalam panci stainless steel, bukan dalam ketel listrik yang kebanyakan dibuat dari plastik tahan panas. Pakai panci tersendiri, jangan pakai panci yang umum digunakan untuk memanaskan makanan. Cara lain yang sama efektifnya ialah pakai jepitan kayu yang dibubuhi 1-2 tetes minyak esensial, lalu jepitkan pada kisi-kisi kipas angin atau ventilasi udara. 

Pengharum mobil. Sama seperti tips terdahulu, cuma lantaran luas ruangan dalam mobil lebih sempit, maka cukup bubuhkan 1 tetes minyak esensial pada jepitan kayu dan jepitkan pada kisi-kisi AC mobil. Pastikan AC tersebut berfungsi dengan baik, jika tidak, perbaiki terlebih dulu AC-nya pada jasa service AC

Untuk mengusir bau pada sol sebelah dalam sepatu, aduklah 6 sdm baking soda dengan 2-3 tetes minyak esensial. Taburkanlah paduan itu ke dalam sepatu, lalu bungkus sepatu dengan kantung plastik. Biarkan semalaman atau lebih untuk menyingkirkan bau sepatu. 

Pillow spray sangat mahal atau terlampau susah untuk dibuat? Imbuhkanlah 2 tetes lavender oil pada kertas tisu (pakai 2 hingga 3 lembar tisu yang digulung atau dilipat), lantas sisipkan tisunya dalam sarung bantal.

Sebelum menyedot debu dengan vacuum cleaner, siapkan 4 buah bola kapas yang masing-masing diberi setetes minyak esensial. Nyalakan vacuum cleaner, sedot kapas itu terlebih dulu lalu lanjutkan kegiatan bersih-bersih. 

Ini ialah salah satu kiat sederhana untuk menjadikan aktivitas bersih-bersih rumah jadi lebih mengasyikkan. Bola-bola kapas yang disedot akan membebaskan aroma minyak esensial melalui udara yang dibuang dari area belakang vacuum cleaner. Aroma bola-bola kapas ini bisa bertahan sampai 3 kali menyedot debu. 

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata