Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

San Diego Hills Area Pemakaman Nyaman Berkualitas Bikin Keluarga Tidak Waswas

Kehidupan di kota-kota besar terkenal keras, apalagi di Jakarta. Ternyata tidak hanya hidup saja yang keras, ketika telah meninggal pun tidak kalah perlu banyak biaya. Jumlah lahan kosong pun terus menyusut sebab lahan-lahan terus-terusan dibangun menjadi pabrik, perusahaan, ruko, rumah, dan lain-lain.

Oleh karena itu lahan untuk peristirahatan mereka yang telah meninggal pun kian sedikit dan menyempit setiap hari. Ditambah lagi, ada yang bilang jika makam bisa saja ditumpuk bila ahli warisnya lama tidak membayar pajak pemakaman setiap bulannya.

Saat ini terdapat beberapa tempat pemakaman mahal. Salah satunya adalah San Diego Hills yang terkenal sebagai tempat peristirahatan abadi para sultan sebab harganya ada yang mencapai miliaran rupiah. 

Kawasan pemakaman yang luasnya hingga 500 hektare di daerah Karawang, Jawa Barat ini dipunyai oleh perusahaan properti PT. Lippo Karawaci Tbk. San Diego Hills Karawang memang tidak cuma menyangkut sebuah bisnis menggiurkan saja dimana lahan makam saat ini semakin sukar diperoleh di kota besar, tetapi lebih dari itu bahwa mereka yang sudah meninggal dunia wajib dipersembahkan suatu tempat yang layak dan pantas buat dikunjungi bila suatu saat keluarga ataupun sahabatnya melakukann ziarah.

Berikut jenis-jenis atau tipe lahan makam dan harganya.








Meskipun namanya berbau kebarat-baratan, ternyata disini pun ada area pemakaman khusus untuk pemeluk agama Islam. Di lanskap alami seluas 500 hektare ini Anda tidak cuma akan menemui kuburan saja, namun di San Diego Hills ada beragam fasilitas olahraga seperti tenis meja, ruang biliard, kolam renang, restoran, dan fasilitas rekreasi keluarga seperti danau seluas 8 hektare yang dapat diarungi oleh perahu dayung. Bagi yang ingin melangsungkan pernikahan di sini Anda dapat menggunakan Heavenly Dome, yakni ruang serbaguna dengan kapasitas 250 orang.

Tidak cuma kelahiran saja yang biayanya mahal, telah tidak lagi bernyawa pun masih pula memerlukan biaya. Memang terdapat plus minus khusus untuk memilih tempat pemakaman umum (TPU). Kalau pemakaman premium, para keluarga tidak akan was-was lahan itu akan diambil oleh orang lain, tidak terpelihara, malahan digusur. Beda pula dengan TPU yang makamnya bisa lenyap dan ditumpuk saat terlambat bayar sewa bulanannya.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News