Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
iklan space 728x90px

Pentingnya Hosting Terbaik untuk Menunjang Perkembangan Website Bisnis

Website merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk mengenalkan bisnis atau usaha secara online. Banyak pelaku bisnis yang sudah menggunakan website dan mencicipi manfaatnya. 

Ada beberapa alasan bisnis Anda memerlukan website, diantaranya:

Dapat Menampilkan Informasi Secara Detail
Website adalah media marketing (promosi) online yang dapat menampilkan informasi dengan lebih lengkap ketimbang media lainnya. Melalui website Anda dapat menampilkan beragam informasi seperti profil perusahaan, penjelasan produk/jasa, cara order/pesan, cara penggunaan produk, ulasan pengguna, alamat lengkap perusahaan yang telah disertai dengan peta/maps sehingga calon konsumen bisa tertarik dengan bisnis Anda bila mereka mengenal bisnis Anda.

Meningkatkan Kepercayaan 
Kepercayaan merupakan salah satu rahasia suksesnya suatu bisnis online. Bisnis itu akan susah berkembang jika tanpa adanya kepercayaan dari konsumen/pelanggan. Website menjadi salah satu sarana yang bisa menambah kepercayaan konsumen pada bisnis Anda melalui informasi lengkap atau ulasan para pelanggan yang ditampilkan di website.

Mendorong Konsumen Untuk Melakukan Pembelian
Sebelum menentukan melakukan pembelian sekira 93% calon pelanggan melakukan pencarian terlebih dulu melalui search engine (mesin pencari) seperti Google. Hal ini menunjukan bahwa website bisa menjadi salah satu media untuk merangsang pengunjung website guna melaksanakan pembelian.

Membangun Brand Awareness
Brand awareness ialah kecakapan konsumen dalam mengenal atau mengingat suatu brand/merek, misalnya ciri produk, manfaat produk, ataupun kekurangan/kelebihan produk.

Brand awareness yang bagus membangun kepercayaan konsumen pada bisnis Anda dan mendorong mereka setia pada produk/jasa yang Anda tawarkan. Website bisa digunakan menciptakan brand awareness bisnis online Anda dengan cara mengoptimalisasi SEO untuk kebutuhan mesin pencarian atau membuat konten-komten yang menarik dan bisa memberikan manfaat lebih bagi pengunjung website.

Tidak Ada Batasan Lokasi dan Akses
Internet bisa menjangkau lokasi-lokasi dan semua zona waktu di seluruh penjuru dunia sehingga website Anda bisa diakses dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja. Semakin banyak orang-orang yang mengakses website milik Anda, maka semakin besar juga peluang Anda untuk memperoleh lebih banyak konsumen.

Menjalin Hubungan yang Lebih Dekat Dengan Konsumen
Website bisa memudahkan Anda menjalin hubungan dengan konsumen yang lebih dekat. Bila hubungan Anda telah lebih dekat, maka apapun yang Anda tawarkan menjadikan mereka lebih mudah tertarik terhadap penawaran Anda. Dengan memasang fitur live chat dapat memudahkan konsumen menghubungi Anda kapan saja dan dimana saja mereka berada.

Mencapai Target Pasar yang Lebih Luas
Mengingat website bisa diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja sehingga dapat membantu Anda memperoleh target pasar yang lebih luas. Target pasar yakni sebuah kelompok konsumen yang menjadi tujuan perusahaan untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan.

Meningkatkan Omzet Penjualan
Anda dapat memanfaatkan fasilitas periklanan seperti Google Ads yang disediakan oleh Google yang mengarahkan pengunjung atau pengguna ke website bisnis Anda. Bilaa Anda menjalankannya secara optimal dan serius, maka ini akan menunjang meningkatkan omzet penjualan bisnis Anda.

Di tengah maraknya perkembangan teknologi, terutama internet, website memang menjadi sesuatu yang amat populer dan mempunyai banyak sekali pengguna dari seluruh penjuru dunia. Namun untuk memiliki website yang sesuai harapan salah satunya perlu ditunjang oleh web hosting yang baik.

Ada beberapa hal yang perlu dicermati sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan web hosting terbaik, antara lain:

Jumlah Client
Anda tentunya tidak ingin menyimpan website Anda pada hosting yang tidak punya pengalaman. Penyedia hosting berkualitas tinggi dapat dilihat dari jumlah clientnya, apalagi bila client tersebut adalah website ternama dengan jumlah pengunjung yang tinggi. 

Harga
Teliti dengan cermat harga yang ditawarkan oleh penyedia hosting. Umumnya mereka mempunyai paket-paket harga khusus. Bandingkan tarif sewa hosting pada beberapa penyedia hosting supaya Anda dapat mengetahui pasaran harag hosting dengan pasti. Bila perlu tanya-tanya kepada pengguna hosting tersebut dan pengguna hosting lainnya.

Customer Service yang Responsif
Pilihlah penyedia hosting yang menyediakan customer service atau customer support yang responsif dengan layanan selama 24 jam/7 hari didukung oleh fasilitas chat online, akses email, dan telepon agar permasalahan website Anda terkait hosting bisa segera diatasi.

Kecepatan dan Spesifikasi Server
Sebelum menentukan layanan hosting perlu diperhatikan kecepatan dan spesifikasi server yang digunakan oleh hosting itu karena kecepatan dan kestabilan website sangat diperlukan untuk memberikan pengalaman pengguna yang baik bagipengunjung website. Bila penyedia hosting tidak mencamtukan di website-nya, Anda dapat bertanya langsung kepada CS-nya.

Bandwidth
Pilihlah penyedia hosting yang menyediakan bandwidth tak terbatas dengan harga yang terjangkau agar Anda tidak usah pusing lagi memikirkan bandwidth yang mudah habis.

Dukungan Script
Cek dukungan script yang disediakan oleh penyedia hosting. Bila Anda ingin menggunakan platform WordPress sebagai CMS pada website Anda, maka penyedia hosting yang akan Anda sewa harus memiliki dukungan/support terhadap script CMS WordPress.

Add On Domain
Add on domain merupakan domain yang bisa ditambahkan dalam satu akun hosting sehingga Anda dapat mempunyai beberapa blog dalam satu akun hosting tanpa adanya biaya tambahan lagi. 

Demikianlah betapa pentingnya membangun website bagi sebuah bisnis dan memilih penyedia hosting terbaik di Indonesia untuk menunjang perkembangan website bisnis Anda. 
Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.
Follow Berita/Artikel Serambi Bisnis di Google News