IBX5B7AAC72C70DE Memetik 7 Manfaat Hebat Kacang Mede yang Enak dan Menyehatkan - Serambi Bisnis

Memetik 7 Manfaat Hebat Kacang Mede yang Enak dan Menyehatkan

Kacang mede adalah biji yang diproduksi dari buah jambu monyet (jambu mede) atau dalam bahasa ilmiah disebut Anacardium occidentale, yakni semacam tanaman dari suku Anacardiaceae. Kacang mede atau kacang mete maupun kacang mente, lazim dikeringkan dan digoreng untuk dibuat jadi beragam macam makanan. 

Menurut ilmu tumbuh-tumbuhan, jambu mede sama sekali bukanlah termasuk ke dalama anggota keluarga Myrtaceae (jambu-jambuan) ataupun keluarga Fabaceae (kacang-kacangan), tetapi malahan lebih dekat klasifikasinya dengan keluarga Anacardiaceae (mangga-manggaan). Kacang mede rasanya amat lezat, yakni gurih dan manis. Kandungan kolesterol pada kacang mede ini tidaklah sebanyak yang ada pada kacang-kacangan yang lainnya sehingga cukup aman untuk dikonsumsi.

Kacang mede adalah sejenis kacang yang banyak disukai oleh orang-orang. Bentuk dan rasanya yang unik menjadikan orang-orang menggemari kacang yang asalnya dari negara Portugis ini. Seringkali, banyak produsen yang membuat kacang mede sebagai bahan utama dari makanan yang mereka buat atau sekadar jual kacang mede tanpa mereka olah lagi. 

Dibalik kenikmatannya, kacang mede nyatanya menyimpan berbagai manfaat yang baik untuk tubuh Anda dan belum diketahui banyak orang. Hal ini barangkali menjadi alasan kenapa orang-orang menjadikan kacang mede sebagai cemilan atau makanan ringan sehat pilihan untuk keluarga. 

Nah, sebenarnya apa saja sih manfaat hebat kacang mede yang enak dan menyehatkan ini?

Menyehatkan Jantung
Kacang mede terbukti mengandung lemak yang lebih rendah dari umumnya kacang lainnnya. Lemak yang ada dalam kacang mede berisi asam oleat yang bermanfaat untuk menambah kesehatan jantung dan menurunkan kadar asam trigliserida yang menimbulkan penyakit jantung. Tidak cuma itu, kacang mede mengandung magnesium yang bisa menunjang mengurangi tekanan darah. 

Melindungi Kesehatan Rambut dan Kulit
Kacang mede pun bisa memengaruhi kesehatan kulit dan rambut lantaran banyak mengandung Tirosin yang bisa mengganti enzim jadi pigmen yang melindungi kesehatan rambut dan kulit manusia. Mengonsumsi kacang mede dalam jumlah yang tepat akan menjadikan rambut Anda lebih subur dan kulit Anda nampak lebih sehat.

Memelihara Kesehatan Tulang
Untuk memelihara kesehatan tulang, Anda tidak cuma memerlukan kalsium tetapi pula magnesium yang banyak terdapat dalam kacang mede. Kacang mede pun kaya akan tembaga yang sangat penting untuk memaksimalkan peran enzim dalam sintesis kolagen dan elastin yang membentuk kekuatan pada sendi dan tulang.

Mencegah Kanker
Kacang mede mempunyai kandungan zat flavanol yang efektif dalam menghindari dan menekan pertumbuhan tumor dan sel-sel kanker di dalam tubuh. Riset teranyar mengatakan kalau kacang mede bisa menurunkan risiko kanker usus. Kadar tembaga yang banyak terkandung dalam jenis kacang-kacangan ini bisa menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab dari penyakit kanker dan jantung koroner.

Membantu Mengurangi Berat Badan
Kandungan lemak monoansaturated yang ada dalam kacang mede terbukti bisa membantu mengurangi berat badan dan kadar lemak di dalam tubuh. Hal ini sesuai dengan riset yang memperlihatkan bahwa untuk mengurangi berat badan dan lemak di dalam tubuh, maka kita perlu mengganti asupan makanan yang memiliki kandungan lemak saturated dengan lemak unsaturated, seperti yang dikandung di dalam kacang mede. 

Mencegah Batu Empedu 
Dalam sebuah studi dari Nurses Health Study dinyatakan bahwa tiap-tiap wanita yang mengonsumsi minimal 1 ons kacang mede setiap minggunya mempunyai risiko terkena batu empedu yang lebih rendah. Studi ini memperlihatkan bahwa kacang mede dapat mencegah Anda dari risiko gangguan empedu untuk jangka panjang.

Membuat Anda Lebih Santai
Kandungan magnesium yang banyak ditemukan dalam kacang mede bisa menjadikan saraf Anda lebih kendur dan santai. Oleh karena itu, makanlah kacang mede dalam jumlah yang memadai di saat bekerja untuk menambah konsentrasi Anda. 

Kacang mede adalah salah satu cemilan sehat yang baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak ataupun orang dewasa. Anda bisa mendapatkan kacang mede berkualitas di PT. Karya Baru Indonesia, sebuah perusahaan distributor beras dan produk-produk hasil pertanian lainnya seperti kapulaga, kemiri, kacang merah, kacang tanah, kacang hijau, wijen, ketan putih, ketan hitam, kacang mede dan sebagainya. Sediakanlah selalu kacang mede buat keluarga Anda di rumah dan jagalah keluarga Anda untuk selalu sehat bersama kacang mede dan beras dari PT. Karya Baru Indonesia.

Share this article :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Herbal

Kuliner

Properti

Teknologi

Kecantikan

Kesehatan

Otomotif

Wisata